Cara Ampuh Memblokir SMS dari Nomor Tidak Dikenal

Dalam era digital yang semakin canggih, SMS mulai tergantikan oleh aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Instagram, Telegram, dan lainnya.

Namun, tak sedikit orang yang masih mengandalkan SMS untuk berkomunikasi, terutama karena beberapa faktor seperti jenis smartphone, biaya kuota internet, atau hanya kenyamanan pribadi.

Namun, dengan popularitas SMS, seringkali juga datang pesan-pesan yang tidak diinginkan, baik itu pesan iklan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal.

Untungnya, Anda bisa memblokir SMS dari nomor-nomor tersebut. Artikel ini akan menjelaskan cara melakukannya.

Mengapa Anda Perlu Memblokir SMS?

Meskipun SMS masih digunakan oleh banyak orang, pesan-pesan yang tidak diinginkan dapat menjadi sangat mengganggu.

Ini mungkin termasuk tawaran pinjaman, iklan, atau pesan spam lainnya yang merusak pengalaman berkomunikasi Anda.

Dalam beberapa kasus, blokir SMS dari nomor tidak dikenal dapat membantu menjaga ketenangan dan kenyamanan Anda.

Cara Ampuh Memblokir SMS dari Nomor Tidak Dikenal

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memblokir SMS dari nomor yang tidak dikenal pada ponsel Android Anda.

Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan fitur bawaan pada ponsel Anda, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

Pengaturan HP Xiaomi (Bisa Berlaku untuk Merek Lain)

  1. Buka “Pengaturan” pada ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Apl.”
  3. Pilih “Setelan sistem aplikasi” > “Setelan Panggilan” > “Daftar Blokir” > “Daftar Blokir SMS.”
  4. Di sini, Anda dapat mengaktifkan opsi “Blokir” untuk pesan dari orang yang tidak ada di daftar kontak Anda.
  5. Anda juga dapat memblokir pesan berdasarkan kata kunci tertentu dengan menambahkan kata kunci ke daftar blokir.
  6. Jika ada kata kunci yang Anda ingin tetap terima, Anda dapat menambahkannya ke daftar pengecualian.

Menggunakan Aplikasi Blokir SMS

Selain menggunakan fitur bawaan pada ponsel Anda, Anda juga dapat memblokir SMS dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang umum digunakan adalah “Calls Blacklist,” yang dapat Anda temukan di Google Play Store.

Berikut langkah-langkah penggunaannya:

  1. Unduh dan instal “Calls Blacklist” dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut dan berikan izin yang diminta, termasuk izin untuk mengakses SMS.
  3. Dalam aplikasi, pilih pesan SMS yang ingin Anda blokir dan tambahkan ke daftar hitam.
  4. Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat mengelola daftar hitam sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi Blokir SMS Lainnya

Selain aplikasi “Calls Blacklist,” ada beragam aplikasi lain yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengatasi pesan SMS dan panggilan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Caller ID: Aplikasi ini tidak hanya membantu mengidentifikasi panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal tetapi juga memungkinkan Anda untuk memblokir pesan SMS yang tidak diinginkan. Anda dapat mengelola daftar kontak hitam secara efisien dan menjaga ponsel Anda bebas dari pesan yang mengganggu.
  2. Key Messages: Aplikasi ini menawarkan beragam fitur untuk mengelola pesan SMS Anda. Selain kemampuan untuk memblokir nomor yang tidak diinginkan, Anda juga dapat mengelompokkan pesan, mengatur pemberitahuan, dan banyak lagi. Key Messages membantu Anda menjaga kotak masuk Anda tetap rapi dan terorganisir.
  3. Block Calls & Block SMS: Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir panggilan dan pesan SMS dengan mudah. Anda dapat mengatur daftar hitam Anda sendiri dan menambahkan nomor yang ingin Anda blokir dari panggilan atau pesan.
  4. Call Control – SMS/ Call Blocker: Aplikasi ini memberikan kontrol penuh atas panggilan dan pesan SMS yang masuk. Anda dapat memblokir nomor individu atau bahkan menggunakan fitur blokir berdasarkan kata kunci tertentu. Call Control juga menawarkan pelaporan panggilan spam untuk membantu menjaga kotak masuk Anda.
  5. Call Blocker – Blacklist, SMS Blocker: Aplikasi ini dirancang khusus untuk memblokir panggilan dan pesan SMS. Anda dapat dengan mudah menambahkan nomor atau kata kunci ke daftar hitam Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola log panggilan Anda.
  6. Blacklistcall – Daftar Hitam: Aplikasi ini menghadirkan fitur blokir yang kuat. Anda dapat memblokir nomor dari panggilan dan pesan SMS, serta melacak log panggilan yang diblokir. Aplikasi ini juga menawarkan pelaporan panggilan spam untuk melindungi privasi Anda.
  7. Message Lock (SMS Lock): Selain memblokir pesan SMS, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengamankan pesan Anda dengan kata sandi atau PIN. Ini dapat berguna jika Anda ingin menjaga pesan-pesan rahasia dari orang yang memiliki akses ke ponsel Anda.

Tentunya, penggunaan aplikasi atau fitur bawaan tentang bagaimana cara Ampuh Memblokir SMS dari Nomor Tidak Dikenal pada ponsel Android Anda tergantung pada preferensi Anda sendiri.

Keduanya dapat sangat efektif dalam mengatasi pesan SMS yang tidak diinginkan dan memungkinkan Anda untuk mengontrol komunikasi ponsel Anda dengan lebih baik.

Jadi, sekarang Anda dapat menikmati ketenangan tanpa harus khawatir dengan pesan SMS yang mengganggu dari nicehowto.