Cara Menghilangkan Iklan Redirect di Google Chrome


Cara Menghilangkan Iklan Redirect di Google Chrome

Iklan redirect di Google Chrome bisa sangat mengganggu pengalaman menjelajah Anda. Iklan ini sering muncul di situs web yang tidak Anda kunjungi dan dapat mengarahkan Anda ke situs berbahaya. Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa cara untuk menghilangkan iklan redirect di Google Chrome.
Ada beberapa alasan mengapa iklan redirect muncul di Google Chrome. Salah satu alasannya adalah ekstensi browser berbahaya yang dapat memodifikasi pengaturan browser Anda dan menampilkan iklan. Alasan lainnya adalah malware yang telah menginfeksi komputer Anda dan mengubah pengaturan Google Chrome.

cara menghilangkan iklan redirect di googlechrome

Beberapa cara untuk menghilangkan iklan redirect di Google Chrome meliputi:

  • Hapus ekstensi berbahaya
  • Reset pengaturan Google Chrome
  • Pindai komputer dengan Antivirus
  • Gunakan AdBlocker
  • Nonaktifkan pop-up
  • Blokir situs berbahaya
  • Perbarui Google Chrome
  • Instal ulang Google Chrome

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat menghilangkan iklan redirect di Google Chrome dan membuat penelusuran Anda lebih aman dan menyenangkan.

Hapus ekstensi berbahaya

Ekstensi browser adalah perangkat lunak kecil yang dapat Anda tambahkan ke Google Chrome untuk menyesuaikan dan meningkatkan fungsionalitasnya. Namun, beberapa ekstensi dapat berbahaya dan menyebabkan iklan redirect. Jika Anda menduga bahwa ekstensi berbahaya telah diinstal di Google Chrome, Anda dapat menghapusnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Google Chrome. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser.
  • Pilih “Alat lainnya”.
  • Pilih “Ekstensi”.
  • Cari ekstensi yang mencurigakan. Cari ekstensi yang tidak Anda kenal atau yang belum Anda instal sendiri.
  • Hapus ekstensi yang mencurigakan. Klik tombol “Hapus” di sebelah ekstensi yang ingin Anda hapus.

Setelah menghapus ekstensi berbahaya, restart Google Chrome dan periksa apakah iklan redirect masih muncul. Jika iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain yang diuraikan dalam artikel ini, seperti mereset pengaturan Google Chrome atau memindai komputer Anda dengan antivirus.

Reset pengaturan Google Chrome

Jika Anda telah mencoba menghapus ekstensi berbahaya namun iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba mereset pengaturan Google Chrome. Ini akan mengembalikan pengaturan browser ke default, yang dapat membantu menghilangkan iklan redirect.

Untuk mereset pengaturan Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Google Chrome. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser.
  2. Pilih “Setelan”.
  3. Gulir ke bawah dan klik “Lanjutan”.
  4. Gulir ke bawah ke bagian “Reset dan bersihkan”.
  5. Klik tombol “Reset setelan ke default asli”.
  6. Klik tombol “Reset setelan”.

Setelah mereset pengaturan Google Chrome, restart browser dan periksa apakah iklan redirect masih muncul. Jika iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain yang diuraikan dalam artikel ini, seperti memindai komputer Anda dengan antivirus atau menggunakan AdBlocker.

Pindai komputer dengan Antivirus

Jika Anda telah mereset pengaturan Google Chrome tetapi masih mengalami redirect, komputer Anda mungkin telah terinfeksi malware. Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat mengubah pengaturan browser Anda dan menampilkan redirect. Untuk menghilangkan malware, Anda perlu memindai komputer Anda dengan antivirus.

Ada banyak program antivirus yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa program antivirus yang populer antara lain:

  • Avira Antivirus
  • AVG Antivirus
  • Bitdefender Antivirus
  • Kaspersky Antivirus
  • Norton Antivirus

Setelah Anda menginstal program antivirus, jalankan pemindaian penuh pada komputer Anda. Pemindaian ini akan mencari malware dan menghapusnya. Setelah pemindaian selesai, restart komputer Anda dan periksa apakah redirect masih muncul. Jika redirect masih muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain yang diuraikan dalam artikel ini, seperti menggunakan AdBlocker atau memblokir situs berbahaya.

Gunakan AdBlocker

AdBlocker adalah ekstensi browser yang dapat memblokir iklan. Ini termasuk iklan redirect. Ada banyak ekstensi AdBlocker yang dapat Anda gunakan, misalnya:

  • AdBlock: AdBlock adalah ekstensi AdBlocker yang populer. Ini memblokir berbagai jenis iklan, termasuk iklan redirect.
  • uBlock Origin: uBlock Origin adalah ekstensi AdBlocker yang ringan dan efektif. Ini memblokir berbagai jenis iklan, termasuk iklan redirect.
  • AdGuard: AdGuard adalah ekstensi AdBlocker yang komprehensif. Ini memblokir berbagai jenis iklan, termasuk iklan redirect, dan juga menawarkan beberapa opsi lanjutan.
  • Ghostery: Ghostery adalah ekstensi AdBlocker yang juga memblokir pelacak. Ini dapat membantu melindungi privasi Anda dan mempercepat penjelajahan Anda.

Setelah menginstal ekstensi AdBlocker, Anda dapat menyesuaikan bebrapa opsi yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga dapat membuat filter Anda sendiri untuk memblokir jenis iklan tertentu. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan AdBlocker, silakan mer aces situs web pengembangnya.

Nonaktifkan pop-up

Pop-up adalah jendela kecil yang muncul di atas jendela browser Anda. Pop-up sering digunakan untuk menampilkan iklan. Beberapa iklan redirect disembunyikan di dalam pop-up. Untuk menghilangkan iklan redirect, Anda dapat menonaktifkan pop-up di Google Chrome.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan pop-up di Google Chrome:

  1. Buka menu Google Chrome. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser.
  2. Pilih “Setelan”.
  3. Gulir ke bawah ke bagian “Privasi dan keamanan”.
  4. Klik “Setelan situs”.
  5. Klik “Pop-up dan pengalihan”.
  6. Pilih “Diblokir”.

Setelah menonaktifkan pop-up, restart Google Chrome dan periksa apakah iklan redirect masih muncul. Jika iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain yang diuraikan dalam artikel ini, seperti menggunakan AdBlocker atau memblokir situs berbahaya.

Blokir situs berbahaya

Situs berbahaya adalah situs web yang dapat membahayakan komputer Anda atau mencuri informasi pribadi Anda. Beberapa iklan redirect dapat mengarahkan Anda ke situs berbahaya. Untuk menghilangkan iklan redirect, Anda dapat memblokir situs berbahaya di Google Chrome.

Berikut langkah-langkah untuk memblokir situs berbahaya di Google Chrome:

  1. Buka menu Google Chrome. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser.
  2. Pilih “Setelan”.
  3. Gulir ke bawah ke bagian “Privasi dan keamanan”.
  4. Klik “Setelan situs”.
  5. Klik “Situs berbahaya dan unduhan”.
  6. Pilih “Diblokir”.

Setelah memblokir situs berbahaya, restart Google Chrome dan periksa apakah iklan redirect masih muncul. Jika iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain yang diuraikan dalam artikel ini, seperti menggunakan AdBlocker atau memperbarui Google Chrome.

Perbarui Google Chrome

Google Chrome diperbarui secara berkala dengan fitur keamanan baru dan perbaikan bug. Memperbarui Google Chrome dapat membantu menghilangkan iklan redirect. Untuk memperbarui Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Google Chrome. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser.
  2. Pilih “Bantuan”.
  3. Pilih “Tentang Google Chrome”.

Google Chrome akan secara otomatis memeriksa pembaruan dan menginstalnya jika tersedia. Setelah pembaruan selesai, restart Google Chrome dan periksa apakah iklan redirect masih muncul. Jika iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain yang diuraikan dalam artikel ini, seperti menginstal ulang Google Chrome.

Instal ulang Google Chrome

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan iklan redirect masih muncul, Anda dapat mencoba menginstal ulang Google Chrome. Menginstal ulang Google Chrome akan menghapus semua data pengguna, termasuk ekstensi, pengaturan, dan bookmark. Oleh karena itu, disarankan untuk mencadangkan data penting sebelum menginstal ulang Google Chrome.

Untuk menginstal ulang Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tutup Google Chrome.
  2. Buka Control Panel.
  3. Pilih “Program dan Fitur”.
  4. Pilih “Google Chrome”.
  5. Klik tombol “Copot pemasangan”.
  6. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pencopotan pemasangan.
  7. Unduh Google Chrome dari situs web resmi.
  8. Instal Google Chrome.

Setelah menginstal ulang Google Chrome, periksa apakah iklan redirect masih muncul. Jika iklan redirect tidak lagi muncul, berarti masalah telah teratasi.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara menghilangkan iklan redirect di Google Chrome:

Pertanyaan 1: Mengapa iklan redirect muncul di Google Chrome?
Iklan redirect dapat muncul di Google Chrome karena beberapa alasan, seperti ekstensi browser berbahaya, malware, atau situs web yang dikunjungi.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghapus ekstensi berbahaya dari Google Chrome?
Untuk menghapus ekstensi berbahaya dari Google Chrome, buka menu Chrome, pilih “Alat lainnya”, lalu pilih “Ekstensi”. Cari ekstensi yang mencurigakan dan klik tombol “Hapus”.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mereset pengaturan Google Chrome?
Untuk mereset pengaturan Google Chrome, buka menu Chrome, pilih “Setelan”, lalu gulir ke bawah dan klik “Lanjutan”. Di bagian “Reset dan bersihkan”, klik tombol “Reset setelan ke default asli”.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara memindai komputer dengan antivirus?
Untuk memindai komputer dengan antivirus, instal program antivirus dan jalankan pemindaian penuh. Beberapa program antivirus populer termasuk Avira Antivirus, AVG Antivirus, dan Bitdefender Antivirus.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menggunakan AdBlocker?
Untuk menggunakan AdBlocker, instal ekstensi AdBlocker dari Chrome Web Store. Beberapa ekstensi AdBlocker populer termasuk AdBlock, uBlock Origin, dan AdGuard.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memblokir situs berbahaya di Google Chrome?
Untuk memblokir situs berbahaya di Google Chrome, buka menu Chrome, pilih “Setelan”, lalu gulir ke bawah dan klik “Lanjutan”. Di bagian “Privasi dan keamanan”, klik “Setelan situs”, lalu pilih “Situs berbahaya dan unduhan”. Pilih “Diblokir”.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara memperbarui Google Chrome?
Untuk memperbarui Google Chrome, buka menu Chrome, pilih “Bantuan”, lalu pilih “Tentang Google Chrome”. Google Chrome akan secara otomatis memeriksa pembaruan dan menginstalnya jika tersedia.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan iklan redirect di Google Chrome setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba menginstal ulang Google Chrome.

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda ikuti untuk mencegah iklan redirect muncul di Google Chrome:

Selain langkah-langkah di atas, ada juga beberapa tips praktis yang dapat Anda ikuti untuk mencegah iklan muncul di Google:

1. Gunakan browser yang memblokir iklan secara bawaan. Ada beberapa browser yang memiliki fitur pemblokiran iklan bawaan, seperti Brave dan Firefox dengan ekstensi uBlock Origin.

2. Hindari mengklik iklan. Semakin sering Anda mengklik iklan, semakin banyak pengiklan akan menargetkan Anda dengan iklan. Jika Anda tidak sengaja mengklik iklan, segera tutup tab atau jendela browser.

3. Waspadalah terhadap situs web palsu. Situs web palsu sering kali menampilkan iklan yang menyesatkan atau berbahaya. Berhati-hatilah saat memasukkan informasi pribadi di situs web yang tidak Anda kenal.

4. Gunakan layanan penyaring konten. Ada beberapa layanan penyaring konten yang dapat membantu memblokir iklan, situs web berbahaya, dan konten yang tidak pantas. Beberapa layanan penyaring konten populer termasuk OpenDNS dan Google SafeSearch.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat di Google dan menjelajah web dengan lebih aman dan menyenangkan.

Kesimpulan

Iklan redirect dapat mengganggu pengalaman menjelajah web Anda dan bahkan membahayakan komputer Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat menghilangkan iklan redirect di Google Chrome dan membuat penjelajahan web Anda lebih aman dan menyenangkan.

Berikut adalah ringkasan poin-poin utama:

  • Hapus ekstensi berbahaya.
  • Reset pengaturan Google Chrome.
  • Pindai komputer dengan antivirus.
  • Gunakan AdBlocker.
  • Nonaktifkan pop-up.
  • Blokir situs berbahaya.
  • Perbarui Google Chrome.
  • Instal ulang Google Chrome.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga dapat mengikuti tips berikut untuk mencegah iklan redirect muncul di Google Chrome:

  • Gunakan browser yang memblokir iklan secara bawaan.
  • Hindari mengklik iklan.
  • Waspadalah terhadap situs web palsu.
  • Gunakan layanan penyaring konten.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips ini, Anda dapat menghilangkan iklan redirect di Google Chrome dan membuat penjelajahan web Anda lebih aman dan menyenangkan.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *