Cara Menghilangan Garis Bawah Garis


Cara Menghilangan Garis Bawah Garis

Garis bawah merah bergelombir pada Microsoft Word menunjukkan kemungkinan adanya masalah tata bahasa, ejaan, atau gaya. Garis bawah ini dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada teks Anda.

Jika Anda tidak ingin memeriksa tata bahasa dan ejaan saat menulis, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut. Anda juga dapat memilih untuk mengabaikan garis bawah untuk jenis masalah tertentu, sehingga Anda dapat fokus pada masalah yang lebih penting.

Secara default, garis bawah merah bergelombir akan muncul pada teks yang berpotensi bermasalah. Anda dapat menyesuaikan pengaturan untuk mengubah jenis masalah yang ditandai oleh garis bawah. Misalnya, Anda dapat memilih untuk mengabaikan garis bawah untuk masalah gaya atau saran revisi. Anda juga dapat mengubah warna garis bawah untuk membedakan jenis masalah yang berbeda.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word pada Macbook

Berikut adalah 7 cara untuk menghilangkan garis merah di Word pada Macbook:

  • Periksa ejaan dan tata bahasa
  • Tambahkan kata ke kamus
  • Ubah pengaturan bahasa
  • Nonaktifkan pemeriksaan otomatis
  • Sesuaikan pengaturan gaya
  • Lihat riwayat perubahan
  • Perbarui Word ke versi terbaru

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghilangkan garis merah yang mengganggu dan memastikan bahwa dokumen Anda bebas dari kesalahan.

Periksa ejaandanTata bahasa

Ketika Anda mengetik di Word pada macOS,;Word secara otomatis akan memeriksa ejaandan tata bahasa teks Anda.;Jika terjadi kesalahan,;garis bawah merah bergelombir akan muncul di bawah kata atau frasa yang bermasalah.;
Untuk Memperbaiki kesalahan,;Anda dapat mengarahkan kursor di atas kata yang digarisbawahi dan melihat saran yang muncul di menu kecil.;Anda kemudian dapat memilih untuk menerima saran tersebut dan memperbaikia kesalahan,;atau mengaborkannya jika Anda yakin kata atau frasa sudah di tepat.;
Anda juga dapat menonaktifkaan pemeriksaan ejaandan tata bahasa secara otomatis.;Untuk melakukan ini,;buka preferensi Word dan beralih ke tab “Proofing”;.;Kemudian,;hapus centang pada pilihan “Periksa ejaandan tata bahasa secara otomatis”. Namun,;harap dicatat bahwa menonaktifkaan pemeriksaan ini dapat menyebabkan kesalahan ejaandan tata bahasa yang tidak terdeteksi dalam dokumen Anda.;
Jika Anda ingin hanya mengaborkanspesialis jenis kesalahan,;Anda dapat melakukannya melalui preferensi Word juga.;Untuk melakukan ini,;buka tab “Proofing”; dan hapus centang opsi yang sesuai dengan jenis kesalahan yang ingin Anda abaikan,;misalnya,; “Jangan periksa ejaankata yang sudah ditambahkan di kamus”; atau “Jangan periksa gaya penulisan”;.;
Dengan memeriksa ejaandan tata bahasa secara hati hati,;Anda dapat memastikan bahwa dokumen Anda jelas,;dan mudah dibaca untuk Anda dan pembaca lain.;

Tambahkan Kata ke Kamus

Jika Word menggarisbawahi kata yang Anda tahu dieja dengan benar, Anda dapat Menambahkan kata tersebut ke kamus sehingga Word tidak akan menandainyasebagai kesalahan lagi.

  • Pilih kata yang digarisbawahi

    Arahkankursor Anda ke atas kata yang digarisbawahi dan klik panah kecil yang muncul.

  • Pilih “Tambahkan ke Kamus”

    Sebuah menu akan muncul. Pilih opsi “Tambahkan ke Kamus”.

  • Kata akan ditambahkan ke kamus

    Kata tersebut akan ditambahkan ke kamus Word dan tidak akan digarisbawahi lagi sebagai kesalahan.

  • Anda juga dapat Menambahkan kata ke kamus secara manual

    Buka menu “Alat” dan Pilih “Opsi”. Di tab “Pemeriksaan”, Klik tombol “Kamus Kustom”. Anda kemudian dapat Menambahkan kata ke kamus kustom ini.

Dengan Menambahkan kata ke kamus,;Anda dapat memastikan bahwa Word tidak menandainyasebagai kesalahan lagi,;sehingga menghilangkan garis bawah merah yang tidak diinginkan dari dokumen Anda.

Ubah Pengaturan Bahasa

Pengaturan bahasa Word dapat memengaruhi cara Word memeriksa ejaan dan tata bahasa teks Anda. Jika Anda menulis dokumen dalam bahasa selain bahasa default Word, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan bahasa untuk memastikan bahwa Word memeriksa kesalahan dengan benar.
Untuk mengubah pengaturan bahasa:
1. Buka menu “Alat” dan pilih “Bahasa”.
2. Di tab “Bahasa”, pilih bahasa yang ingin Anda gunakan dari menu tarik-turun “Bahasa Pengeditan”.
3. Klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
Setelah Anda mengubah pengaturan bahasa, Word akan memeriksa ejaan dan tata bahasa teks Anda menggunakan kamus dan aturan bahasa yang sesuai dengan bahasa yang Anda pilih. Ini akan membantu memastikan bahwa Word menandai kesalahan dengan benar dan memberikan saran koreksi yang sesuai.
Jika Anda menulis dokumen dalam beberapa bahasa, Anda dapat menambahkan beberapa bahasa ke daftar bahasa yang diedit. Ini akan memungkinkan Word untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa secara terpisah untuk setiap bahasa.
Untuk menambahkan bahasa ke daftar bahasa yang diedit:
1. Buka menu “Alat” dan pilih “Bahasa”.
2. Di tab “Bahasa”, klik tombol “Tambahkan”.
3. Pilih bahasa yang ingin Anda tambahkan dari menu tarik-turun “Bahasa Tambahan”.
4. Klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
Dengan mengubah pengaturan bahasa, Anda dapat memastikan bahwa Word memeriksa ejaan dan tata bahasa teks Anda dengan benar, terlepas dari bahasa yang Anda gunakan.

Nonaktifkan Pemeriksaan Otomatis

Pemeriksaan otomatis di Word dapat membantu Anda mengidentifikasi kesalahan saat Anda mengetik, tetapi terkadang dapat mengganggu jika Anda ingin menulis dengan cepat atau jika Anda yakin dengan ejaan dan tata bahasa Anda. Anda dapat menonaktifkan pemeriksaan otomatis untuk mematikan garis bawah merah dan saran koreksi.
Untuk menonaktifkan pemeriksaan otomatis:
1. Buka menu “Alat” dan pilih “Opsi”.
2. Di tab “Pemeriksaan”, hapus centang pada kotak “Periksa ejaan saat Anda mengetik”.
3. Klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
Setelah Anda menonaktifkan pemeriksaan otomatis, Word tidak akan lagi menggarisbawahi kesalahan ejaan atau tata bahasa saat Anda mengetik. Namun, Anda masih dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa secara manual dengan mengklik tombol “Periksa Ejaan dan Tata Bahasa” pada tab “Tinjau”.
Jika Anda hanya ingin menonaktifkan pemeriksaan otomatis untuk jenis kesalahan tertentu, Anda dapat melakukannya melalui tab “Pemeriksaan”. Misalnya, Anda dapat memilih untuk mengabaikan kesalahan ejaan atau kesalahan tata bahasa.
Untuk mengabaikan jenis kesalahan tertentu:
1. Buka menu “Alat” dan pilih “Opsi”.
2. Di tab “Pemeriksaan”, hapus centang pada kotak centang di samping jenis kesalahan yang ingin Anda abaikan.
3. Klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
Dengan menonaktifkan pemeriksaan otomatis, Anda dapat menulis dengan lebih cepat dan bebas dari gangguan garis bawah merah. Namun, penting untuk dicatat bahwa Anda harus lebih berhati-hati dalam memeriksa ejaan dan tata bahasa Anda sendiri.

Sesuaikan Pengaturan Gaya

Pengaturan gaya di Word memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan dokumen Anda, termasuk jenis dan ukuran font, warna, dan spasi. Terkadang, pengaturan gaya dapat menyebabkan Word menggarisbawahi teks Anda, bahkan jika tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa.
Untuk menyesuaikan pengaturan gaya:
1. Buka tab “Beranda” di pita.
2. Klik panah kecil di sudut kanan bawah grup “Gaya”.
3. Di menu Gaya, pilih “Opsi Gaya”.
4. Di kotak dialog Opsi Gaya, Anda dapat menyesuaikan berbagai pengaturan gaya, termasuk:
* Jenis dan ukuran font
* Warna font
* Spasi baris dan paragraf
* Penyelarasan teks
5. Setelah Anda selesai menyesuaikan pengaturan gaya, klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
Anda juga dapat membuat gaya kustom Anda sendiri untuk digunakan dalam dokumen Anda. Untuk membuat gaya kustom:
1. Pilih teks yang ingin Anda gunakan sebagai dasar gaya kustom.
2. Klik panah kecil di sudut kanan bawah grup “Gaya”.
3. Di menu Gaya, pilih “Buat Gaya”.
4. Di kotak dialog Buat Gaya Baru, masukkan nama untuk gaya kustom Anda dan klik tombol “OK”.
Setelah Anda membuat gaya kustom, gaya tersebut akan muncul di menu Gaya. Anda dapat menerapkan gaya kustom ke teks lain dalam dokumen Anda dengan memilih teks dan memilih gaya dari menu Gaya.
Dengan menyesuaikan pengaturan gaya, Anda dapat memastikan bahwa dokumen Anda memiliki tampilan yang profesional dan bebas dari garis bawah merah yang tidak diinginkan.

Lihat Riwayat Perubahan

Jika Anda telah membuat perubahan pada dokumen Anda dan garis merah muncul di bawah teks, Anda dapat menggunakan fitur Riwayat Perubahan untuk melihat apa yang telah berubah dan mengembalikan perubahan jika perlu.
Untuk melihat riwayat perubahan:
1. Klik tab “Tinjau” pada pita.
2. Klik tombol “Lacak Perubahan” di grup Pelacakan.
3. Pilih “Sorot Perubahan” dari menu tarik-turun.
Setelah Anda mengaktifkan pelacakan perubahan, Word akan mencatat semua perubahan yang Anda buat pada dokumen. Perubahan akan disorot dengan warna berbeda, tergantung pada jenis perubahannya. Misalnya, teks yang ditambahkan akan disorot dengan warna hijau, sedangkan teks yang dihapus akan disorot dengan warna merah.
Untuk meninjau perubahan:
1. Klik panah kecil di samping tombol “Lacak Perubahan”.
2. Pilih “Balon” dari menu tarik-turun.
Balon akan muncul di samping setiap perubahan, menunjukkan siapa yang membuat perubahan, kapan perubahan itu dibuat, dan jenis perubahan apa yang dilakukan.
Untuk menerima atau menolak perubahan:
1. Klik kanan pada balon.
2. Pilih “Terima Perubahan” atau “Tolak Perubahan” dari menu konteks.
Anda juga dapat menerima atau menolak semua perubahan sekaligus dengan mengklik tombol “Terima Semua Perubahan” atau “Tolak Semua Perubahan” pada tab “Tinjau”.
Dengan menggunakan fitur Riwayat Perubahan, Anda dapat melacak perubahan yang dilakukan pada dokumen Anda dan memastikan bahwa hanya perubahan yang Anda setujui yang disimpan.

Perbarui Word ke Versi Terbaru

Jika Anda masih mengalami masalah dengan garis merah di Word meskipun telah mencoba semua solusi di atas, Anda mungkin perlu memperbarui Word ke versi terbaru.

  • Periksa pembaruan

    Buka menu “Bantuan” dan pilih “Periksa Pembaruan”. Jika pembaruan tersedia, Word akan mengunduhnya dan menginstalnya secara otomatis.

  • Unduh pembaruan secara manual

    Jika pembaruan tidak tersedia melalui menu “Bantuan”, Anda dapat mengunduhnya secara manual dari situs web Microsoft.

  • Restart Word

    Setelah menginstal pembaruan, restart Word agar perubahan diterapkan.

  • Verifikasi bahwa masalah telah teratasi

    Buka dokumen yang sebelumnya memiliki garis merah dan periksa apakah garis merah telah hilang.

Memperbarui Word ke versi terbaru dapat memperbaiki bug dan masalah yang dapat menyebabkan garis merah muncul di dokumen Anda. Selalu disarankan untuk menggunakan versi terbaru Word untuk memastikan bahwa Anda memiliki fitur dan fungsionalitas terbaru.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara menghilangkan garis merah di Word pada Macbook:

Pertanyaan: Mengapa garis merah muncul di bawah teks saya di Word?
Jawaban: Garis merah di Word biasanya menunjukkan kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Pertanyaan: Bagaimana cara menghilangkan garis merah di Word?
Jawaban: Ada beberapa cara untuk menghilangkan garis merah di Word, termasuk memeriksa ejaan dan tata bahasa, menambahkan kata ke kamus, mengubah pengaturan bahasa, menonaktifkan pemeriksaan otomatis, menyesuaikan pengaturan gaya, melihat riwayat perubahan, dan memperbarui Word ke versi terbaru.

Pertanyaan: Bagaimana cara menonaktifkan pemeriksaan otomatis di Word?
Jawaban: Untuk menonaktifkan pemeriksaan otomatis di Word, buka menu “Alat” dan pilih “Opsi”. Di tab “Pemeriksaan”, hapus centang pada kotak “Periksa ejaan saat Anda mengetik”.

Pertanyaan: Bagaimana cara menambahkan kata ke kamus di Word?
Jawaban: Untuk menambahkan kata ke kamus di Word, pilih kata yang digarisbawahi, arahkan kursor ke atas kata tersebut, lalu klik “Tambahkan ke Kamus” pada menu yang muncul.

Pertanyaan: Bagaimana cara memperbarui Word ke versi terbaru?
Jawaban: Untuk memperbarui Word ke versi terbaru, buka menu “Bantuan” dan pilih “Periksa Pembaruan”. Jika pembaruan tersedia, Word akan mengunduhnya dan menginstalnya secara otomatis.

Pertanyaan: Saya sudah mencoba semua solusi di atas tetapi garis merah masih muncul. Apa yang harus saya lakukan?
Jawaban: Jika Anda telah mencoba semua solusi di atas dan garis merah masih muncul, Anda mungkin perlu menghubungi dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang cara menghilangkan garis merah di Word, silakan merujuk ke artikel di atas atau kunjungi situs web dukungan Microsoft.

Selain mengikuti langkah-langkah dalam FAQ di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan garis merah di Word:

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda menghilangkan garis merah di Word pada Macbook:

Gunakan kamus yang diperbarui. Word menggunakan kamus untuk memeriksa ejaan Anda. Pastikan Anda menggunakan kamus terbaru untuk menghindari garis merah pada kata-kata yang benar dieja.

Periksa pengaturan bahasa. Pastikan pengaturan bahasa di Word sesuai dengan bahasa dokumen Anda. Jika pengaturan bahasa salah, Word dapat menggarisbawahi kata-kata yang dieja dengan benar dalam bahasa lain.

Gunakan fitur “Temukan dan Ganti”. Anda dapat menggunakan fitur “Temukan dan Ganti” untuk menemukan dan mengganti kata-kata yang digarisbawahi dengan garis merah. Ini dapat berguna jika Anda memiliki banyak kata yang perlu dikoreksi.

Periksa ejaan dan tata bahasa secara manual. Meskipun Word memiliki fitur pemeriksaan ejaan dan tata bahasa otomatis, terkadang Anda mungkin perlu memeriksanya secara manual untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang terlewat.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghilangkan garis merah di Word dan memastikan bahwa dokumen Anda bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan garis merah di Word pada Macbook dan memastikan bahwa dokumen Anda terlihat profesional dan bebas dari kesalahan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai cara untuk menghilangkan garis merah di Word pada Macbook. Garis merah ini biasanya menunjukkan kesalahan ejaan atau tata bahasa, dan dapat mengganggu saat menulis dan mengedit dokumen.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan di atas, Anda dapat dengan mudah menghilangkan garis merah ini dan memastikan bahwa dokumen Anda bebas dari kesalahan. Beberapa poin utama yang perlu diingat meliputi:

  • Periksa ejaan dan tata bahasa secara menyeluruh.
  • Tambahkan kata ke kamus jika diperlukan.
  • Sesuaikan pengaturan bahasa sesuai dengan dokumen Anda.
  • Nonaktifkan pemeriksaan otomatis jika perlu.
  • Sesuaikan pengaturan gaya untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu.
  • Lihat riwayat perubahan untuk melacak dan menerima atau menolak perubahan.
  • Perbarui Word ke versi terbaru untuk perbaikan bug dan fitur terbaru.

Dengan mengikuti praktik terbaik ini, Anda dapat menulis dokumen yang jelas, bebas dari kesalahan, dan terlihat profesional. Garis merah di Word mungkin tampak merepotkan, tetapi dengan sedikit usaha, Anda dapat menghilangkannya dan meningkatkan kualitas tulisan Anda secara keseluruhan.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *