Cara Menghilangkan Advanced Boot Options Windows 7


Cara Menghilangkan Advanced Boot Options Windows 7

Advanced Boot Options pada Windows 7 adalah menu yang menyediakan akses ke berbagai opsi boot, termasuk Safe Mode, Repair Your Computer, dan Command Prompt. Menu ini biasanya diakses dengan menekan tombol F8 saat komputer sedang melakukan booting. Namun, dalam beberapa kasus, menu Advanced Boot Options mungkin tidak diperlukan atau bahkan mengganggu.

Jika Anda ingin menghilangkan Advanced Boot Options dari komputer Windows 7, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, disarankan untuk membuat titik pemulihan sistem agar dapat membatalkan perubahan jika terjadi masalah.

Cara Menghilangkan Advanced Boot Options Windows 7

Berikut adalah 8 poin penting cara menghilangkan Advanced Boot Options di Windows 7:

  • Buka Menu Mulai
  • Ketik msconfig
  • Pilih tab Boot
  • Hapus centang Advanced Boot Options
  • Klik OK
  • Restart komputer
  • Advanced Boot Options akan hilang
  • Opsional: Buat titik pemulihan sistem sebelum melakukan perubahan

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Advanced Boot Options akan dihapus dari menu boot komputer Anda.

Buka Menu Mulai

Untuk membuka Menu Mulai, Anda dapat menggunakan salah satu cara berikut:

  • Klik tombol Start

    Tombol Start biasanya terletak di sudut kiri bawah layar.

  • Tekan tombol Windows pada keyboard

    Tombol Windows biasanya memiliki logo Windows dan terletak di antara tombol Ctrl dan Alt.

  • Arahkan mouse ke sudut kiri bawah layar

    Dalam beberapa versi Windows 7, Menu Mulai akan muncul secara otomatis saat Anda mengarahkan mouse ke sudut kiri bawah layar.

  • Gunakan pintasan keyboard

    Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Windows Key + R untuk membuka kotak Run, lalu ketik “msconfig” dan tekan Enter untuk membuka jendela Konfigurasi Sistem, yang berisi tab Boot tempat Anda dapat menonaktifkan Advanced Boot Options.

Setelah membuka Menu Mulai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7.

Ketik msconfig

Setelah membuka Menu Mulai, langkah selanjutnya adalah mengetik “msconfig” pada kotak pencarian. Kotak pencarian terletak di bagian bawah Menu Mulai. Saat Anda mengetik, hasil pencarian akan muncul secara otomatis.

Klik pada hasil pencarian “msconfig” untuk membuka jendela Konfigurasi Sistem. Jendela ini berisi beberapa tab, termasuk tab Umum, Boot, Layanan, dan Startup. Tab Boot adalah tempat Anda dapat mengonfigurasi opsi boot untuk Windows 7.

Beralihlah ke tab Boot dan Anda akan melihat daftar sistem operasi yang terinstal di komputer Anda. Di bawah setiap entri sistem operasi, terdapat kotak centang berlabel “Opsi Boot Lanjutan”. Hapus centang pada kotak ini untuk menonaktifkan Advanced Boot Options.

Setelah Anda selesai, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan dan keluar dari jendela Konfigurasi Sistem. Anda mungkin diminta untuk me-restart komputer agar perubahan diterapkan. Setelah komputer di-restart, Advanced Boot Options akan dihapus dari menu boot.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7.

Pilih tab Boot

Setelah membuka jendela Konfigurasi Sistem dan beralih ke tab Umum, langkah selanjutnya adalah memilih tab Boot. Tab Boot berisi pengaturan yang terkait dengan proses boot Windows 7.

  • Sistem operasi default

    Pada bagian ini, Anda dapat memilih sistem operasi default yang akan dimuat saat komputer melakukan booting. Jika Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi yang terinstal, Anda dapat menggunakan menu drop-down untuk memilih sistem operasi yang ingin Anda gunakan sebagai default.

  • Opsi boot

    Pada bagian ini, Anda dapat mengonfigurasi berbagai opsi boot, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan Safe Mode, mengaktifkan atau menonaktifkan logging boot, dan mengatur jumlah waktu yang ditampilkan menu boot.

  • Opsi Boot Lanjutan

    Pada bagian ini, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Advanced Boot Options. Saat Advanced Boot Options diaktifkan, Anda dapat mengakses menu boot dengan menekan tombol F8 saat komputer sedang melakukan booting. Menu boot memberikan akses ke berbagai opsi pemulihan dan pemecahan masalah.

  • Alat

    Pada bagian ini, Anda dapat mengakses berbagai alat yang terkait dengan proses boot, seperti Editor Konfigurasi Boot dan alat Informasi Sistem.

Untuk menghilangkan Advanced Boot Options, Anda perlu menghapus centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan” pada bagian Opsi Boot.

Hapus centang Advanced Boot Options

Setelah memilih tab Boot pada jendela Konfigurasi Sistem, langkah selanjutnya adalah menghapus centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”. Opsi ini terletak pada bagian Opsi Boot.

  • Nonaktifkan Advanced Boot Options

    Untuk menonaktifkan Advanced Boot Options, cukup hapus centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”. Setelah Anda menghapus centang pada kotak ini, Advanced Boot Options akan dinonaktifkan dan menu boot tidak akan lagi muncul saat komputer melakukan booting.

  • Aktifkan Advanced Boot Options

    Jika Anda ingin mengaktifkan kembali Advanced Boot Options, cukup beri centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”. Setelah Anda memberi centang pada kotak ini, Advanced Boot Options akan diaktifkan dan menu boot akan muncul kembali saat komputer melakukan booting.

  • Pertimbangan

    Sebelum menonaktifkan Advanced Boot Options, penting untuk dipertimbangkan apakah Anda memerlukannya atau tidak. Jika Anda sering menggunakan opsi boot lanjutan, seperti Safe Mode atau Command Prompt, Anda mungkin ingin membiarkan Advanced Boot Options tetap aktif. Namun, jika Anda tidak pernah menggunakan opsi boot lanjutan, Anda dapat menonaktifkannya untuk mempercepat proses boot.

  • Catatan

    Jika Anda mengalami masalah saat menonaktifkan Advanced Boot Options, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan boot ke default. Untuk melakukannya, klik tombol “Opsi Default” pada jendela Konfigurasi Sistem.

Setelah Anda selesai menghapus centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan dan keluar dari jendela Konfigurasi Sistem. Anda mungkin diminta untuk me-restart komputer agar perubahan diterapkan.

Klik OK

Setelah Anda selesai mengonfigurasi pengaturan boot sesuai keinginan Anda, langkah terakhir adalah mengklik tombol OK untuk menyimpan perubahan dan keluar dari jendela Konfigurasi Sistem.

Ketika Anda mengklik tombol OK, Windows akan menyimpan perubahan yang telah Anda buat pada pengaturan boot. Jika Anda telah menonaktifkan Advanced Boot Options, Windows akan menghapus entri “Opsi Boot Lanjutan” dari menu boot. Anda juga dapat mengklik tombol “Terapkan” untuk menyimpan perubahan tanpa menutup jendela Konfigurasi Sistem.

Setelah mengklik tombol OK, Anda mungkin diminta untuk me-restart komputer agar perubahan diterapkan. Ini diperlukan agar perubahan pengaturan boot diterapkan dengan benar. Setelah komputer di-restart, perubahan yang telah Anda buat pada pengaturan boot akan berlaku.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7. Namun, penting untuk diingat bahwa Advanced Boot Options dapat menjadi alat yang berguna untuk pemecahan masalah dan pemulihan sistem. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membiarkan Advanced Boot Options tetap aktif jika Anda merasa memerlukannya di masa mendatang.

Restart komputer

Setelah mengklik tombol OK pada jendela Konfigurasi Sistem, Anda mungkin diminta untuk me-restart komputer agar perubahan diterapkan. Ini diperlukan agar perubahan pengaturan boot diterapkan dengan benar.

  • Restart komputer untuk menerapkan perubahan

    Untuk me-restart komputer, klik tombol “Restart” pada jendela Konfigurasi Sistem. Anda juga dapat me-restart komputer secara manual dengan mengklik tombol Start, lalu klik tombol Daya dan pilih “Restart”.

  • Tunggu komputer melakukan booting

    Setelah Anda me-restart komputer, tunggu hingga komputer melakukan booting sepenuhnya. Proses booting mungkin memerlukan waktu beberapa menit, tergantung pada kecepatan komputer Anda.

  • Periksa apakah Advanced Boot Options telah dihapus

    Setelah komputer selesai melakukan booting, periksa apakah Advanced Boot Options telah dihapus dari menu boot. Untuk melakukan ini, tekan tombol F8 saat komputer sedang melakukan booting. Jika Advanced Boot Options telah dihapus, menu boot akan langsung menampilkan sistem operasi yang diinstal pada komputer Anda.

  • Catatan

    Jika Advanced Boot Options masih muncul pada menu boot, Anda mungkin perlu mengulangi langkah-langkah di atas dan memastikan bahwa Anda telah menghapus centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan” pada jendela Konfigurasi Sistem.

Setelah Advanced Boot Options berhasil dihapus dari menu boot, Anda dapat terus menggunakan komputer seperti biasa.

Advanced Boot Options akan hilang

Setelah Anda me-restart komputer dan perubahan pengaturan boot diterapkan, Advanced Boot Options akan dihapus dari menu boot. Ini berarti bahwa Anda tidak akan lagi dapat mengakses opsi boot lanjutan seperti Safe Mode atau Command Prompt dengan menekan tombol F8 saat komputer sedang melakukan booting.

Jika Anda memerlukan akses ke opsi boot lanjutan di masa mendatang, Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Menu Mulai.
  2. Ketik “msconfig” pada kotak pencarian.
  3. Pilih tab Boot.
  4. Beri centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”.
  5. Klik tombol OK.
  6. Restart komputer.

Advanced Boot Options sekarang akan diaktifkan kembali dan Anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol F8 saat komputer sedang melakukan booting.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7. Namun, penting untuk diingat bahwa Advanced Boot Options dapat menjadi alat yang berguna untuk pemecahan masalah dan pemulihan sistem. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membiarkan Advanced Boot Options tetap aktif jika Anda merasa memerlukannya di masa mendatang.

Opsional: Buat titik pemulihan sistem sebelum melakukan perubahan

Sebelum melakukan perubahan apa pun pada pengaturan boot, disarankan untuk membuat titik pemulihan sistem. Titik pemulihan sistem adalah salinan status komputer Anda pada waktu tertentu. Jika terjadi masalah setelah Anda mengubah pengaturan boot, Anda dapat menggunakan titik pemulihan sistem untuk mengembalikan komputer ke keadaan sebelumnya.

  • Buka menu Start

    Klik tombol Start atau tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka menu Start.

  • Ketik “Buat titik pemulihan”

    Pada kotak pencarian di menu Start, ketik “Buat titik pemulihan” dan tekan Enter.

  • Pilih drive sistem

    Pada jendela Properti Sistem, pilih drive sistem tempat Windows diinstal. Biasanya drive ini diberi label “C:”.

  • Klik tombol “Buat”

    Klik tombol “Buat” untuk memulai proses pembuatan titik pemulihan sistem. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa menit.

Setelah titik pemulihan sistem berhasil dibuat, Anda dapat melanjutkan mengubah pengaturan boot sesuai keinginan Anda. Jika terjadi masalah, Anda dapat menggunakan titik pemulihan sistem untuk mengembalikan komputer ke keadaan sebelumnya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan Advanced Boot Options di Windows 7:

Pertanyaan 1: Mengapa saya harus menghilangkan Advanced Boot Options?
Anda mungkin ingin menghilangkan Advanced Boot Options jika Anda tidak membutuhkannya atau jika Anda ingin mempercepat proses boot komputer Anda.

Pertanyaan 2: Apakah Advanced Boot Options akan hilang secara permanen setelah saya menghapusnya?
Tidak, Advanced Boot Options tidak akan hilang secara permanen. Anda dapat mengaktifkannya kembali kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengaktifkan kembali Advanced Boot Options?
Untuk mengaktifkan kembali Advanced Boot Options, buka jendela Konfigurasi Sistem (msconfig), pilih tab Boot, beri centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”, dan klik OK. Restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan.

Pertanyaan 4: Saya mengalami masalah saat mencoba menghilangkan Advanced Boot Options. Apa yang harus saya lakukan?
Jika Anda mengalami masalah, coba ulangi langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini dengan hati-hati. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan boot ke default pada jendela Konfigurasi Sistem.

Pertanyaan 5: Apakah aman untuk menghilangkan Advanced Boot Options?
Ya, aman untuk menghilangkan Advanced Boot Options jika Anda tidak membutuhkannya. Namun, jika Anda sering menggunakan opsi boot lanjutan, Anda mungkin ingin membiarkan Advanced Boot Options tetap aktif.

Pertanyaan 6: Apakah ada cara lain untuk mempercepat proses boot Windows 7?
Selain menghilangkan Advanced Boot Options, ada beberapa cara lain untuk mempercepat proses boot Windows 7, seperti menonaktifkan program startup yang tidak perlu, mendefrag hard drive, dan memperbarui driver perangkat.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah.

Selain FAQ di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan Advanced Boot Options di Windows 7:

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan Advanced Boot Options di Windows 7:

1. Gunakan pintasan keyboard
Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Windows Key + R untuk membuka kotak Run, lalu ketik “msconfig” dan tekan Enter untuk membuka jendela Konfigurasi Sistem. Ini akan menghemat waktu Anda daripada menavigasi melalui Menu Mulai.

2. Buat titik pemulihan sistem
Sebelum mengubah pengaturan boot, disarankan untuk membuat titik pemulihan sistem. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengembalikan komputer ke keadaan sebelumnya jika terjadi masalah.

3. Gunakan alat pihak ketiga
Ada beberapa alat pihak ketiga yang dapat membantu Anda menghilangkan Advanced Boot Options. Namun, disarankan untuk menggunakan alat-alat ini dengan hati-hati dan selalu membuat titik pemulihan sistem sebelum menggunakannya.

4. Cadangkan pengaturan boot Anda
Sebelum mengubah pengaturan boot, Anda dapat membuat cadangan pengaturan boot Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengembalikan pengaturan boot Anda jika terjadi kesalahan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan Advanced Boot Options di Windows 7 dan mempercepat proses boot komputer Anda.

Kesimpulannya, menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7 adalah proses yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mempercepat proses boot komputer Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Kesimpulan

Menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7 adalah proses yang mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mempercepat proses boot komputer Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Berikut adalah ringkasan poin-poin utama:

  • Buka Menu Mulai dan ketik “msconfig”.
  • Pilih tab Boot dan hapus centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”.
  • Klik OK dan restart komputer Anda.
  • Advanced Boot Options sekarang akan dihapus dari menu boot.

Jika Anda memerlukan akses ke opsi boot lanjutan di masa mendatang, Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan memberi centang pada kotak “Opsi Boot Lanjutan”.

Dengan mengikuti tips dan trik yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan Advanced Boot Options dari Windows 7 dan mempercepat proses boot komputer Anda. Terima kasih telah membaca.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *