Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp Business


Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp Business

Centang biru di WhatsApp Business menunjukkan bahwa pesan Anda telah dibaca oleh penerima. Namun, mungkin ada kalanya Anda ingin menyembunyikan tanda centang biru untuk alasan privasi atau profesional.

Artikel ini akan menjelaskan cara menghilangkan centang biru di WhatsApp Business secara permanen, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan lebih tenang tanpa rasa khawatir pesan Anda akan segera diketahui oleh penerima.

Untuk menghilangkan centang biru, Anda perlu mengubah pengaturan privasi di WhatsApp Business.

Cara Menghilangkan Centang Biru di WA Business

Berikut 10 poin penting cara menghilangkan centang biru di WA Business:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Akun
  • Privasi
  • Laporan Dibaca
  • Matikan
  • Pesan Grup
  • Terakhir Dilihat
  • Matikan
  • Restart Aplikasi
  • Selesai

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, centang biru akan hilang dan pesan Anda tidak akan lagi ditandai sebagai telah dibaca.

Buka Pengaturan

Untuk menghilangkan centang biru di WhatsApp Business, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka Pengaturan. Berikut penjelasan detailnya:

  • Buka WhatsApp Business

    Buka aplikasi WhatsApp Business yang terinstal pada ponsel Anda.

  • Ketuk ikon titik tiga

    Di pojok kanan atas layar, ketuk ikon titik tiga vertikal untuk membuka menu opsi.

  • Pilih Pengaturan

    Dari menu opsi yang muncul, pilih opsi “Pengaturan” untuk mengakses pengaturan WhatsApp Business.

  • Masuk ke menu Akun

    Dalam menu Pengaturan, ketuk opsi “Akun” untuk masuk ke pengaturan akun WhatsApp Business Anda.

Setelah masuk ke menu Akun, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan centang biru.

Pilih Akun

Setelah masuk ke menu Pengaturan, langkah selanjutnya untuk menghilangkan centang biru adalah memilih opsi Akun. Berikut penjelasan detailnya:

  • Menu Akun

    Dalam menu Pengaturan, terdapat beberapa opsi pengaturan, salah satunya adalah opsi “Akun”. Opsi ini berisi pengaturan terkait akun WhatsApp Business Anda, termasuk pengaturan privasi.

  • Ketuk Akun

    Untuk masuk ke pengaturan akun, ketuk opsi “Akun”. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan akun WhatsApp Business.

  • Pengaturan Privasi

    Pada halaman pengaturan akun, terdapat beberapa pengaturan, termasuk pengaturan privasi. Pengaturan privasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi tertentu tentang akun Anda, seperti foto profil, status, dan terakhir dilihat.

  • Lanjutkan ke langkah berikutnya

    Setelah masuk ke menu Akun, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan centang biru, yaitu mengatur laporan dibaca.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengakses pengaturan privasi WhatsApp Business dan melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan centang biru.

Privasi

Setelah masuk ke menu Akun, langkah selanjutnya untuk menghilangkan centang biru adalah mengatur pengaturan privasi. Berikut penjelasan detailnya:

  • Menu Privasi

    Pada halaman pengaturan akun, terdapat beberapa pengaturan, termasuk pengaturan privasi. Pengaturan privasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi tertentu tentang akun Anda, seperti foto profil, status, dan terakhir dilihat.

  • Ketuk Privasi

    Untuk masuk ke pengaturan privasi, ketuk opsi “Privasi”. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan privasi WhatsApp Business.

  • Laporan Dibaca

    Pada halaman pengaturan privasi, terdapat beberapa pengaturan, salah satunya adalah pengaturan “Laporan Dibaca”. Pengaturan ini menentukan apakah tanda centang biru akan muncul pada pesan yang Anda kirim.

  • Matikan Laporan Dibaca

    Untuk menghilangkan centang biru, Anda perlu mematikan pengaturan “Laporan Dibaca”. Caranya, geser tombol di sebelah pengaturan “Laporan Dibaca” ke kiri hingga berwarna abu-abu.

Dengan mematikan pengaturan Laporan Dibaca, tanda centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim, sehingga penerima tidak akan tahu apakah pesan tersebut telah dibaca atau belum.

Laporan Dibaca

Pengaturan “Laporan Dibaca” pada WhatsApp Business menentukan apakah tanda centang biru akan muncul pada pesan yang Anda kirim. Ketika pengaturan ini aktif, tanda centang biru akan muncul pada pesan yang telah dibaca oleh penerima. Sebaliknya, jika pengaturan ini dimatikan, tanda centang biru tidak akan muncul, sehingga penerima tidak akan tahu apakah pesan tersebut telah dibaca atau belum.

Untuk menghilangkan centang biru pada pesan WhatsApp Business, Anda perlu mematikan pengaturan “Laporan Dibaca”. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka WhatsApp Business dan ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Pilih “Pengaturan” > “Akun” > “Privasi”.
  3. Cari pengaturan “Laporan Dibaca” dan geser tombol ke kiri hingga berwarna abu-abu.

Setelah pengaturan “Laporan Dibaca” dimatikan, tanda centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim. Penerima hanya akan melihat tanda centang abu-abu yang menunjukkan bahwa pesan telah terkirim, tetapi belum tentu dibaca.

Matikan

Setelah mengatur Laporan Dibaca, langkah selanjutnya untuk menghilangkan centang biru adalah mematikan pengaturan ini. Berikut penjelasan detailnya:

  • Temukan Pengaturan Laporan Dibaca

    Pada halaman pengaturan privasi, gulir ke bawah hingga Anda menemukan pengaturan “Laporan Dibaca”. Pengaturan ini menentukan apakah tanda centang biru akan muncul pada pesan yang Anda kirim.

  • Geser Tombol ke Kiri

    Untuk mematikan Laporan Dibaca, geser tombol di sebelah pengaturan tersebut ke kiri. Tombol akan berubah warna menjadi abu-abu, menunjukkan bahwa Laporan Dibaca telah dimatikan.

  • Laporan Dibaca Berhasil Dimatikan

    Setelah Anda mematikan Laporan Dibaca, tanda centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim. Penerima hanya akan melihat tanda centang abu-abu, menunjukkan bahwa pesan telah terkirim tetapi belum tentu dibaca.

  • Periksa Kembali Pengaturan

    Untuk memastikan bahwa Laporan Dibaca telah berhasil dimatikan, Anda dapat mengirim pesan ke salah satu kontak Anda dan memeriksa apakah tanda centang biru muncul. Jika tanda centang biru tidak muncul, maka Laporan Dibaca telah berhasil dimatikan.

Dengan mematikan Laporan Dibaca, Anda dapat menghilangkan centang biru pada pesan WhatsApp Business dan menjaga privasi Anda.

Pesan Grup

Pengaturan “Pesan Grup” pada WhatsApp Business menentukan apakah tanda centang biru akan muncul pada pesan yang Anda kirim dalam grup. Berikut penjelasan detailnya:

  • Pengaturan Pesan Grup

    Pada halaman pengaturan privasi, terdapat pengaturan “Pesan Grup”. Pengaturan ini menentukan apakah tanda centang biru akan muncul pada pesan yang Anda kirim dalam grup.

  • Tanda Centang Biru pada Pesan Grup

    Secara default, tanda centang biru akan muncul pada pesan yang Anda kirim dalam grup meskipun Laporan Dibaca telah dimatikan. Hal ini karena pengaturan Pesan Grup secara default aktif.

  • Matikan Pesan Grup

    Untuk menghilangkan tanda centang biru pada pesan grup, Anda perlu mematikan pengaturan “Pesan Grup”. Caranya, geser tombol di sebelah pengaturan tersebut ke kiri hingga berwarna abu-abu.

  • Pesan Grup Berhasil Dimatikan

    Setelah Anda mematikan pengaturan “Pesan Grup”, tanda centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim dalam grup. Penerima hanya akan melihat tanda centang abu-abu, menunjukkan bahwa pesan telah terkirim tetapi belum tentu dibaca.

Dengan mematikan pengaturan “Pesan Grup”, Anda dapat menghilangkan tanda centang biru pada pesan yang Anda kirim dalam grup WhatsApp Business dan menjaga privasi Anda.

Terakhir Dilihat

Pengaturan “Terakhir Dilihat” pada WhatsApp Business menentukan apakah orang lain dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp. Berikut penjelasan detailnya:

  • Pengaturan Terakhir Dilihat

    Pada halaman pengaturan privasi, terdapat pengaturan “Terakhir Dilihat”. Pengaturan ini menentukan siapa saja yang dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp.

  • Pilihan Terakhir Dilihat

    Anda dapat memilih untuk menampilkan waktu terakhir dilihat kepada Semua Orang, Kontak Saya, atau Tidak Ada.

  • Matikan Terakhir Dilihat

    Untuk menghilangkan tanda centang biru dan menjaga privasi Anda, disarankan untuk mematikan pengaturan “Terakhir Dilihat”. Caranya, pilih opsi “Tidak Ada” pada pengaturan tersebut.

  • Terakhir Dilihat Berhasil Dimatikan

    Setelah Anda memilih opsi “Tidak Ada”, orang lain tidak akan dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp Business.

Dengan mematikan pengaturan “Terakhir Dilihat”, Anda dapat menjaga privasi Anda dan menghindari orang lain mengetahui kapan terakhir kali Anda menggunakan WhatsApp Business.

Matikan

Setelah mengatur pengaturan “Terakhir Dilihat”, langkah selanjutnya untuk menghilangkan tanda centang biru dan menjaga privasi Anda adalah dengan mematikan pengaturan tersebut. Berikut penjelasan detailnya:

  • Temukan Pengaturan Terakhir Dilihat

    Pada halaman pengaturan privasi, gulir ke bawah hingga Anda menemukan pengaturan “Terakhir Dilihat”. Pengaturan ini menentukan siapa saja yang dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp.

  • Pilih Tidak Ada

    Untuk mematikan pengaturan “Terakhir Dilihat”, pilih opsi “Tidak Ada”. Ini berarti tidak ada orang yang dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp Business.

  • Terakhir Dilihat Berhasil Dimatikan

    Setelah Anda memilih opsi “Tidak Ada”, pengaturan “Terakhir Dilihat” akan dimatikan. Orang lain tidak akan dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp Business.

  • Periksa Kembali Pengaturan

    Untuk memastikan bahwa pengaturan “Terakhir Dilihat” telah berhasil dimatikan, Anda dapat meminta seseorang untuk memeriksa apakah mereka dapat melihat waktu terakhir Anda aktif di WhatsApp Business. Jika mereka tidak dapat melihatnya, maka pengaturan tersebut telah berhasil dimatikan.

Dengan mematikan pengaturan “Terakhir Dilihat”, Anda dapat menjaga privasi Anda dan menghindari orang lain mengetahui kapan terakhir kali Anda menggunakan WhatsApp Business.

Restart Aplikasi

Setelah mematikan pengaturan “Terakhir Dilihat”, langkah terakhir untuk menghilangkan tanda centang biru dan menjaga privasi Anda adalah dengan me-restart aplikasi WhatsApp Business. Berikut penjelasan detailnya:

Restart aplikasi akan menutup semua proses WhatsApp Business yang berjalan di latar belakang dan memulainya kembali dari awal. Ini akan memastikan bahwa semua pengaturan baru yang Anda buat, termasuk mematikan tanda centang biru, diterapkan dengan benar.

Untuk me-restart aplikasi WhatsApp Business, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tutup aplikasi WhatsApp Business sepenuhnya. Di perangkat Android, Anda dapat melakukannya dengan membuka menu aplikasi terbaru dan menggeser kartu WhatsApp Business ke atas. Di iPhone, Anda dapat menutup aplikasi dengan menggesernya ke atas dari bagian bawah layar.
  2. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi benar-benar tertutup.
  3. Buka kembali aplikasi WhatsApp Business.

Setelah Anda me-restart aplikasi, pengaturan baru Anda akan diterapkan dan tanda centang biru akan hilang dari pesan yang Anda kirim. Penerima hanya akan melihat tanda centang abu-abu, menunjukkan bahwa pesan telah terkirim tetapi belum tentu dibaca.

Selesai

Setelah me-restart aplikasi WhatsApp Business, proses menghilangkan tanda centang biru telah selesai. Anda sekarang dapat mengirim pesan tanpa khawatir tanda centang biru akan muncul pada pesan tersebut, sehingga privasi Anda tetap terjaga.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah menghilangkan tanda centang biru:

  • Centang Biru Tidak Akan Muncul

    Tanda centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim, baik dalam obrolan pribadi maupun grup.

  • Penerima Hanya Melihat Tanda Centang Abu-abu

    Penerima hanya akan melihat tanda centang abu-abu pada pesan yang Anda kirim, menunjukkan bahwa pesan telah terkirim tetapi belum tentu dibaca.

  • Anda Juga Tidak Dapat Melihat Tanda Centang Biru

    Anda juga tidak akan dapat melihat tanda centang biru pada pesan yang dikirim oleh orang lain. Ini karena pengaturan Laporan Dibaca telah dimatikan untuk kedua belah pihak.

  • Privasi Anda Terjaga

    Dengan menghilangkan tanda centang biru, Anda dapat menjaga privasi Anda dan menghindari orang lain mengetahui kapan Anda membaca pesan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa mematikan tanda centang biru hanya berlaku untuk WhatsApp Business. Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp biasa, tanda centang biru masih akan muncul pada pesan yang Anda kirim.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan tanda centang biru di WA Business:

Pertanyaan 1: Mengapa saya tidak dapat menghilangkan tanda centang biru?
Jawaban: Pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini dengan benar. Jika Anda masih tidak dapat menghilangkan tanda centang biru, coba mulai ulang ponsel Anda atau perbarui aplikasi WhatsApp Business ke versi terbaru.

Pertanyaan 2: Apakah menghilangkan tanda centang biru akan memengaruhi pesan saya?
Jawaban: Tidak, menghilangkan tanda centang biru tidak akan memengaruhi pesan Anda. Pesan Anda akan tetap terkirim dan diterima oleh penerima, tetapi mereka tidak akan dapat melihat kapan Anda membaca pesan mereka.

Pertanyaan 3: Apakah saya masih dapat melihat tanda centang biru pada pesan orang lain?
Jawaban: Tidak, Anda juga tidak akan dapat melihat tanda centang biru pada pesan yang dikirim oleh orang lain. Ini karena pengaturan Laporan Dibaca telah dimatikan untuk kedua belah pihak.

Pertanyaan 4: Apakah menghilangkan tanda centang biru hanya berlaku untuk WhatsApp Business?
Jawaban: Ya, menghilangkan tanda centang biru hanya berlaku untuk WhatsApp Business. Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp biasa, tanda centang biru masih akan muncul pada pesan yang Anda kirim.

Pertanyaan 5: Apakah menghilangkan tanda centang biru akan membuat saya diblokir?
Jawaban: Tidak, menghilangkan tanda centang biru tidak akan membuat Anda diblokir. Memblokir adalah tindakan yang dilakukan oleh pengguna lain, dan tidak terkait dengan pengaturan Laporan Dibaca.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengembalikan tanda centang biru?
Jawaban: Untuk mengembalikan tanda centang biru, cukup ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini secara terbalik. Buka Pengaturan > Akun > Privasi, lalu aktifkan kembali pengaturan “Laporan Dibaca”.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan hubungi pusat bantuan WhatsApp Business untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan tanda centang biru di WA Business secara efektif:

Pastikan Anda Menggunakan WhatsApp Business
Tips pertama dan terpenting adalah memastikan Anda menggunakan aplikasi WhatsApp Business, bukan aplikasi WhatsApp biasa. Pengaturan Laporan Dibaca hanya tersedia di WhatsApp Business.

Matikan Laporan Dibaca untuk Semua Orang
Saat mematikan Laporan Dibaca, pastikan Anda memilih opsi “Tidak Ada” untuk pengaturan “Pesan Grup”. Ini akan memastikan bahwa tanda centang biru tidak muncul pada pesan yang Anda kirim dalam grup mana pun.

Matikan Terakhir Dilihat
Meskipun mematikan Terakhir Dilihat tidak secara langsung memengaruhi tanda centang biru, namun dapat membantu menjaga privasi Anda secara keseluruhan. Dengan mematikan Terakhir Dilihat, orang lain tidak akan dapat melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp Business.

Gunakan Fitur Balas Otomatis
Jika Anda sering menerima pesan di luar jam kerja atau saat Anda tidak ingin diganggu, Anda dapat menggunakan fitur Balas Otomatis di WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan otomatis ke pengirim saat Anda tidak dapat membalasnya secara langsung, sehingga mereka tahu bahwa Anda telah menerima pesan mereka tetapi belum sempat membacanya.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat secara efektif menghilangkan tanda centang biru di WA Business dan menjaga privasi Anda.

Kesimpulan

Menghilangkan tanda centang biru di WA Business adalah cara yang efektif untuk menjaga privasi Anda dan mengontrol siapa yang dapat melihat kapan Anda membaca pesan mereka. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah mematikan Laporan Dibaca dan mencegah tanda centang biru muncul pada pesan yang Anda kirim.

Selain mematikan Laporan Dibaca, Anda juga dapat menggunakan fitur seperti Balas Otomatis dan mematikan Terakhir Dilihat untuk lebih meningkatkan privasi Anda di WhatsApp Business. Dengan mengelola pengaturan privasi Anda dengan hati-hati, Anda dapat menjaga komunikasi bisnis Anda tetap profesional dan terkendali.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *