Cara Menghilangkan Bau Badan di Baju


Cara Menghilangkan Bau Badan di Baju

Bau badan yang menempel pada pakaian dapat menjadi hal yang sangat mengganggu. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keringat berlebih, bakteri, atau makanan tertentu. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau badan di baju yang bisa Anda coba.

Sebelum membahas cara menghilangkannya, penting untuk mengetahui penyebab bau badan pada baju. Penyebab paling umum adalah keringat yang bercampur dengan bakteri yang ada di kulit Anda. Bakteri ini akan memecah keringat dan menghasilkan bau yang tidak sedap. Selain itu, makanan tertentu seperti bawang putih atau bawang bombay juga dapat menyebabkan bau badan yang menyengat.

Cara Menghilangkan Bau Badan di Baju

Berikut adalah 9 cara menghilangkan bau badan di baju yang patut dicoba:

  • Rendam dengan cuka
  • Gunakan baking soda
  • Tambahkan jus lemon
  • Hangatkan dengan sinar matahari
  • Cuci dengan air panas
  • Gunakan deterjen yang tepat
  • Jemur di udara terbuka
  • Setrika dengan suhu tinggi
  • Simpan di tempat yang kering

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat menghilangkan bau badan yang menempel pada baju Anda secara efektif.

Rendam dengan Cuka

Cuka putih merupakan bahan alami yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menghilangkan bau badan pada baju. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan merendam baju dalam larutan cuka dan air.

  • Takaran: Campurkan 1 bagian cuka putih dengan 4 bagian air.
  • Rendam: Rendam baju dalam larutan cuka tersebut selama 30 menit hingga 1 jam.
  • Cuci: Setelah direndam, cuci baju seperti biasa menggunakan deterjen dan air bersih.
  • Ulangi: Jika bau badan masih belum hilang, ulangi proses perendaman hingga bau hilang sepenuhnya.

Selain menghilangkan bau badan, cuka juga dapat membantu mencerahkan warna baju putih dan membunuh kuman yang menempel.

Gunakan Baking Soda

Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan alami yang dikenal memiliki sifat penyerap bau dan antibakteri. Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan pada baju dengan cara berikut:

  • Taburkan: Taburkan baking soda secukupnya pada bagian baju yang berbau, diamkan selama beberapa jam atau semalaman.
  • Rendam: Larutkan 1/2 cangkir baking soda dalam 4 liter air, lalu rendam baju dalam larutan tersebut selama 30 menit hingga 1 jam.
  • Cuci: Setelah direndam atau ditaburi baking soda, cuci baju seperti biasa menggunakan deterjen dan air bersih.
  • Tambahkan pada deterjen: Anda juga dapat menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam deterjen saat mencuci baju yang berbau badan.

Baking soda dapat membantu menetralisir asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau badan, sehingga bau tidak sedap pada baju dapat dihilangkan.

Tambahkan Jus Lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri dan penghilang bau alami. Jus lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan pada baju dengan cara berikut:

Rendam: Rendam baju dalam larutan yang terdiri dari 1/2 cangkir jus lemon dan 4 liter air selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah direndam, cuci baju seperti biasa menggunakan deterjen dan air bersih.

Cuci dengan tangan: Tambahkan 1/2 cangkir jus lemon ke dalam seember air hangat. Cuci baju dengan tangan menggunakan larutan tersebut. Bilas baju dengan air bersih hingga tidak ada sisa lemon yang tertinggal.

Tambahkan pada deterjen: Anda juga dapat menambahkan 1/2 cangkir jus lemon ke dalam deterjen saat mencuci baju yang berbau badan. Jus lemon akan membantu menetralisir bau tidak sedap dan membuat baju beraroma segar.

Selain menghilangkan bau badan, jus lemon juga dapat membantu mencerahkan warna baju putih dan membunuh kuman yang menempel.

Hangatkan dengan Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki sifat alami yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau. Cara ini sangat cocok diterapkan pada baju yang tidak mudah luntur atau rusak terkena sinar matahari.

  • Jemur: Jemur baju di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Sinar UV akan membunuh bakteri penyebab bau badan dan menghilangkan bau tidak sedap pada baju.
  • Balik baju: Balik baju secara berkala agar kedua sisi baju terkena sinar matahari secara merata.
  • Angin-anginkan: Setelah dijemur, angin-anginkan baju di tempat yang teduh dan berangin agar bau matahari hilang dan baju tidak lembap.
  • Ulangi: Jika bau badan masih belum hilang, ulangi proses penjemuran hingga bau benar-benar hilang.

Selain menghilangkan bau badan, menjemur baju di bawah sinar matahari juga dapat membantu mencerahkan warna baju dan membunuh kuman yang menempel.

Cuci dengan Air Panas

. Air panas dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau badan pada baju.. Berikut cara mencuci baju dengan air panas:.
.
.
.
.
.
.
.
.

Gunakan Deterjen yang Tepat

Pemilihan deterjen yang tepat dapat membantu menghilangkan bau badan pada baju secara efektif. Berikut beberapa tips memilih deterjen yang tepat:

  • Deterjen antibakteri: Gunakan deterjen yang mengandung bahan antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab bau badan pada baju.
  • Deterjen enzimatik: Deterjen enzimatik mengandung enzim yang dapat memecah protein dan lemak penyebab bau badan.
  • Deterjen dengan wewangian ringan: Hindari deterjen dengan wewangian yang terlalu kuat, karena dapat bercampur dengan bau badan dan menghasilkan aroma yang tidak sedap.
  • Sesuaikan dengan jenis kain: Pilih deterjen yang sesuai dengan jenis kain baju yang akan dicuci. Deterjen untuk kain halus mungkin tidak efektif untuk menghilangkan bau badan pada baju berbahan tebal.

Dengan menggunakan deterjen yang tepat, bau badan pada baju dapat dihilangkan secara efektif dan pakaian tetap bersih dan segar.

Jemur di Udara Terbuka

Mengangin-anginkan atau menjemur baju di udara terbuka dapat membantu menghilangkan bau badan pada baju. Sirkulasi udara yang baik akan membantu mengeringkan baju dan mencegah lembap, yang merupakan tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau badan.

Berikut cara menjemur baju di udara terbuka:

  1. Gantung baju: Gantung baju pada jemuran atau tali jemuran di tempat yang teduh dan berangin.
  2. Balik baju: Balik baju secara berkala agar kedua sisi baju terkena udara secara merata.
  3. Jemur hingga kering: Jemur baju hingga benar-benar kering. Jangan menyimpan baju yang masih lembap, karena dapat menimbulkan bau apek.
  4. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung: Sinar matahari langsung dapat merusak warna dan serat baju, serta membuat baju menjadi kaku.

Menjemur baju di udara terbuka tidak hanya dapat menghilangkan bau badan, tetapi juga membantu menjaga warna dan kualitas baju.

Setrika dengan Suhu Tinggi

Menyetrika baju dengan suhu tinggi dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan pada baju. Panas dari setrika akan membunuh bakteri dan menghilangkan bau tidak sedap.

  • Gunakan suhu tinggi: Atur setrika pada suhu tinggi yang sesuai dengan jenis kain baju.
  • Setrika setiap bagian baju: Setrika setiap bagian baju secara menyeluruh, termasuk bagian kerah, lengan, dan saku.
  • Tekan dengan kuat: Tekan setrika dengan kuat pada baju untuk memastikan panas menembus serat kain dan membunuh bakteri.
  • Ulangi jika perlu: Jika bau badan masih belum hilang, ulangi proses penyetrikaan hingga bau benar-benar hilang.

Menyetrika baju dengan suhu tinggi tidak hanya dapat menghilangkan bau badan, tetapi juga membuat baju terlihat lebih rapi dan bebas kusut.

Simpan di Tempat yang Kering dan Berventilasi

Cara terakhir untuk menghilangkan bau badan pada baju adalah dengan menyimpannya di tempat yang kering dan berventilasi. Hal ini penting untuk mencegah penumpukan kelembapan yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau.

Berikut beberapa tips untuk menyimpan baju di tempat yang kering dan berventilasi:

  1. Gunakan lemari pakaian atau rak terbuka: Lemari pakaian atau rak terbuka memungkinkan sirkulasi udara yang baik, sehingga baju dapat mengering dengan cepat dan tidak berbau.
  2. Jangan simpan baju dalam keadaan basah: Selalu pastikan baju benar-benar kering sebelum disimpan, karena kelembapan dapat menyebabkan bau apek.
  3. Gunakan penyerap kelembapan: Jika lemari pakaian atau rak Anda lembap, pertimbangkan untuk menggunakan penyerap kelembapan untuk menghilangkan kelembapan berlebih.
  4. Cuci baju secara teratur: Cuci baju secara teratur, terutama setelah dipakai dalam waktu lama atau berkeringat banyak, untuk menghilangkan bakteri dan kotoran penyebab bau.
  5. Jemur baju di bawah sinar matahari secara teratur: Sinar matahari memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menghilangkan bau pada baju.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga baju tetap segar dan bebas bau untuk waktu yang lebih lama.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan bau badan pada baju:

Pertanyaan 1: Mengapa baju saya berbau badan?
Jawaban: Bau badan pada baju disebabkan oleh keringat berlebih yang bercampur dengan bakteri pada kulit. Bakteri ini memecah keringat dan menghasilkan bau tidak sedap.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghilangkan bau badan pada baju putih?
Jawaban: Untuk menghilangkan bau badan pada baju putih, Anda dapat menggunakan cuka putih, baking soda, atau jus lemon. Bahan-bahan ini memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menghilangkan bau.

Pertanyaan 3: Bolehkah menggunakan pemutih untuk menghilangkan bau badan pada baju?
Jawaban: Pemutih dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan pada baju putih, tetapi sebaiknya digunakan dengan hati-hati karena dapat merusak serat kain. Selalu ikuti petunjuk penggunaan pemutih yang tertera pada kemasan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menghilangkan bau badan pada baju yang sudah dicuci?
Jawaban: Jika baju yang sudah dicuci masih berbau badan, Anda dapat merendamnya dalam larutan cuka atau baking soda, atau menyetrikanya dengan suhu tinggi.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menghilangkan bau badan pada baju yang terkena asap rokok?
Jawaban: Untuk menghilangkan bau asap rokok pada baju, Anda dapat menggantung baju di udara terbuka atau menggunakan semprotan penghilang bau. Anda juga dapat mencuci baju dengan deterjen yang mengandung enzim penghilang bau.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mencegah bau badan pada baju?
Jawaban: Untuk mencegah bau badan pada baju, pastikan untuk selalu mencuci baju setelah dipakai, menyimpan baju di tempat yang kering dan berventilasi, serta menggunakan deodoran atau antiperspiran.

Dengan mengikuti tips dan menjawab pertanyaan di atas, Anda dapat menghilangkan bau badan pada baju secara efektif dan menjaga baju tetap segar dan nyaman dipakai.

Selain tips yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa tips tambahan untuk menghilangkan bau badan pada baju:

Tips

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa tips praktis untuk menghilangkan bau badan pada baju:

Cuci baju secara teratur: Ini adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bau badan pada baju. Cuci baju setelah dipakai, terutama jika Anda banyak berkeringat.

Gunakan suhu air yang tepat: Gunakan air panas untuk membunuh bakteri penyebab bau badan, tetapi hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak serat kain.

Gunakan deterjen yang tepat: Pilih deterjen yang mengandung bahan antibakteri atau enzimatik untuk membantu menghilangkan bau badan.

Jemur baju di bawah sinar matahari: Sinar matahari memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menghilangkan bau pada baju. Jemur baju hingga benar-benar kering sebelum disimpan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga baju tetap segar dan bebas bau badan untuk waktu yang lebih lama.

Dengan menerapkan cara-cara dan tips di atas, Anda dapat menghilangkan bau badan pada baju secara efektif dan menjaga pakaian Anda tetap bersih dan segar.

Kesimpulan

Bau badan pada baju dapat menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dapat dihilangkan secara efektif dengan mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Berikut ringkasan poin-poin utama:

  • Bau badan pada baju disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat pada kulit.
  • Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau badan pada baju, antara lain menggunakan cuka, baking soda, jus lemon, mencuci dengan air panas, menggunakan deterjen yang tepat, menjemur di udara terbuka, menyetrika dengan suhu tinggi, dan menyimpan di tempat yang kering dan berventilasi.
  • Selain itu, ada beberapa tips praktis yang dapat dilakukan untuk mencegah bau badan pada baju, seperti mencuci baju secara teratur, menggunakan suhu air yang tepat, menggunakan deterjen yang tepat, dan menjemur baju di bawah sinar matahari.

Dengan mengikuti tips dan cara-cara yang telah dijelaskan, Anda dapat menghilangkan bau badan pada baju secara efektif dan menjaga pakaian Anda tetap segar dan nyaman dipakai.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *