Cara Menghilangkan Berita di Taskbar Windows 10


Cara Menghilangkan Berita di Taskbar Windows 10

Taskbar pada Windows 10 tidak hanya menjadi tempat untuk mengakses aplikasi dan membuka file, tetapi juga menampilkan berbagai informasi dan widget, termasuk berita dan cuaca. Namun, bagi sebagian pengguna, kehadiran berita di taskbar mungkin tidak diinginkan dan mengganggu. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menghilangkan berita dari taskbar Windows 10.

Kehadiran berita di taskbar merupakan bagian dari fitur “Berita dan Minat” yang diperkenalkan pada pembaruan Windows 10. Fitur ini dirancang untuk memberikan akses mudah ke berita dan informasi yang relevan bagi pengguna. Namun, tidak semua pengguna merasa nyaman dengan fitur ini, terutama karena dapat mengacaukan tampilan taskbar dan memakan ruang yang berharga.

Cara Menghilangkan Berita di Taskbar Windows 10

Berikut adalah 8 poin penting yang perlu diperhatikan saat menghilangkan berita dari taskbar Windows 10:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Personalisasi
  • Pilih Taskbar
  • Matikan sakelar “Berita dan Minat”
  • Restart Explorer.exe
  • Gunakan Editor Registri (hanya untuk pengguna tingkat lanjut)
  • Jalankan perintah PowerShell
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga

Dengan mengikuti salah satu metode yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah menghilangkan berita dari taskbar Windows 10 dan mengembalikan tampilan yang lebih bersih dan efisien.

Buka menu Pengaturan

Untuk membuka menu Pengaturan, Anda dapat menggunakan salah satu dari tiga metode berikut:

  1. Klik kanan pada tombol Start, lalu pilih “Pengaturan”.
  2. Tekan tombol Windows + I pada keyboard.
  3. Ketik “Pengaturan” pada kotak pencarian di taskbar, lalu pilih Pengaturan dari hasil pencarian.

Setelah Anda membuka menu Pengaturan, klik pada opsi “Personalisasi”.

Pada halaman Personalisasi, gulir ke bawah dan klik pada opsi “Taskbar”.

Pada halaman Taskbar, cari bagian “Berita dan Minat”. Di bagian ini, Anda akan melihat sakelar yang bertuliskan “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”. Matikan sakelar ini untuk menghilangkan berita dari taskbar.

Setelah Anda mematikan sakelar, berita akan segera hilang dari taskbar. Jika berita masih muncul, Anda dapat mencoba me-restart Explorer.exe atau menggunakan salah satu metode lain yang disebutkan dalam artikel ini.

Pilih Personalisasi

Setelah membuka menu Pengaturan, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Personalisasi”. Opsi ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan berbagai aspek tampilan dan nuansa Windows 10, termasuk taskbar.

  • Personalisasi tampilan dan nuansa Windows

    Opsi Personalisasi memungkinkan Anda untuk mengubah tema, warna, layar kunci, dan font yang digunakan di Windows 10. Anda juga dapat menggunakan opsi ini untuk menyesuaikan menu Start dan taskbar.

  • Sesuaikan taskbar

    Bagian Taskbar pada halaman Personalisasi memungkinkan Anda untuk menyesuaikan berbagai aspek taskbar, termasuk ukuran, posisi, dan perilaku tombol taskbar. Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu, seperti Berita dan Minat.

  • Ubah latar belakang desktop

    Opsi Latar Belakang pada halaman Personalisasi memungkinkan Anda untuk mengubah gambar atau warna yang digunakan sebagai latar belakang desktop. Anda dapat memilih dari berbagai gambar yang disediakan oleh Microsoft atau menggunakan gambar Anda sendiri.

  • Pilih warna aksen

    Opsi Warna pada halaman Personalisasi memungkinkan Anda untuk memilih warna aksen yang digunakan di seluruh Windows 10. Warna aksen akan digunakan pada bilah judul, menu, dan area lainnya di sistem operasi.

Dengan memahami berbagai opsi yang tersedia pada halaman Personalisasi, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa Windows 10 agar sesuai dengan preferensi Anda.

Pilih Taskbar

Setelah memilih opsi “Personalisasi”, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Taskbar” pada halaman Personalisasi.

  • Sesuaikan ukuran dan posisi taskbar

    Bagian “Ukuran taskbar” pada halaman Taskbar memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran taskbar secara vertikal. Anda juga dapat menggunakan bagian “Posisi taskbar” untuk mengubah posisi taskbar ke sisi kiri, kanan, atas, atau bawah layar.

  • Tampilkan atau sembunyikan tombol taskbar

    Bagian “Tombol taskbar” pada halaman Taskbar memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tombol taskbar untuk aplikasi yang berbeda. Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk mengubah ukuran tombol taskbar dan menggabungkan tombol yang serupa.

  • Aktifkan atau nonaktifkan fitur taskbar

    Bagian “Fitur taskbar” pada halaman Taskbar memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai fitur taskbar, termasuk Berita dan Minat, Pencarian Windows, dan Cortana. Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk mengubah perilaku tombol Tampilan Tugas.

  • Sesuaikan area notifikasi

    Bagian “Area notifikasi” pada halaman Taskbar memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ikon dan pemberitahuan yang muncul di area notifikasi. Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ikon tertentu dan pemberitahuan.

Dengan memahami berbagai opsi yang tersedia pada halaman Taskbar, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan perilaku taskbar agar sesuai dengan preferensi Anda.

Matikan sakelar “Berita dan Minat”

Setelah memilih opsi “Taskbar” pada halaman Personalisasi, Anda akan melihat bagian “Berita dan Minat”. Bagian ini berisi sakelar yang bertuliskan “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”.

  • Nonaktifkan Berita dan Minat

    Untuk menghilangkan berita dari taskbar, Anda perlu mematikan sakelar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”. Setelah Anda mematikan sakelar ini, berita akan segera hilang dari taskbar.

  • Restart Explorer.exe

    Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu me-restart Explorer.exe agar perubahan diterapkan sepenuhnya. Untuk me-restart Explorer.exe, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Kemudian, cari proses “Explorer.exe” pada tab Proses. Klik kanan pada proses tersebut dan pilih “Restart”.

  • Gunakan Editor Registri (hanya untuk pengguna tingkat lanjut)

    Jika Anda mengalami masalah saat mematikan sakelar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”, Anda dapat mencoba menggunakan Editor Registri. Namun, harap dicatat bahwa mengedit Registri dapat berbahaya jika dilakukan secara tidak benar. Oleh karena itu, hanya gunakan metode ini jika Anda pengguna tingkat lanjut.

  • Jalankan perintah PowerShell

    Anda juga dapat menggunakan perintah PowerShell untuk menghilangkan berita dari taskbar. Untuk melakukan ini, buka PowerShell sebagai administrator dan jalankan perintah berikut:

    “`
    Get-AppxPackage -Name Microsoft.Windows.StartMenuExperienceHost | Remove-AppxPackage
    “`

Dengan mengikuti salah satu metode di atas, Anda dapat menghilangkan berita dari taskbar Windows 10 dan mengembalikan tampilan yang lebih bersih dan efisien.

Restart Explorer.exe

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu me-restart Explorer.exe agar perubahan diterapkan sepenuhnya setelah mematikan sakelar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”.

  • Buka Task Manager

    Untuk me-restart Explorer.exe, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.

  • Temukan proses “Explorer.exe”

    Pada tab Proses di Task Manager, cari proses “Explorer.exe”.

  • Restart Explorer.exe

    Klik kanan pada proses “Explorer.exe” dan pilih “Restart”.

  • Verifikasi perubahan

    Setelah Explorer.exe di-restart, periksa apakah berita telah hilang dari taskbar. Jika berita masih muncul, Anda dapat mencoba menggunakan metode lain yang dijelaskan dalam artikel ini.

Dengan me-restart Explorer.exe, Anda dapat memastikan bahwa perubahan yang Anda buat pada pengaturan taskbar diterapkan dengan benar.

Gunakan Editor Registri (hanya untuk pengguna tingkat lanjut)

Jika Anda mengalami masalah saat mematikan sakelar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”, Anda dapat mencoba menggunakan Editor Registri. Namun, harap dicatat bahwa mengedit Registri dapat berbahaya jika dilakukan secara tidak benar. Oleh karena itu, hanya gunakan metode ini jika Anda pengguna tingkat lanjut.

  • Cadangkan Registri

    Sebelum mengedit Registri, sangat disarankan untuk membuat cadangan. Untuk melakukan ini, buka Editor Registri (regedit) dan klik pada menu “File” > “Ekspor”. Pilih lokasi untuk menyimpan file cadangan dan beri nama yang sesuai.

  • Navigasi ke kunci yang benar

    Di Editor Registri, navigasi ke kunci berikut:

    “`
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
    “`

  • Buat nilai DWORD baru

    Pada panel kanan Editor Registri, klik kanan dan pilih “Baru” > “Nilai DWORD (32-bit)”. Beri nama nilai baru “EnableFeeds”.

  • Atur nilai menjadi 0

    Klik dua kali pada nilai “EnableFeeds” dan atur data nilainya menjadi 0. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Setelah Anda membuat perubahan pada Registri, tutup Editor Registri dan restart komputer Anda. Berita akan hilang dari taskbar setelah komputer di-restart.

Jalankan perintah PowerShell

Anda juga dapat menggunakan perintah PowerShell untuk menghilangkan berita dari taskbar. Metode ini hanya disarankan untuk pengguna tingkat lanjut yang merasa nyaman menggunakan PowerShell.

  • Buka PowerShell sebagai administrator

    Untuk menjalankan perintah PowerShell, Anda harus membuka PowerShell sebagai administrator. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + X dan pilih “Windows PowerShell (Admin)”.

  • Jalankan perintah

    Pada jendela PowerShell, jalankan perintah berikut:

    “`
    Get-AppxPackage -Name Microsoft.Windows.StartMenuExperienceHost | Remove-AppxPackage
    “`

  • Restart komputer

    Setelah perintah dijalankan, restart komputer Anda. Berita akan hilang dari taskbar setelah komputer di-restart.

  • Catatan

    Dengan menjalankan perintah ini, Anda akan menghapus aplikasi “Start Menu Experience Host” dari komputer Anda. Aplikasi ini bertanggung jawab untuk menampilkan berita dan minat di taskbar. Jika Anda ingin mengembalikan berita ke taskbar di masa mendatang, Anda dapat menginstal ulang aplikasi “Start Menu Experience Host” dari Microsoft Store.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan perintah PowerShell untuk menghilangkan berita dari taskbar Windows 10.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Selain metode yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan berita dari taskbar Windows 10. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memodifikasi dan menyesuaikan berbagai aspek sistem operasi, termasuk taskbar.

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menyesuaikan taskbar adalah TaskbarX. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan, perilaku, dan fungsionalitas taskbar sesuai keinginan Anda. Dengan menggunakan TaskbarX, Anda dapat menyembunyikan berita dan minat, mengubah ukuran dan posisi taskbar, serta menambahkan fitur tambahan seperti transparansi dan efek blur.

Aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat Anda gunakan adalah 7+ Taskbar Tweaker. Aplikasi ini menawarkan berbagai opsi penyesuaian untuk taskbar, termasuk kemampuan untuk menyembunyikan berita dan minat. Selain itu, 7+ Taskbar Tweaker juga memungkinkan Anda untuk mengubah warna, font, dan gaya taskbar, serta menambahkan tombol dan menu khusus.

Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyesuaikan taskbar, penting untuk diingat bahwa aplikasi tersebut mungkin tidak selalu kompatibel dengan versi terbaru Windows 10. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk memeriksa kompatibilitas aplikasi sebelum menginstalnya.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menyesuaikan taskbar Windows 10 agar sesuai dengan preferensi Anda dan menghilangkan berita yang tidak diinginkan.

FAQ

Selain penjelasan di atas, berikut beberapa pertanyaan umum dan jawabannya yang mungkin berguna:

Question 1: Mengapa berita muncul di taskbar saya?
Berita muncul di taskbar sebagai bagian dari “Berita dan Minat” yang diperkenalkan pada pembaruan Windows 10. Fitur ini dirancang untuk memberikan akses mudah ke berita dan informasi yang relevan dengan pengguna.

Question 2: Dapatkah saya menyembunyikan berita dari taskbar secara permanen?
Ya, Anda dapat menyembunyikan berita dari taskbar secara permanen dengan mematikan saklar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar” di pengaturan Taskbar.

Question 3: Apa yang terjadi jika saya mematikan saklar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar”?
Mematikan saklar “Tampilkan Berita dan Minat di taskbar” akan menyembunyikan berita dari taskbar dan mematikan semua fungsionalitas “Berita dan Minat”, seperti widget dan pemberitahuan.

Question 4: Bagaimana cara me-restart Explorer.exe?
Untuk me-restart Explorer.exe, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untukを開く Task Manager. Cari proses “explorer.exe” pada tab Proses, klik راست pada proses tersebut, dan kemudian klik “Restart”.

Question 5: Mengapa saya perlu membuat cadangan Registri sebelum mengeditnya?
Cadangan Registri sangat penting karena mengedit Registri dapat berpotensi merusak sistem Anda. Cadangan memungkinkan Anda untuk kembali ke kondisi sebelumnya jika terjadi kesalahan.

Question 6: Apa yang dimaksud dengan “aplikasi pihak ketiga”?
Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dikembangkan dan didistribusikan oleh perusahaan atau individu selain Microsoft. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperluas fungsionalitas Windows 10 dan menyesuaikannya dengan preferensi pengguna.

Question 7: Apakah aman menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyesuaikan taskbar?
Meskipun aplikasi pihak ketiga umumnya aman digunakan, penting untuk meneliti dan mengunduh aplikasi tersebut dari sumber yang tepercaya. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas aplikasi dengan versi Windows 10 yang Anda gunakan.

Dengan memahami pertanyaan dan jawaban ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan berita dari taskbar Windows 10 dan menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Selain informasi di atas, berikut beberapa kiat tambahan untuk menyesuaikan taskbar Windows 10:

Tips

Selain metode dan FAQ yang telah dibahas, berikut beberapa tips tambahan untuk menyesuaikan taskbar Windows 10:

Tip 1: Sembunyikan tombol yang tidak diinginkan
Anda dapat menyembunyikan tombol yang tidak diinginkan dari taskbar, seperti tombol Cortana atau tombol Tampilan Tugas. Untuk melakukan ini, klik kanan pada taskbar dan pilih “Pengaturan taskbar”. Pada bagian “Area notifikasi”, klik “Pilih ikon mana yang muncul di taskbar” dan nonaktifkan tombol yang tidak ingin Anda lihat.

Tip 2: Ubah ukuran taskbar
Anda dapat mengubah ukuran taskbar secara vertikal agar lebih sesuai dengan preferensi Anda. Untuk melakukan ini, arahkan kursor ke tepi atas atau bawah taskbar dan seret ke atas atau ke bawah.

Tip 3: Sesuaikan menu Mulai
Anda dapat menyesuaikan menu Mulai agar hanya menampilkan aplikasi dan program yang sering Anda gunakan. Untuk melakukan ini, klik kanan pada tombol Start dan pilih “Pengaturan”. Pada bagian “Personalisasi”, klik “Mulai” dan sesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda.

Tip 4: Gunakan tema pihak ketiga
Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa taskbar menggunakan tema pihak ketiga. Tema pihak ketiga dapat diunduh dari Microsoft Store atau situs web lainnya. Untuk menerapkan tema, klik kanan pada desktop dan pilih “Personalisasi”. Pada halaman Personalisasi, klik “Tema” dan pilih tema yang ingin Anda gunakan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menyesuaikan taskbar Windows 10 agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Taskbar yang disesuaikan dapat meningkatkan produktivitas dan membuat pengalaman menggunakan Windows 10 lebih menyenangkan.

Sebagai kesimpulan, menghilangkan berita dari taskbar Windows 10 adalah proses yang mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa metode berbeda. Dengan mengikuti panduan dan tips yang diberikan dalam artikel ini, Anda dapat menyesuaikan taskbar agar lebih sesuai dengan preferensi Anda dan meningkatkan produktivitas Anda.

Tips

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *