Cara Menghilangkan Internet Aplikasi di Android


Cara Menghilangkan Internet Aplikasi di Android

Penggunaan aplikasi internet pada smartphone sering kali menghabiskan banyak data. Untuk menghemat kuota data, Anda dapat membatasi akses Internet pada beberapa aplikasi tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan pada smartphone Anda.

Selain menghemat data, membatasi akses Internet pada aplikasi tertentu juga dapat menghemat daya baterai dan meningkatkan kinerja smartphone Anda. Ini karena aplikasi yang tidak terhubung ke Internet akan lebih sedikit berjalan di latar belakang, sehingga tidak akan menghabiskan banyak sumber daya.

Untuk menghilangkan Internet pada aplikasi di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Menghilangkan Internet Aplikasi

Untuk menghilangkan akses internet pada aplikasi tertentu di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan
  • Ketuk Jaringan & internet
  • Pilih Penggunaan data
  • Ketuk aplikasi yang ingin dibatasi
  • Geser sakelar Batasi penggunaan data
  • Ketuk OK
  • Selesai

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi yang dipilih tidak akan dapat mengakses internet saat data seluler diaktifkan. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk mengaktifkan kembali akses internet pada aplikasi tersebut.

Buka Pengaturan

Langkah pertama untuk menghilangkan internet aplikasi adalah dengan membuka Pengaturan di smartphone Anda. Pengaturan adalah aplikasi yang berisi berbagai opsi untuk mengonfigurasi dan mengelola perangkat Anda, termasuk pengaturan jaringan dan internet.

Untuk membuka Pengaturan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sentuh ikon Pengaturan pada layar beranda atau laci aplikasi Anda.
  2. Jika ikon Pengaturan tidak tersedia di layar beranda, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka panel notifikasi.
  3. Ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas panel notifikasi untuk membuka Pengaturan.

Setelah Pengaturan terbuka, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan internet aplikasi.

Setelah Anda membuka Pengaturan, langkah selanjutnya adalah mencari bagian Jaringan & internet. Bagian ini biasanya berisi pengaturan untuk koneksi Wi-Fi, data seluler, dan penggunaan data.

Ketuk Jaringan & internet

Setelah membuka Pengaturan, langkah selanjutnya adalah mencari bagian Jaringan & internet. Bagian ini biasanya berisi pengaturan untuk koneksi Wi-Fi, data seluler, dan penggunaan data.

  • Koneksi Wi-Fi

    Bagian ini menampilkan daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia dan memungkinkan Anda untuk terhubung atau memutuskan sambungan dari jaringan Wi-Fi.

  • Data seluler

    Bagian ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan data seluler. Data seluler adalah koneksi internet yang disediakan oleh operator seluler Anda.

  • Penggunaan data

    Bagian ini menampilkan statistik penggunaan data untuk setiap aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Anda juga dapat membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu di bagian ini.

  • Kartu SIM

    Bagian ini memungkinkan Anda untuk mengelola kartu SIM yang terpasang di perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kartu SIM, serta mengatur pengaturan jaringan untuk setiap kartu SIM.

Untuk menghilangkan internet aplikasi, Anda perlu mengetuk bagian Penggunaan data.

Pilih Penggunaan data

Setelah mengetuk bagian Jaringan & internet, langkah selanjutnya adalah memilih bagian Penggunaan data. Bagian ini menampilkan statistik penggunaan data untuk setiap aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.

  • Grafik penggunaan data

    Grafik ini menunjukkan penggunaan data Anda selama periode waktu tertentu. Anda dapat memilih periode waktu yang ingin dilihat dari menu tarik-turun di bagian atas grafik.

  • Daftar aplikasi

    Daftar ini menunjukkan semua aplikasi yang telah menggunakan data selama periode waktu yang dipilih. Aplikasi yang menggunakan data paling banyak akan berada di bagian atas daftar.

  • Penggunaan data untuk setiap aplikasi

    Untuk setiap aplikasi dalam daftar, Anda dapat melihat berapa banyak data yang telah digunakan melalui Wi-Fi dan data seluler. Anda juga dapat melihat apakah aplikasi tersebut memiliki akses latar belakang, yang berarti aplikasi tersebut dapat menggunakan data meskipun Anda tidak menggunakannya secara aktif.

  • Batasi penggunaan data

    Untuk membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu, ketuk aplikasi tersebut dalam daftar dan aktifkan sakelar Batasi penggunaan data. Saat sakelar ini diaktifkan, aplikasi tersebut tidak akan dapat menggunakan data saat data seluler diaktifkan.

Untuk menghilangkan internet aplikasi, Anda perlu mengetuk aplikasi yang ingin dibatasi dan mengaktifkan sakelar Batasi penggunaan data.

Ketuk aplikasi yang ingin dibatasi

Setelah memilih bagian Penggunaan data, langkah selanjutnya adalah mengetuk aplikasi yang ingin dibatasi akses internetnya.

  • Nama aplikasi

    Nama aplikasi akan ditampilkan di bagian atas layar.

  • Penggunaan data

    Bagian ini menunjukkan berapa banyak data yang telah digunakan aplikasi tersebut melalui Wi-Fi dan data seluler.

  • Akses latar belakang

    Bagian ini menunjukkan apakah aplikasi tersebut memiliki akses latar belakang. Jika sakelar Akses latar belakang diaktifkan, aplikasi tersebut dapat menggunakan data meskipun Anda tidak menggunakannya secara aktif.

  • Batasi penggunaan data

    Untuk membatasi penggunaan data untuk aplikasi tersebut, aktifkan sakelar Batasi penggunaan data. Saat sakelar ini diaktifkan, aplikasi tersebut tidak akan dapat menggunakan data saat data seluler diaktifkan.

Setelah Anda mengaktifkan sakelar Batasi penggunaan data, aplikasi tersebut tidak akan dapat mengakses internet saat data seluler diaktifkan. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk mengaktifkan kembali akses internet pada aplikasi tersebut.

Geser sakelar Batasi penggunaan data

Setelah mengetuk aplikasi yang ingin dibatasi akses internetnya, langkah selanjutnya adalah menggeser sakelar Batasi penggunaan data.

  • Sakelar Batasi penggunaan data

    Sakelar ini terletak di bagian bawah layar. Saat sakelar ini diaktifkan, aplikasi tersebut tidak akan dapat menggunakan data saat data seluler diaktifkan.

  • Konfirmasi pembatasan

    Setelah Anda menggeser sakelar Batasi penggunaan data, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi pembatasan. Ketuk tombol OK untuk mengonfirmasi.

  • Aplikasi dibatasi

    Setelah Anda mengonfirmasi pembatasan, aplikasi tersebut akan dibatasi akses internetnya. Anda dapat melihat status pembatasan di bagian Penggunaan data untuk aplikasi tersebut.

  • Aktifkan kembali akses internet

    Untuk mengaktifkan kembali akses internet untuk aplikasi tersebut, cukup geser kembali sakelar Batasi penggunaan data ke posisi nonaktif.

Dengan membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu, Anda dapat menghemat kuota data dan meningkatkan kinerja smartphone Anda.

Ketuk OK

Setelah menggeser sakelar Batasi penggunaan data, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi pembatasan. Untuk mengonfirmasi pembatasan, ketuk tombol OK.

  • Tombol OK

    Tombol OK akan berwarna biru dan terletak di bagian bawah layar.

  • Konfirmasi pembatasan

    Dengan mengetuk tombol OK, Anda mengonfirmasi bahwa Anda ingin membatasi akses internet untuk aplikasi tersebut.

  • Aplikasi dibatasi

    Setelah Anda mengonfirmasi pembatasan, aplikasi tersebut akan dibatasi akses internetnya. Anda dapat melihat status pembatasan di bagian Penggunaan data untuk aplikasi tersebut.

  • Aktifkan kembali akses internet

    Untuk mengaktifkan kembali akses internet untuk aplikasi tersebut, cukup geser kembali sakelar Batasi penggunaan data ke posisi nonaktif.

Dengan membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu, Anda dapat menghemat kuota data dan meningkatkan kinerja smartphone Anda.

Selesai

Setelah Anda mengetuk tombol OK, pembatasan akses internet untuk aplikacji telah selesai. Anda dapat memeriksa status pembatasan di

  • Bagian Penggunaan data

    Buka Pengaturan > Jaringan & internet > Penggunaan data, lalu ketuk pada tab Aplikasi. Anda akan dapat

  • Status pembatasan

    Di sebelah kanan

    • Jika sakelar Batasi penggunaan data aktif, artinya akses internet untuk aplikacji tersebut dibatasi.
    • Jika sakelar Batasi penggunaan data nonaktif, artinya akses internet untuk aplikacji tersebut tidak dibatasi.

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pembatasan akses internet untuk aplikacji kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara menghilangkan internet aplikasi di Android:

Question 1: Apa manfaat menghilangkan internet aplikasi?
Answer 1: Menghilangkan internet aplikasi dapat membantu menghemat kuota data, meningkatkan kinerja smartphone, dan memperpanjang daya tahan baterai.

Question 2: Aplikasi apa saja yang dapat dibatasi akses internetnya?
Answer 2: Anda dapat membatasi akses internet untuk aplikasi apa pun yang terinstal di smartphone Anda.

Question 3: Apakah menghilangkan internet aplikasi akan menghapus aplikasi tersebut?
Answer 3: Tidak, menghilangkan internet aplikasi tidak akan menghapus aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut masih akan terinstal di smartphone Anda, tetapi tidak akan dapat mengakses internet.

Question 4: Bagaimana cara mengaktifkan kembali akses internet untuk aplikasi yang dibatasi?
Answer 4: Untuk mengaktifkan kembali akses internet untuk aplikasi yang dibatasi, cukup ikuti langkah-langkah di atas dan nonaktifkan sakelar Batasi penggunaan data.

Question 5: Apakah ada cara lain untuk menghemat kuota data selain menghilangkan internet aplikasi?
Answer 5: Ya, ada beberapa cara lain untuk menghemat kuota data, seperti mengaktifkan mode hemat data, menggunakan aplikasi pemantau penggunaan data, dan menghindari streaming video atau musik saat menggunakan data seluler.

Question 6: Apakah menghilangkan internet aplikasi dapat mempercepat kinerja smartphone?
Answer 6: Ya, menghilangkan internet aplikasi dapat mempercepat kinerja smartphone karena aplikasi yang tidak terhubung ke internet akan lebih sedikit berjalan di latar belakang, sehingga tidak akan menghabiskan banyak sumber daya.

Question 7: Apakah menghilangkan internet aplikasi dapat memperpanjang daya tahan baterai?
Answer 7: Ya, menghilangkan internet aplikasi dapat memperpanjang daya tahan baterai karena aplikasi yang tidak terhubung ke internet akan menggunakan lebih sedikit daya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Selain menghilangkan internet aplikasi, ada beberapa tips lain yang dapat Anda ikuti untuk menghemat kuota data dan meningkatkan kinerja smartphone Anda. Tips-tips tersebut akan dibahas di bagian selanjutnya.

Kesimpulan

Dengan menghilangkan internet aplikasi, Anda dapat menghemat kuota data, meningkatkan kinerja smartphone, dan memperpanjang daya tahan baterai. Cara ini sangat efektif untuk aplikasi yang sering menggunakan internet di latar belakang, seperti aplikasi media sosial, game online, dan aplikasi streaming musik.

Berikut adalah ringkasan langkah-langkah untuk menghilangkan internet aplikasi di Android:

  1. Buka Pengaturan
  2. Ketuk Jaringan & internet
  3. Pilih Penggunaan data
  4. Ketuk aplikasi yang ingin dibatasi
  5. Geser sakelar Batasi penggunaan data
  6. Ketuk OK

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali akses internet untuk aplikasi tersebut, cukup ikuti langkah-langkah di atas dan nonaktifkan sakelar Batasi penggunaan data.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *