Cara Menghilangkan Icon di Taskbar Windows 11


Cara Menghilangkan Icon di Taskbar Windows 11

Taskbar merupakan bagian dari sistem operasi Windows yang menampilkan ikon-ikon aplikasi yang sedang berjalan atau yang baru saja digunakan. Pada Windows 11, taskbar hadir dengan sejumlah ikon default, seperti ikon Start, Search, Tugas, Widget, dan beberapa ikon aplikasi lainnya.

Meskipun ikon-ikon ini berguna untuk mengakses aplikasi dengan cepat, namun terkadang pengguna mungkin ingin menyembunyikan beberapa ikon tertentu untuk membuat taskbar lebih rapi dan tidak terlihat berantakan. Menghilangkan ikon di taskbar Windows 11 dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menghilangkan ikon di taskbar Windows 11:

Cara Menghilangkan Icon di Taskbar Windows 11

Berikut adalah 7 poin penting mengenai cara menghilangkan icon di taskbar Windows 11:

  • Klik kanan pada ikon
  • Pilih “Lepas dari taskbar”
  • Gunakan Registry Editor
  • Atur kebijakan grup
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
  • Sembunyikan ikon secara otomatis
  • Atur taskbar agar otomatis bersembunyi

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam poin-poin di atas, pengguna dapat dengan mudah menghilangkan ikon yang tidak diinginkan dari taskbar Windows 11 dan membuat tampilan taskbar lebih rapi dan efisien.

### Klik kanan pada ikon
Salah satu cara termudah untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11 adalah dengan mengklik kanan pada ikon yang ingin dihilangkan. Dari menu konteks yang muncul, pilih opsi “Lepas dari taskbar”. Ikon tersebut akan langsung dihapus dari taskbar.
Cara ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan ikon-ikon aplikasi yang jarang digunakan atau tidak lagi dibutuhkan. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bersifat sementara. Jika pengguna ingin menambahkan kembali ikon tersebut ke taskbar, pengguna perlu membuka aplikasi terkait dan menyematkannya ke taskbar secara manual.
Selain opsi “Lepas dari taskbar”, menu konteks juga menyediakan opsi lain yang terkait dengan ikon taskbar, seperti:
* **Sematkan ke taskbar:** Opsi ini digunakan untuk menyematkan ikon aplikasi ke taskbar agar mudah diakses.
* **Pindahkan:** Opsi ini digunakan untuk memindahkan ikon ke posisi lain di taskbar.
* **Ubah ukuran:** Opsi ini digunakan untuk mengubah ukuran ikon, baik memperbesar atau memperkecil.
* **Tampilkan teks ikon:** Opsi ini digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan teks di bawah ikon.
Dengan memahami berbagai opsi yang tersedia pada menu konteks ikon taskbar, pengguna dapat menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas taskbar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Selain cara di atas, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Cara-cara tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

### Pilih “Lepas dari taskbar”
Opsi “Lepas dari taskbar” pada menu konteks ikon taskbar berfungsi untuk menghilangkan ikon tersebut dari taskbar. Saat opsi ini dipilih, ikon yang dipilih akan langsung dihapus dari taskbar dan tidak lagi terlihat.
Cara ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan ikon-ikon aplikasi yang jarang digunakan atau tidak lagi dibutuhkan. Misalnya, pengguna dapat menghilangkan ikon aplikasi yang sudah di-uninstall atau ikon aplikasi yang jarang dibuka.
Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bersifat sementara. Jika pengguna ingin menambahkan kembali ikon tersebut ke taskbar, pengguna perlu membuka aplikasi terkait dan menyematkannya ke taskbar secara manual.
Selain itu, opsi “Lepas dari taskbar” juga dapat digunakan untuk menghilangkan ikon aplikasi yang dikelompokkan bersama dalam bentuk flyout. Flyout adalah menu yang berisi beberapa ikon aplikasi yang terkait. Untuk menghilangkan ikon aplikasi dari flyout, pengguna dapat mengklik kanan pada ikon aplikasi tersebut dan memilih opsi “Lepas dari taskbar”.
Dengan memahami fungsi dan cara menggunakan opsi “Lepas dari taskbar”, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas taskbar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Selain cara di atas, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Cara-cara tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

### Gunakan Registry Editor
Registry Editor adalah alat yang disediakan oleh Windows untuk mengelola pengaturan sistem yang tersimpan dalam registry. Registry berisi berbagai informasi dan pengaturan yang mengontrol berbagai aspek sistem operasi, termasuk pengaturan taskbar.
Untuk menghilangkan ikon dari taskbar menggunakan Registry Editor, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
* Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.
* Ketik “regedit” dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
* Navigasi ke kunci registri berikut: `HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband`
* Pada panel sebelah kanan, cari nilai registri bernama “IconStreams” dan “IconStreams_CPL”.
* Klik kanan pada nilai “IconStreams” dan pilih “Hapus”.
* Klik kanan pada nilai “IconStreams_CPL” dan pilih “Hapus”.
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, tutup Registry Editor dan restart komputer. Ikon-ikon yang sebelumnya disembunyikan akan muncul kembali di taskbar.
Perlu diingat bahwa Registry Editor adalah alat yang sangat sensitif. Pengguna harus berhati-hati saat membuat perubahan pada registry, karena kesalahan dapat menyebabkan masalah sistem. Jika pengguna tidak yakin dengan langkah-langkah di atas, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi komputer yang berpengalaman.

Selain cara di atas, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Cara-cara tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

### Atur kebijakan grup
Kebijakan grup adalah fitur di Windows yang memungkinkan administrator untuk mengelola pengaturan sistem dan pengguna pada komputer yang terhubung ke domain. Kebijakan grup juga dapat digunakan untuk mengelola pengaturan taskbar, termasuk menghilangkan ikon dari taskbar.
Untuk menghilangkan ikon dari taskbar menggunakan kebijakan grup, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
* Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.
* Ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter untuk membuka Editor Kebijakan Grup.
* Navigasi ke jalur berikut: `Konfigurasi Pengguna\Template Administratif\Start Menu dan Taskbar`
* Pada panel sebelah kanan, cari kebijakan bernama “Hapus ikon dan pemberitahuan sistem”.
* Klik dua kali pada kebijakan tersebut untuk membuka jendela pengaturan.
* Pilih opsi “Diaktifkan” dan klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, tutup Editor Kebijakan Grup dan restart komputer. Ikon-ikon yang sebelumnya disembunyikan akan muncul kembali di taskbar.
Perlu diingat bahwa kebijakan grup hanya tersedia pada edisi Windows 11 Pro dan Enterprise. Jika pengguna menggunakan edisi Windows 11 Home, mereka tidak dapat menggunakan metode ini untuk menghilangkan ikon dari taskbar.

Selain cara di atas, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Cara-cara tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

### Gunakan aplikasi pihak ketiga
Selain metode bawaan Windows, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia yang menawarkan fitur untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas taskbar, termasuk menghilangkan ikon.
Beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar antara lain:
* **7+ Taskbar Tweaker:** Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur kustomisasi taskbar, termasuk kemampuan untuk menghilangkan ikon dari taskbar.
* **TaskbarX:** Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan perilaku taskbar, termasuk menghilangkan ikon dari taskbar.
* **StartIsBack++:** Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas menu Start dan taskbar, termasuk menghilangkan ikon dari taskbar.
Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan ikon dari taskbar, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
* Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang diinginkan.
* Buka aplikasi dan cari pengaturan yang terkait dengan taskbar.
* Cari opsi untuk menghilangkan ikon dari taskbar dan aktifkan opsi tersebut.
* Simpan perubahan dan tutup aplikasi.
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, ikon-ikon yang sebelumnya disembunyikan akan muncul kembali di taskbar.
Perlu diingat bahwa aplikasi pihak ketiga dapat memiliki fitur dan antarmuka yang berbeda-beda. Pengguna disarankan untuk membaca dokumentasi aplikasi dengan cermat sebelum menggunakannya.

Selain cara di atas, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Cara-cara tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

### Sembunyikan ikonsecara
Selain menyembunyikan ikon dari taskbar, pengguna juga dapat menyembunyikan ikon tertentu yang tidak diinginkan dari taskbar. Cara ini cocok digunakan untuk ikon aplikasi yang sering digunakan, namun pengguna tidak ingin ikon tersebut selalu terlihat di taskbar.
Untuk menyembunyikan ikon tertentu dari taskbar, pengguna dapat mengikuti langkah- langkah berikut:
* Klik kanan pada ikon aplikasi yang ingin dihapus dari taskbar.
* Pada menu konn teks, pilih “Lepas dari taskbar”.
* Klik kanan pada area di taskbar di dekat ikon aplikasi yang ingin ditampilkan.
* Pada menu konn teks, pilih “Sematkan ke taskbar”.
Dengan mengikuti langkah- langkah di a tas, pengguna dapat menyembunyikan ikon tertentu dari taskbar. Ikon tersebut akan tetap ada di taskbar, namun dalam kondisi tersembunyi. Ikon tersebut akan muncul kembali di taskbar ketika pengguna mengar arahkan kursor mouse ke ikon tersebut.
Cara ini cocok digunakan untuk ikon aplikasi yang sering digunakan, namun pengguna tidak ingin ikon tersebut selalu terlihat di taskbar. Dengan menyembunyikan ikon, pengguna dapat menjaga taskbar tetap rapi dan tidak terlihat beran tukan.

Selain cara di a tas, terdapat bebera pa cara lain yang dapat digunakan untuk menyembunyikan ikon dari taskbar Windows 11. Cara- cara tersebut ak an diba has pada bagian selan jutnya.

### Atur taskbar agar otomatis bersembunyi
Selain menyembunyikan ikon dari taskbar, pengguna juga dapat mengatur taskbar agar otomatis bersembunyi ketika tidak digunakan. Cara ini cocok digunakan untuk pengguna yang ingin memaksimalkan ruang layar dan membuat desktop terlihat lebih rapi.
Untuk mengatur taskbar agar otomatis bersembunyi, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
* Klik kanan pada taskbar.
* Pada menu konteks, pilih “Pengaturan taskbar”.
* Pada jendela pengaturan taskbar, aktifkan opsi “Sembunyikan taskbar secara otomatis”.
Setelah opsi tersebut diaktifkan, taskbar akan otomatis bersembunyi ketika pengguna mengarahkan kursor mouse ke bagian atas layar. Taskbar akan muncul kembali ketika pengguna menggerakkan kursor mouse ke bagian bawah layar.
Cara ini cocok digunakan untuk pengguna yang memiliki layar yang kecil atau yang ingin memaksimalkan ruang layar. Dengan mengatur taskbar agar otomatis bersembunyi, pengguna dapat membuat desktop terlihat lebih rapi dan memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja.

Demikianlah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan ikon dari taskbar Windows 11. Pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Dengan menghilangkan ikon yang tidak diinginkan dari taskbar, pengguna dapat membuat taskbar terlihat lebih rapi dan tidak terlihat berantakan.

FAQ

**Seputar Menghil juc Icon di Taskbar Windows**

問:** Apakah ada cara lain untuk menyembunyi idi iconos a ?**
Jawab:** Selain menggun atau menu konteks atau pengaturan taskbar , ya a juga dapat menggun kan aplikas i ketiga atau mengubah pengaturan reg is pada Editor Reg is untuk menyembunyi dikon pada Task bar Windows.**
問:** Bisakah y a menyembunyi di icon yang pen ting lagi ad a di taskbar ? **
Jawab:** Ya a dapat mengun gkan pengaturan tugas bar “Combine labled icons buttons on the tas kbar to save space ” untuk menggabung ka icon yang sama dan menghemat tempat pada taskbar .**
問:** Di man akah y a dapat mengubah penimpat an icon pada tas kbar ? **
Jawab:** Ya a dapat mengubah penimpat an icon pada tugas bar dengan mengump link menu Kontext “Toolbar ” dan mengun gkan menu ” Tas kbar location .”**
問:** Bagaiman a y a dapat memindah kan pemisah tas kbar ?**
Jawab:** Ya a dapat mengump link menu Kontext ” Tas kbar ” dan mengun gkan pengaturan ” Pemisah Panel ” pada group ” TASKB AR ” untuk mengun gkan pengaturan pad a pemisah tas kbar.**
問:** Oleh karen a ico b tidak dapat dihil angka , y a dapat menggun kan apli kasi ketiga untuk mengun gkannya.**
Jawab:** Ya a dapat menggun kan aplikas i ketig a seperti ” Tas kbarja ” atau ” Tas kbar Tuchless ” yang tersedia di Toko Wind ows untuk menyembunyi di ico b tidak dapat dihil angka .**
問:** Bagaiman a y a dapat mengubah tema tas kbar ? **
Jawab:** Ya a dapat mengun gkan pengaturan ” Priba disasi ” di pengaturan ” Tas kbar ” atau mengump link menu Kontext pada ” Tas kbar ” dan mengun gkan pengaturan ” Tem a Tas kbar ” pada group ” Tas kbar .**
問:** Bisakah y a mengubah war na latar tas kbar ?**
Jawab:** Ya a dapat mengubah war na lat ar Tas kbar dengan menyuntik kan reg is dengan tool kegiatis an.**
### Tips
**Tips Menghilangkan Ikon di Taskbar Windows 11**

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk menghilangkan ikon di taskbar Windows 11:

1. **Gunakan pintasan:** Untuk dengan cepat menyembunyikan atau menampilkan ikon di taskbar, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard **Windows + B**. Pintasan ini akan langsung menyembunyikan atau menampilkan taskbar.
2. **Kelompokkan ikon:** Untuk menjaga taskbar tetap rapi, Anda dapat mengelompokkan ikon yang serupa bersama-sama. Untuk mengelompokkan ikon, cukup seret dan jatuhkan satu ikon ke ikon lainnya. Ikon yang dikelompokkan akan muncul sebagai satu kelompok di taskbar.
3. **Sembunyikan ikon yang jarang digunakan:** Jika ada ikon di taskbar yang jarang Anda gunakan, Anda dapat menyembunyikannya secara otomatis. Untuk menyembunyikan ikon, klik kanan pada ikon tersebut dan pilih “Sembunyikan secara otomatis saat bilah tugas penuh”.
4. **Gunakan aplikasi pihak ketiga:** Jika Anda ingin lebih banyak kontrol atas taskbar, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan perilaku taskbar, termasuk menghilangkan ikon.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan ikon yang tidak diinginkan dari taskbar Windows 11 dan membuat taskbar lebih rapi dan efisien.

Demikianlah beberapa cara dan tips untuk menghilangkan ikon di taskbar Windows 11. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menyesuaikan taskbar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, sehingga membuat pengalaman pengguna Anda lebih nyaman dan efisien.

Kesimpulan

Menghilangkan ikon di taskbar Windows 11 dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan menu konteks ikon atau pengaturan taskbar. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau mengubah pengaturan registri untuk menyembunyikan ikon dari taskbar.
Selain menghilangkan ikon, pengguna juga dapat mengatur taskbar agar otomatis bersembunyi ketika tidak digunakan. Cara ini cocok untuk pengguna yang ingin memaksimalkan ruang layar dan membuat desktop terlihat lebih rapi.
Dengan mengikuti panduan dalam artikel ini, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan taskbar Windows 11 sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Taskbar yang rapi dan efisien akan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih nyaman dan produktif.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *