Cara Menghilangkan Iklan di YouTube Gratis


Cara Menghilangkan Iklan di YouTube Gratis

Iklan di YouTube bisa sangat mengganggu pengalaman menonton. Terutama jika iklannya muncul secara tiba-tiba atau berulang kali. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan di YouTube secara gratis.

Menghilangkan iklan di YouTube tanpa membayar memang memerlukan beberapa upaya tambahan. Namun, dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati video tanpa gangguan iklan tanpa harus merogoh kocek.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan iklan di YouTube secara gratis:

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube Gratis

Menonton video tanpa iklan di YouTube sangat mungkin dilakukan tanpa berlangganan YouTube Premium. Berikut adalah 10 cara menghilangkan iklan di YouTube gratis:

  • Gunakan ekstensi browser
  • Pakai aplikasi pihak ketiga
  • Ubah pengaturan DNS
  • Gunakan Smart TV atau perangkat streaming
  • Tonton video di mode penyamaran
  • Gunakan YouTube Vanced (Android)
  • Gunakan situs web pihak ketiga
  • Tonton video pendek
  • Berlangganan YouTube Music
  • Tonton video yang diunggah sebelum tahun 2018

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat menikmati video YouTube tanpa gangguan iklan secara gratis.

Gunakan ekstensi browser

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan iklan di YouTube secara gratis adalah dengan menggunakan ekstensi browser. Ekstensi ini dirancang untuk memblokir iklan pada halaman web, termasuk iklan di YouTube.

  • AdBlock

    AdBlock adalah salah satu ekstensi pemblokir iklan paling populer untuk browser Chrome, Firefox, dan Safari. Ekstensi ini memblokir semua jenis iklan, termasuk iklan di YouTube.

  • uBlock Origin

    uBlock Origin adalah ekstensi pemblokir iklan lain yang sangat efektif. Ekstensi ini tidak hanya memblokir iklan, tetapi juga melindungi privasi Anda dengan memblokir pelacak dan malware.

  • YouTube AdBlocker

    YouTube AdBlocker adalah ekstensi yang dirancang khusus untuk memblokir iklan di YouTube. Ekstensi ini sangat ringan dan tidak akan memperlambat browser Anda.

  • SponsorBlock

    SponsorBlock adalah ekstensi yang tidak hanya memblokir iklan di YouTube, tetapi juga bagian video yang disponsori. Ekstensi ini menggunakan crowdsourcing untuk mengidentifikasi dan melewatkan bagian yang disponsori.

Untuk menggunakan ekstensi pemblokir iklan, Anda cukup menginstalnya dari toko ekstensi browser Anda. Setelah diinstal, ekstensi akan secara otomatis memblokir iklan di YouTube dan situs web lainnya.

Pakai aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan ekstensi browser, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan iklan di YouTube. Aplikasi ini biasanya dirancang khusus untuk memblokir iklan di YouTube, sehingga sangat efektif dalam menghilangkan gangguan iklan.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • NewPipe
    NewPipe adalah aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda menonton video YouTube tanpa iklan, dan juga memungkinkan Anda mengunduh video untuk ditonton secara offline.
  • YouTube Vanced
    YouTube Vanced adalah aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk Android. Aplikasi ini merupakan versi modifikasi dari aplikasi YouTube resmi, dengan fitur tambahan seperti pemblokiran iklan, pemutaran latar belakang, dan banyak lagi.
  • Pure Tuber
    Pure Tuber adalah aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan Anda menonton video YouTube tanpa iklan, dan juga memungkinkan Anda mengontrol kecepatan pemutaran dan kualitas video.
  • AdGuard
    AdGuard adalah aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk Android, iOS, Windows, dan macOS. Aplikasi ini tidak hanya memblokir iklan di YouTube, tetapi juga memblokir iklan di situs web dan aplikasi lainnya.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda cukup mengunduhnya dari situs web resmi atau toko aplikasi. Setelah diinstal, aplikasi akan secara otomatis memblokir iklan di YouTube dan aplikasi atau situs web lainnya yang Anda kunjungi.

Ubah pengaturan DNS

Pengaturan DNS (Domain Name System) dapat diubah untuk memblokir iklan di YouTube. DNS adalah sistem yang menerjemahkan nama domain (seperti youtube.com) menjadi alamat IP. Dengan mengubah pengaturan DNS, Anda dapat mengarahkan lalu lintas YouTube ke server yang memblokir iklan.

Untuk mengubah pengaturan DNS, Anda perlu mengakses pengaturan jaringan pada perangkat Anda. Caranya bervariasi tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Setelah Anda mengakses pengaturan jaringan, Anda perlu mengubah server DNS ke salah satu dari berikut ini:

  • Cloudflare DNS: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • Google Public DNS: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • Quad9 DNS: 9.9.9.9 dan 149.112.112.112

Setelah Anda mengubah pengaturan DNS, Anda perlu me-restart perangkat Anda. Setelah perangkat di-restart, pengaturan DNS baru akan diterapkan dan iklan di YouTube akan diblokir.

Perlu diketahui bahwa mengubah pengaturan DNS dapat berdampak pada akses Anda ke situs web dan layanan lainnya. Jika Anda mengalami masalah saat mengakses situs web atau layanan tertentu setelah mengubah pengaturan DNS, Anda dapat mencoba mengubah kembali pengaturan DNS ke pengaturan default.

Gunakan Smart TV atau perangkat streaming

Smart TV dan perangkat streaming, seperti Roku, Fire TV, dan Apple TV, biasanya memiliki aplikasi YouTube bawaan. Aplikasi ini sering kali tidak menampilkan iklan, atau menampilkan lebih sedikit iklan dibandingkan dengan aplikasi YouTube di perangkat seluler atau komputer.

  • Gunakan aplikasi YouTube bawaan

    Jika Smart TV atau perangkat streaming Anda memiliki aplikasi YouTube bawaan, gunakan aplikasi tersebut untuk menonton video YouTube. Aplikasi ini biasanya tidak menampilkan iklan, atau menampilkan lebih sedikit iklan dibandingkan dengan aplikasi YouTube di perangkat seluler atau komputer.

  • Gunakan aplikasi pihak ketiga

    Jika Smart TV atau perangkat streaming Anda tidak memiliki aplikasi YouTube bawaan, Anda dapat menginstal aplikasi pihak ketiga dari toko aplikasi. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia, seperti SmartTubeNext dan YouTube Vanced, yang memungkinkan Anda menonton video YouTube tanpa iklan.

  • Gunakan fitur pemblokiran iklan

    Beberapa Smart TV dan perangkat streaming memiliki fitur pemblokiran iklan bawaan. Fitur ini dapat digunakan untuk memblokir iklan di aplikasi YouTube dan aplikasi lainnya. Cara mengaktifkan fitur pemblokiran iklan bervariasi tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

  • Gunakan koneksi Ethernet

    Jika memungkinkan, gunakan koneksi Ethernet untuk menghubungkan Smart TV atau perangkat streaming Anda ke internet. Koneksi Ethernet biasanya lebih stabil dan lebih cepat daripada koneksi Wi-Fi, yang dapat mengurangi buffering dan gangguan iklan.

Dengan menggunakan Smart TV atau perangkat streaming, Anda dapat menikmati video YouTube tanpa gangguan iklan. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak tersedia di semua perangkat.

Tonton video di mode penyamaran

Mode penyamaran adalah fitur pada browser web yang memungkinkan Anda menjelajahi internet tanpa menyimpan riwayat penelusuran, cookie, atau data situs web lainnya. Mode ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan iklan di YouTube.

Saat Anda menonton video YouTube dalam mode penyamaran, YouTube tidak akan dapat melacak riwayat tontonan Anda. Akibatnya, YouTube tidak akan dapat menampilkan iklan yang ditargetkan kepada Anda. Selain itu, beberapa ekstensi pemblokir iklan hanya berfungsi dalam mode penyamaran.

Untuk menonton video YouTube dalam mode penyamaran, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser web Anda.
  2. Klik ikon menu (biasanya tiga titik atau garis horizontal) di sudut kanan atas browser.
  3. Pilih “Jendela penyamaran baru” atau “Tab penyamaran baru”.
  4. Buka YouTube dan mulai tonton video.

Perlu diketahui bahwa menonton video YouTube dalam mode penyamaran tidak selalu menghilangkan semua iklan. Namun, mode ini dapat mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat dan membuat pengalaman menonton Anda lebih menyenangkan.

Gunakan YouTube Vanced (Android)

YouTube Vanced adalah aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk Android. Aplikasi ini merupakan versi modifikasi dari aplikasi YouTube resmi, dengan fitur tambahan seperti pemblokiran iklan, pemutaran latar belakang, dan banyak lagi.

YouTube Vanced memblokir semua jenis iklan di YouTube, termasuk iklan yang dapat dilewati, iklan yang tidak dapat dilewati, dan iklan spanduk. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda memutar video di latar belakang, sehingga Anda dapat terus mendengarkan audio saat menggunakan aplikasi lain.

Selain itu, YouTube Vanced juga memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak tersedia di aplikasi YouTube resmi, seperti:

  • Kontrol kecepatan pemutaran
  • Dukungan tema gelap
  • Penyesuaian tata letak
  • Dukungan PiP (Picture-in-Picture)

Untuk menggunakan YouTube Vanced, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi dari situs web resmi. Setelah diinstal, Anda dapat masuk ke akun YouTube Anda dan mulai menonton video tanpa iklan.

Perlu diketahui bahwa YouTube Vanced adalah aplikasi pihak ketiga yang tidak berafiliasi dengan YouTube. Oleh karena itu, menggunakan YouTube Vanced dapat melanggar ketentuan layanan YouTube. Selain itu, YouTube Vanced dapat berhenti berfungsi sewaktu-waktu jika YouTube mengubah aplikasinya.

Gunakan situs web pihak ketiga

Selain menggunakan ekstensi browser dan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan situs web pihak ketiga untuk menghilangkan iklan di YouTube. Situs web ini biasanya menyediakan layanan untuk mengunduh video YouTube tanpa iklan.

Untuk menggunakan situs web pihak ketiga, Anda cukup mengunjungi situs web tersebut dan memasukkan URL video YouTube yang ingin Anda tonton. Situs web tersebut kemudian akan mengunduh video dan menampilkannya tanpa iklan.

Beberapa situs web pihak ketiga yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Y2Mate
    Y2Mate adalah situs web yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube dalam berbagai format, termasuk MP4, MP3, dan FLV. Situs web ini juga memungkinkan Anda menonton video YouTube tanpa iklan.
  • Savefrom.net
    Savefrom.net adalah situs web lain yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube tanpa iklan. Situs web ini juga menyediakan beberapa fitur tambahan, seperti konversi video ke format lain dan pengunduhan subtitle.
  • KeepVid
    KeepVid adalah situs web yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube dalam berbagai kualitas, termasuk HD dan 4K. Situs web ini juga memiliki fitur pemotong video yang memungkinkan Anda memotong bagian tertentu dari video.

Perlu diketahui bahwa menggunakan situs web pihak ketiga untuk mengunduh video YouTube dapat melanggar ketentuan layanan YouTube. Selain itu, beberapa situs web pihak ketiga mungkin berisi malware atau iklan yang mengganggu.

Tonton video pendek

Video pendek di YouTube, seperti Shorts, biasanya tidak menampilkan iklan. Hal ini karena iklan tidak dapat ditampilkan pada video yang berdurasi kurang dari 10 detik.

  • Cari video pendek

    Anda dapat mencari video pendek di YouTube dengan menggunakan filter “Durasi”. Pilih “Durasi” dan kemudian pilih “Pendek (di bawah 1 menit)”.

  • Langganan saluran yang mengunggah video pendek

    Beberapa saluran YouTube khusus mengunggah video pendek. Anda dapat berlangganan saluran ini untuk mendapatkan akses ke konten tanpa iklan.

  • Gunakan fitur Shorts

    Fitur Shorts di YouTube memungkinkan Anda membuat dan menonton video pendek. Video Shorts tidak menampilkan iklan, sehingga Anda dapat menikmati konten tanpa gangguan.

  • Tonton video pendek di mode penyamaran

    Menonton video pendek dalam mode penyamaran dapat membantu mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat. Hal ini karena YouTube tidak dapat melacak riwayat tontonan Anda dalam mode penyamaran.

Meskipun video pendek biasanya tidak menampilkan iklan, beberapa video pendek mungkin masih menampilkan iklan jika berdurasi lebih dari 10 detik atau jika berisi konten bermerek.

Berlangganan YouTube Music

YouTube Music adalah layanan streaming musik berbayar yang ditawarkan oleh YouTube. Layanan ini mirip dengan Spotify dan Apple Music, dan menawarkan akses ke jutaan lagu dan video musik.

Salah satu keuntungan berlangganan YouTube Music adalah Anda dapat menghilangkan iklan di video musik YouTube. Saat Anda berlangganan YouTube Music, Anda akan mendapatkan akses ke YouTube Premium, yang merupakan layanan berlangganan yang menghilangkan semua iklan di YouTube, termasuk iklan di video musik.

Selain menghilangkan iklan, YouTube Premium juga menawarkan beberapa fitur tambahan, seperti:

  • Pemutaran latar belakang
  • Unduhan video dan musik untuk ditonton dan didengarkan secara offline
  • Akses ke YouTube Music Premium, yang menawarkan audio berkualitas tinggi dan konten eksklusif

Harga langganan YouTube Premium bervariasi tergantung pada negara Anda. Anda dapat mengunjungi situs web YouTube Music untuk mengetahui harga di negara Anda.

Jika Anda sering menonton video musik di YouTube, berlangganan YouTube Premium dapat menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan iklan dan mendapatkan akses ke fitur tambahan.

Tonton video yang diunggah sebelum tahun 2018

Sebelum tahun 2018, YouTube tidak menampilkan iklan pada semua video. Hal ini karena YouTube masih dalam tahap awal pengembangan dan belum memiliki model bisnis yang matang.

Namun, pada tahun 2018, YouTube mulai menampilkan iklan pada semua video, termasuk video yang diunggah sebelum tahun 2018. Hal ini dilakukan untuk membantu YouTube menghasilkan pendapatan dan terus memberikan layanan gratis kepada pengguna.

Meskipun YouTube sekarang menampilkan iklan pada semua video, masih ada beberapa video yang diunggah sebelum tahun 2018 yang tidak menampilkan iklan. Hal ini kemungkinan karena video tersebut diunggah sebelum YouTube mulai menampilkan iklan, atau karena video tersebut dikecualikan dari iklan karena alasan tertentu.

Untuk menemukan video yang diunggah sebelum tahun 2018 dan tidak menampilkan iklan, Anda dapat menggunakan filter pencarian YouTube. Saat melakukan pencarian, pilih filter “Tanggal unggah” dan kemudian pilih “Sebelum 2018”.

Perlu diketahui bahwa tidak semua video yang diunggah sebelum tahun 2018 akan bebas iklan. Namun, dengan menggunakan filter pencarian ini, Anda dapat meningkatkan peluang menemukan video tanpa iklan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan iklan di YouTube gratis:

Pertanyaan 1: Apa cara termudah untuk menghilangkan iklan di YouTube gratis?
Jawaban 1: Cara termudah untuk menghilangkan iklan di YouTube gratis adalah dengan menggunakan ekstensi browser pemblokir iklan.

Pertanyaan 2: Aplikasi pihak ketiga apa yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di YouTube?
Jawaban 2: Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di YouTube antara lain NewPipe, YouTube Vanced, dan Pure Tuber.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengubah pengaturan DNS untuk menghilangkan iklan di YouTube?
Jawaban 3: Anda dapat mengubah pengaturan DNS untuk menghilangkan iklan di YouTube dengan mengubah server DNS ke salah satu dari berikut ini: Cloudflare DNS (1.1.1.1 dan 1.0.0.1), Google Public DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4), atau Quad9 DNS (9.9.9.9 dan 149.112.112.112).

Pertanyaan 4: Apakah Smart TV atau perangkat streaming bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di YouTube?
Jawaban 4: Ya, Anda dapat menggunakan Smart TV atau perangkat streaming untuk menghilangkan iklan di YouTube dengan menggunakan aplikasi YouTube bawaan, aplikasi pihak ketiga, atau fitur pemblokiran iklan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menonton video YouTube di mode penyamaran untuk menghilangkan iklan?
Jawaban 5: Untuk menonton video YouTube di mode penyamaran, buka browser web Anda dan klik ikon menu (biasanya tiga titik atau garis horizontal) di sudut kanan atas browser. Kemudian, pilih “Jendela penyamaran baru” atau “Tab penyamaran baru”.

Pertanyaan 6: Apakah berlangganan YouTube Music bisa menghilangkan iklan di YouTube?
Jawaban 6: Ya, berlangganan YouTube Music akan memberi Anda akses ke YouTube Premium, yang menghilangkan semua iklan di YouTube, termasuk iklan di video musik.

Pertanyaan 7: Apakah ada video YouTube yang tidak menampilkan iklan?
Jawaban 7: Ya, masih ada beberapa video YouTube yang tidak menampilkan iklan, terutama video yang diunggah sebelum tahun 2018. Anda dapat menggunakan filter pencarian YouTube untuk menemukan video yang tidak menampilkan iklan.

Closing Paragraph for FAQ:
Dengan mengikuti tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menikmati video YouTube tanpa gangguan iklan secara gratis.

Selain cara-cara di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat di YouTube:

Tips

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat di YouTube:

Hindari menonton video dengan konten bermerek atau promosi.
Video dengan konten bermerek atau promosi biasanya memiliki lebih banyak iklan daripada video biasa. Jika Anda ingin menghindari iklan, cobalah menonton video dari saluran yang tidak berafiliasi dengan merek atau perusahaan tertentu.

Gunakan fitur “Lewati Iklan” dengan hati-hati.
Saat Anda melihat iklan di YouTube, Anda dapat menggunakan fitur “Lewati Iklan” untuk melewatkan iklan tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan fitur ini terlalu sering dapat menyebabkan YouTube menampilkan lebih banyak iklan kepada Anda.

Laporkan iklan yang tidak pantas atau mengganggu.
Jika Anda melihat iklan yang tidak pantas atau mengganggu, Anda dapat melaporkannya ke YouTube. Untuk melaporkan iklan, klik ikon titik tiga di sudut kanan atas iklan dan kemudian pilih “Laporkan iklan”.

Gunakan browser web yang mendukung pemblokiran iklan.
Beberapa browser web, seperti Mozilla Firefox dan Microsoft Edge, memiliki fitur pemblokiran iklan bawaan. Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk memblokir semua iklan di YouTube dan situs web lainnya.

Closing Paragraph for Tips:
Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat di YouTube dan menikmati pengalaman menonton yang lebih menyenangkan.

Kesimpulannya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan iklan di YouTube secara gratis. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menikmati video YouTube tanpa gangguan iklan dan mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik.

Conclusion

Menghilangkan iklan di YouTube secara gratis memang memungkinkan, meskipun memerlukan beberapa upaya tambahan. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menikmati video YouTube tanpa gangguan iklan dan mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik.

Berikut adalah ringkasan poin-poin utama yang telah dibahas dalam artikel ini:

  • Ada beberapa cara untuk menghilangkan iklan di YouTube secara gratis, seperti menggunakan ekstensi browser pemblokir iklan, aplikasi pihak ketiga, atau mengubah pengaturan DNS.
  • Smart TV dan perangkat streaming juga dapat digunakan untuk menghilangkan iklan di YouTube dengan menggunakan aplikasi YouTube bawaan, aplikasi pihak ketiga, atau fitur pemblokiran iklan.
  • Menonton video YouTube di mode penyamaran dapat mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat.
  • Berlangganan YouTube Music memberi Anda akses ke YouTube Premium, yang menghilangkan semua iklan di YouTube, termasuk iklan di video musik.
  • Beberapa video YouTube yang diunggah sebelum tahun 2018 tidak menampilkan iklan.

Dengan menggunakan metode yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat menghilangkan iklan di YouTube secara gratis dan menikmati pengalaman menonton yang lebih menyenangkan.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *