Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung J7 Prime


Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung J7 Prime

Iklan yang muncul secara tiba-tiba di ponsel Samsung J7 Prime dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan perangkat. Iklan ini biasanya muncul pada aplikasi tertentu, seperti game atau aplikasi gratis, yang menampilkan konten iklan berupa spanduk, video, atau pop-up.

Munculnya iklan pada ponsel disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aplikasi yang diunduh dari sumber tidak resmi, koneksi internet yang tidak aman, atau pengaturan sistem yang tidak tepat. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan iklan di HP Samsung J7 Prime.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung J7 Prime

Berikut 9 langkah penting untuk menghilangkan iklan di HP Samsung J7 Prime:

  • Nonaktifkan aplikasi mencurigakan
  • Hapus aplikasi tidak resmi
  • Gunakan browser dengan pemblokir iklan
  • Aktifkan Mode Hemat Data
  • Gunakan VPN
  • Hapus data dan cache aplikasi
  • Perbarui sistem operasi
  • Lakukan reset pabrik
  • Hubungi layanan pelanggan Samsung

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengguna dapat menghilangkan iklan yang mengganggu dan menikmati pengalaman menggunakan ponsel Samsung J7 Prime yang lebih nyaman.

Nonaktifkan Aplikasi Mencurigakan

Salah satu cara efektif menghilangkan iklan di HP Samsung J7 Prime adalah menonaktifkan aplikasi mencurigakan. Aplikasi mencurigakan adalah aplikasi yang meminta izin tidak wajar, memiliki reputasi buruk, atau mengonsumsi banyak data dan baterai.

Untuk menonaktifkan aplikasi mencurigakan, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Aplikasi.
  3. Gulir daftar aplikasi yang terinstal dan cari aplikasi mencurigakan.
  4. Ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi Nonaktifkan.

Setelah aplikasi mencurigakan dinonaktifkan, iklan yang muncul pada aplikasi tersebut akan hilang. Jika pengguna tidak yakin apakah suatu aplikasi mencurigakan atau tidak, disarankan untuk melakukan riset atau membaca ulasan pengguna lain sebelum menonaktifkan aplikasi tersebut.

Selain menonaktifkan aplikasi mencurigakan, pengguna juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi atau diunduh dari sumber yang tidak resmi. Aplikasi-aplikasi tersebut berpotensi menampilkan iklan atau menjadi celah bagi malware untuk masuk ke ponsel.

Hapus Aplikasi Tidak Resmi

Aplikasi tidak resmi adalah aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store atau diunduh dari sumber yang tidak terpercaya. Aplikasi-aplikasi tersebut berpotensi berisi malware atau adware yang menampilkan iklan secara berlebihan.

Untuk menghapus aplikasi tidak resmi, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Aplikasi.
  3. Gulir daftar aplikasi yang terinstal dan cari aplikasi tidak resmi.
  4. Ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi Hapus instalan.

Beberapa aplikasi tidak resmi mungkin tidak dapat dihapus secara langsung. Untuk menghapus aplikasi tersebut, pengguna perlu mengaktifkan mode Opsi pengembang pada ponsel. Caranya adalah dengan membuka menu Pengaturan, memilih opsi Tentang ponsel, dan mengetuk nomor Build number sebanyak tujuh kali.

Setelah mode Opsi pengembang aktif, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus aplikasi tidak resmi:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih opsi Opsi pengembang.
  3. Aktifkan opsi USB debugging.
  4. Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Buka command prompt atau terminal pada komputer.
  6. Ketik perintah berikut: adb uninstall nama-paket-aplikasi

Ganti nama-paket-aplikasi dengan nama paket aplikasi tidak resmi yang ingin dihapus. Nama paket aplikasi dapat ditemukan pada halaman detail aplikasi di Google Play Store atau dengan menggunakan perintah adb shell pm list packages pada command prompt.

Gunakan Browser dengan Pemblokir Iklan

Browser dengan pemblokir iklan dapat membantu menghilangkan iklan yang muncul pada situs web dan aplikasi. Pemblokir iklan bekerja dengan memblokir permintaan iklan yang dikirim oleh situs web atau aplikasi, sehingga iklan tidak dapat ditampilkan.

Berikut adalah beberapa browser dengan pemblokir iklan yang dapat digunakan pada HP Samsung J7 Prime:

  • Brave Browser: Browser ini memiliki pemblokir iklan bawaan yang dapat memblokir iklan, pelacak, dan malware.
  • Firefox dengan ekstensi uBlock Origin: Firefox adalah browser yang dapat digunakan dengan ekstensi uBlock Origin untuk memblokir iklan secara efektif.
  • Opera Browser dengan pemblokir iklan bawaan: Opera Browser memiliki pemblokir iklan bawaan yang dapat diaktifkan pada pengaturan browser.
  • Adblock Browser: Browser ini khusus dirancang untuk memblokir iklan dan memiliki fitur tambahan seperti pemblokir pelacak dan perlindungan privasi.

Untuk menggunakan browser dengan pemblokir iklan, pengguna dapat mengunduh dan menginstal browser tersebut dari Google Play Store. Setelah terinstal, pengguna dapat mengaktifkan pemblokir iklan pada pengaturan browser. Pemblokir iklan akan bekerja secara otomatis dan memblokir iklan yang muncul pada situs web dan aplikasi yang diakses melalui browser tersebut.

Aktifkan Mode Hemat Data

Mode Hemat Data adalah fitur pada HP Samsung J7 Prime yang dapat membantu mengurangi konsumsi data internet. Saat Mode Hemat Data diaktifkan, ponsel akan membatasi penggunaan data latar belakang untuk aplikasi dan layanan yang tidak penting.

Dengan mengaktifkan Mode Hemat Data, pengguna dapat mengurangi jumlah iklan yang muncul pada ponsel. Hal ini karena iklan biasanya dimuat dari server jarak jauh melalui internet. Dengan membatasi penggunaan data latar belakang, Mode Hemat Data dapat mencegah aplikasi dan layanan yang menampilkan iklan untuk mengunduh iklan tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Mode Hemat Data pada HP Samsung J7 Prime:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Koneksi.
  3. Ketuk opsi Penggunaan data.
  4. Aktifkan opsi Mode Hemat Data.

Setelah Mode Hemat Data diaktifkan, pengguna dapat memantau penggunaan data pada ponsel melalui menu Penggunaan data. Pengguna dapat melihat aplikasi dan layanan mana yang menggunakan data terbanyak dan membatasi penggunaan data untuk aplikasi tersebut jika diperlukan.

Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi jaringan yang aman dan terenkripsi melalui jaringan publik, seperti internet. VPN bekerja dengan merutekan lalu lintas internet pengguna melalui server VPN, sehingga alamat IP dan lokasi sebenarnya pengguna tersembunyi.

Menggunakan VPN dapat membantu menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime dengan cara berikut:

  • Memblokir iklan berbasis lokasi: Beberapa iklan ditargetkan berdasarkan lokasi pengguna. Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat mengubah lokasi virtualnya dan memblokir iklan yang menargetkan lokasi tertentu.
  • Menghindari pelacakan iklan: VPN dapat mencegah pengiklan melacak aktivitas online pengguna dan menampilkan iklan yang relevan. Hal ini karena VPN mengenkripsi lalu lintas internet pengguna, sehingga pengiklan tidak dapat melihat situs web yang dikunjungi atau aplikasi yang digunakan.

Untuk menggunakan VPN pada HP Samsung J7 Prime, pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi VPN dari Google Play Store. Ada banyak aplikasi VPN gratis dan berbayar yang tersedia, seperti NordVPN, ExpressVPN, dan ProtonVPN.

Setelah aplikasi VPN terinstal, pengguna dapat membuka aplikasi tersebut dan memilih server VPN yang ingin digunakan. Setelah terhubung ke server VPN, lalu lintas internet pengguna akan dirutekan melalui server tersebut dan iklan yang tidak diinginkan dapat diblokir.

Hapus Data dan Cache Aplikasi

Aplikasi yang terinstal pada HP Samsung J7 Prime dapat menyimpan data dan cache, yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan yang dipersonalisasi. Menghapus data dan cache aplikasi dapat membantu menghilangkan iklan tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus data dan cache aplikasi pada HP Samsung J7 Prime:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Aplikasi.
  3. Gulir daftar aplikasi yang terinstal dan pilih aplikasi yang ingin dihapus datanya.
  4. Ketuk opsi Penyimpanan.
  5. Ketuk tombol Hapus data dan Hapus cache.

Dengan menghapus data dan cache aplikasi, pengguna dapat menghapus informasi yang digunakan untuk menampilkan iklan yang dipersonalisasi. Namun, perlu diingat bahwa menghapus data aplikasi juga akan menghapus semua data pengguna yang tersimpan dalam aplikasi tersebut, seperti pengaturan, akun, dan kemajuan permainan.

Perbarui Sistem Operasi

Sistem operasi yang kedaluwarsa dapat berisi celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengiklan untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan. Memperbarui sistem operasi ke versi terbaru dapat menutup celah keamanan tersebut dan mencegah iklan muncul.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memperbarui sistem operasi dapat membantu menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime:

  • Menutup celah keamanan: Pembaruan sistem operasi biasanya mencakup perbaikan keamanan yang menutup celah yang dapat dimanfaatkan oleh pengiklan untuk menampilkan iklan.
  • Memperbaiki bug: Pembaruan sistem operasi dapat memperbaiki bug yang menyebabkan iklan muncul secara berlebihan atau tidak pada tempatnya.
  • Menambahkan fitur baru: Pembaruan sistem operasi dapat menambahkan fitur baru yang membantu pengguna mengontrol iklan, seperti pemblokir iklan bawaan atau peningkatan privasi.

Untuk memperbarui sistem operasi pada HP Samsung J7 Prime, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Pembaruan perangkat lunak.
  3. Ketuk tombol Unduh dan instal.

Jika pembaruan sistem operasi tersedia, ponsel akan mengunduhnya dan menginstalnya secara otomatis. Setelah pembaruan selesai, pengguna dapat me-restart ponsel dan memeriksa apakah iklan masih muncul.

Lakukan Reset Pabrik

Reset pabrik adalah opsi terakhir yang dapat dilakukan untuk menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime. Reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan pada ponsel, termasuk aplikasi, akun, dan file. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat cadangan data penting sebelum melakukan reset pabrik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa reset pabrik dapat membantu menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime:

  • Menghapus aplikasi berbahaya: Reset pabrik akan menghapus semua aplikasi yang terinstal pada ponsel, termasuk aplikasi berbahaya yang mungkin menampilkan iklan secara berlebihan.
  • Mengembalikan pengaturan default: Reset pabrik akan mengembalikan semua pengaturan ponsel ke pengaturan default, termasuk pengaturan yang terkait dengan iklan.
  • Membersihkan cache dan data: Reset pabrik akan menghapus semua cache dan data pada ponsel, termasuk data yang digunakan oleh pengiklan untuk menampilkan iklan yang dipersonalisasi.

Untuk melakukan reset pabrik pada HP Samsung J7 Prime, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  2. Pilih opsi Cadangkan dan setel ulang.
  3. Ketuk opsi Reset data pabrik.
  4. Baca peringatan yang muncul dan ketuk tombol Setel ulang ponsel.
  5. Masukkan kunci layar atau kata sandi ponsel jika diminta.

Proses reset pabrik akan memakan waktu beberapa menit. Setelah selesai, ponsel akan di-restart dan semua data dan pengaturan akan dihapus.

Hubungi Layanan Pelanggan Samsung

Jika semua cara di atas tidak berhasil menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime, pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan Samsung. Layanan pelanggan Samsung dapat memberikan bantuan teknis dan dukungan untuk mengatasi masalah terkait iklan pada ponsel.

Berikut adalah cara menghubungi layanan pelanggan Samsung:

  • Melalui telepon: Pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan Samsung melalui telepon di nomor 0800-112-8888 (bebas pulsa).
  • Melalui email: Pengguna dapat mengirim email ke layanan pelanggan Samsung di alamat [email protected]
  • Melalui live chat: Pengguna dapat mengobrol langsung dengan layanan pelanggan Samsung melalui live chat di situs web Samsung.

Saat menghubungi layanan pelanggan Samsung, pengguna perlu memberikan informasi berikut:

  • Model ponsel
  • Versi sistem operasi
  • Jenis iklan yang muncul
  • Langkah-langkah yang telah dilakukan untuk menghilangkan iklan

Layanan pelanggan Samsung akan membantu pengguna mendiagnosis masalah dan memberikan solusi untuk menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime:

Question 1: Mengapa iklan muncul pada HP Samsung J7 Prime saya?
Answer 1: Iklan dapat muncul pada HP Samsung J7 Prime karena berbagai alasan, seperti aplikasi yang diunduh dari sumber tidak resmi, koneksi internet yang tidak aman, atau pengaturan sistem yang tidak tepat.

Question 2: Bagaimana cara menghilangkan iklan yang muncul pada aplikasi tertentu?
Answer 2: Untuk menghilangkan iklan yang muncul pada aplikasi tertentu, pengguna dapat menonaktifkan aplikasi tersebut atau menghapus aplikasi dari ponsel.

Question 3: Bagaimana cara memblokir iklan yang muncul pada browser?
Answer 3: Pengguna dapat memblokir iklan yang muncul pada browser dengan menggunakan browser dengan pemblokir iklan, seperti Brave Browser atau Firefox dengan ekstensi uBlock Origin.

Question 4: Bagaimana cara mencegah iklan dipersonalisasi?
Answer 4: Pengguna dapat mencegah iklan dipersonalisasi dengan menghapus data dan cache aplikasi, memperbarui sistem operasi, atau menggunakan VPN.

Question 5: Apa yang harus dilakukan jika semua cara di atas tidak berhasil menghilangkan iklan?
Answer 5: Jika semua cara di atas tidak berhasil menghilangkan iklan, pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan Samsung untuk mendapatkan bantuan teknis dan dukungan.

Question 6: Apakah ada cara untuk menghilangkan iklan secara permanen?
Answer 6: Tidak ada cara yang dapat menjamin akan menghilangkan iklan secara permanen. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, pengguna dapat mengurangi jumlah iklan yang muncul pada HP Samsung J7 Prime mereka.

Dengan mengikuti tips dan langkah-langkah yang diuraikan di atas, pengguna dapat menghilangkan iklan yang mengganggu dan menikmati pengalaman menggunakan HP Samsung J7 Prime yang lebih nyaman.

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghilangkan iklan pada HP Samsung J7 Prime:

Gunakan aplikasi antivirus: Aplikasi antivirus dapat membantu mendeteksi dan memblokir aplikasi berbahaya yang menampilkan iklan secara berlebihan.

Hindari penggunaan aplikasi dari sumber yang tidak resmi: Aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak resmi berpotensi mengandung malware atau adware yang menampilkan iklan.

Batasi akses internet untuk aplikasi tertentu: Pengguna dapat membatasi akses internet untuk aplikasi tertentu melalui menu Pengaturan > Koneksi > Penggunaan data > Pembatasan data aplikasi.

Gunakan aplikasi penghemat baterai: Aplikasi penghemat baterai dapat membantu mengurangi konsumsi data dan mencegah iklan dimuat.

Dengan mengikuti tips ini, pengguna dapat lebih lanjut mengurangi jumlah iklan yang muncul pada HP Samsung J7 Prime mereka dan menikmati pengalaman menggunakan ponsel yang lebih nyaman.

Kesimpulan

Iklan yang muncul pada HP Samsung J7 Prime dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, pengguna dapat menghilangkan iklan tersebut dan menikmati pengalaman menggunakan ponsel yang lebih nyaman.

Poin-poin utama yang perlu diingat adalah:

  • Iklan pada HP Samsung J7 Prime dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aplikasi berbahaya, koneksi internet yang tidak aman, atau pengaturan sistem yang tidak tepat.
  • Pengguna dapat menghilangkan iklan dengan menonaktifkan atau menghapus aplikasi mencurigakan, menghapus aplikasi tidak resmi, menggunakan browser dengan pemblokir iklan, mengaktifkan Mode Hemat Data, menggunakan VPN, menghapus data dan cache aplikasi, memperbarui sistem operasi, atau melakukan reset pabrik.
  • Selain itu, pengguna dapat mengikuti tips seperti menggunakan aplikasi antivirus, menghindari penggunaan aplikasi dari sumber tidak resmi, membatasi akses internet untuk aplikasi tertentu, dan menggunakan aplikasi penghemat baterai untuk lebih lanjut mengurangi jumlah iklan yang muncul.

Dengan menerapkan langkah-langkah dan tips tersebut, pengguna dapat menghilangkan iklan yang mengganggu dan mendapatkan pengalaman menggunakan HP Samsung J7 Prime yang lebih optimal.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *