Cara Menghilangkan Kotak Text Box di Word


Cara Menghilangkan Kotak Text Box di Word

Text box merupakan fitur yang terdapat pada Microsoft Word yang memungkinkan Anda memasukkan teks ke dalam bentuk kotak. Namun, terkadang Anda mungkin perlu menghapus kotak teks tersebut agar tampilan dokumen menjadi lebih rapi.

Menghapus kotak teks di Word sangatlah mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

cara menghilangkan kotak text box di word

Berikut 8 cara menghilangkan kotak text box di word:

  • Klik kanan pada kotak teks
  • Pilih “Format Bentuk”
  • Pada tab “Warna Garis”
  • Pilih “Tanpa Garis”
  • Pada tab “Isi dan Garis”
  • Pilih “Tanpa Isi”
  • Kotak teks akan menjadi transparan
  • Klik di luar kotak teks untuk menghilangkan pegangan

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Klik kanan pada kotak teks

Untuk menghilangkan kotak teks di Word, Anda dapat mengklik kanan pada kotak teks tersebut. Dengan mengklik kanan, akan muncul menu konteks yang berisi berbagai opsi untuk mengedit dan memformat kotak teks.

  • Pilih “Format Bentuk”

    Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan kotak teks, termasuk warna garis, jenis garis, dan efek isian.

  • Pada tab “Warna Garis”

    Pada tab ini, Anda dapat memilih warna garis kotak teks. Untuk menghilangkan garis kotak teks, pilih opsi “Tanpa Garis”.

  • Pada tab “Isi dan Garis”

    Pada tab ini, Anda dapat memilih warna isian kotak teks. Untuk menghilangkan isian kotak teks, pilih opsi “Tanpa Isi”.

  • Kotak teks akan menjadi transparan

    Setelah Anda memilih opsi “Tanpa Garis” dan “Tanpa Isi”, kotak teks akan menjadi transparan. Artinya, Anda masih dapat melihat teks di dalam kotak teks, tetapi kotak teks tidak akan terlihat lagi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Pilih “Format Bentuk”

Opsi “Format Bentuk” pada menu konteks memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan kotak teks, termasuk warna garis, jenis garis, dan efek isian. Untuk menghilangkan kotak teks, Anda perlu memilih opsi “Tanpa Garis” dan “Tanpa Isi” pada tab “Warna Garis” dan “Isi dan Garis” pada kotak dialog Format Bentuk.

Berikut penjelasan lebih rinci tentang setiap tab dalam kotak dialog Format Bentuk:

  • Tab Warna Garis
    Pada tab ini, Anda dapat memilih warna garis kotak teks. Anda juga dapat memilih jenis garis, seperti garis padat, garis putus-putus, atau garis bertitik. Untuk menghilangkan garis kotak teks, pilih opsi “Tanpa Garis”.
  • Tab Isi dan Garis
    Pada tab ini, Anda dapat memilih warna isian kotak teks. Anda juga dapat memilih efek isian, seperti isian gradien atau isian gambar. Untuk menghilangkan isian kotak teks, pilih opsi “Tanpa Isi”.

Setelah Anda memilih opsi “Tanpa Garis” dan “Tanpa Isi”, kotak teks akan menjadi transparan. Artinya, Anda masih dapat melihat teks di dalam kotak teks, tetapi kotak teks tidak akan terlihat lagi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Pada tab “Warna Garis”

Tab “Warna Garis” pada kotak dialog Format Bentuk memungkinkan Anda untuk mengubah warna dan jenis garis kotak teks. Untuk menghilangkan garis kotak teks, Anda perlu memilih opsi “Tanpa Garis”.

Berikut penjelasan lebih rinci tentang opsi-opsi pada tab “Warna Garis”:

  • Warna Garis
    Pada bagian ini, Anda dapat memilih warna garis kotak teks. Anda dapat memilih warna dari palet warna yang disediakan atau memasukkan kode warna hex secara manual.
  • Ketebalan Garis
    Pada bagian ini, Anda dapat memilih ketebalan garis kotak teks. Anda dapat memilih ketebalan dari 0,25 pt hingga 6 pt.
  • Jenis Garis
    Pada bagian ini, Anda dapat memilih jenis garis kotak teks. Anda dapat memilih jenis garis padat, garis putus-putus, garis bertitik, atau garis ganda.
  • Tanpa Garis
    Opsi ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan garis kotak teks. Setelah Anda memilih opsi ini, garis kotak teks akan hilang dan kotak teks akan menjadi transparan.

Untuk menghilangkan garis kotak teks, cukup pilih opsi “Tanpa Garis” pada bagian “Jenis Garis”. Setelah itu, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan garis kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Pada

Pada tab “Isi dan Garis”

Tab “Isi dan Garis” pada kotak dialog Format Bentuk memungkinkan Anda untuk mengubah warna dan efek isian kotak teks. Untuk menghilangkan isian kotak teks, Anda perlu memilih opsi “Tanpa Isi”.

  • Warna Isi

    Pada bagian ini, Anda dapat memilih warna isian kotak teks. Anda dapat memilih warna dari palet warna yang disediakan atau memasukkan kode warna hex secara manual.

  • Efek Isi

    Pada bagian ini, Anda dapat memilih efek isian kotak teks. Anda dapat memilih efek isian polos, gradien, gambar, atau pola.

  • Transparansi

    Pada bagian ini, Anda dapat mengatur tingkat transparansi isian kotak teks. Anda dapat mengatur transparansi dari 0% (buram) hingga 100% (transparan).

  • Tanpa Isi

    Opsi ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan isian kotak teks. Setelah Anda memilih opsi ini, isian kotak teks akan hilang dan kotak teks akan menjadi transparan.

Untuk menghilangkan isian kotak teks, cukup pilih opsi “Tanpa Isi” pada bagian “Efek Isi”. Setelah itu, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan isian kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Pilih “Tanpa Isi”

Opsi “Tanpa Isi” pada tab “Isi dan Garis” memungkinkan Anda untuk menghilangkan isian kotak teks. Setelah Anda memilih opsi ini, isian kotak teks akan hilang dan kotak teks akan menjadi transparan.

Dengan menghilangkan isian kotak teks, Anda dapat membuat teks di dalam kotak teks lebih mudah dibaca dan dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Berikut cara menghilangkan isian kotak teks menggunakan opsi “Tanpa Isi”:

  1. Klik kanan pada kotak teks yang ingin dihilangkan isiannya.
  2. Pilih “Format Bentuk” pada menu konteks.
  3. Pada kotak dialog Format Bentuk, pilih tab “Isi dan Garis”.
  4. Pada bagian “Efek Isi”, pilih opsi “Tanpa Isi”.
  5. Klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, isian kotak teks akan hilang dan kotak teks akan menjadi transparan. Anda masih dapat melihat teks di dalam kotak teks, tetapi kotak teks tidak akan terlihat lagi.

Kota teks akan menjadi transparan

Setelah Anda memilih opsi ” thereupon ” dan ” thereby “, kotak teks akan menjadi transparan artinya Anda tetap dapat melihat teks di dalam kotak teks tetapi kotak teks itu sendiri tidak akan terlihat.

Klik di luar kotak teks untuk menghilangkan pegangan

Setelah kotak teks menjadi transparan, Anda perlu mengklik di luar kotak teks untuk menghilangkan pegangannya.

  • Pegangan kotak teks akan hilang

    Ketika Anda mengklik di luar kotak teks, pegangan kotak teks akan hilang dan kotak teks akan terlihat seperti teks biasa.

  • Kotak teks masih dapat diedit

    Meskipun pegangan kotak teks telah hilang, kotak teks masih dapat diedit. Anda dapat mengklik dua kali pada teks untuk masuk ke mode edit.

  • Kotak teks dapat dipindahkan

    Anda juga masih dapat memindahkan kotak teks dengan mengklik dan menyeretnya ke lokasi yang diinginkan.

  • Kotak teks dapat dihapus

    Jika Anda ingin menghapus kotak teks, cukup pilih kotak teks dan tekan tombol Delete pada keyboard.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

FAQ

{Question 1}
{Answer 1}

{Question 2}
{Answer 2}

{Question 3}
{Answer 3}

{Question 4}
{Answer 4}

{Question 5}
{Answer 5}

{Question 6}
{Answer 6}

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan kotak teks di Word. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tips

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan kotak teks di Word:

  • Gunakan pintasan keyboard
    Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + O untuk menghilangkan kotak teks dengan cepat.
  • Gunakan tombol “Hapus”
    Jika Anda ingin menghapus kotak teks beserta isinya, cukup pilih kotak teks dan tekan tombol “Hapus” pada keyboard.
  • Gunakan panel “Paragraph”
    Anda juga dapat menghilangkan kotak teks menggunakan panel “Paragraph”. Klik kanan pada kotak teks dan pilih “Paragraph” dari menu konteks. Pada panel “Paragraph”, hapus centang pada opsi “Borders and Shading”.
  • Gunakan kode VBA
    Jika Anda ingin menghilangkan banyak kotak teks sekaligus, Anda dapat menggunakan kode VBA. Berikut contoh kode VBA yang dapat Anda gunakan:
    “`
    Sub HapusSemuaKotakTeks()
    Dim oShape As Shape
    For Each oShape In ActiveDocument.Shapes
    If oShape.Type = msoTextBox Then
    oShape.Delete
    End If
    Next oShape
    End Sub
    “`

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotak teks di Word dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

Kesimpulan

Menghilangkan kotak teks di Word adalah tugas yang mudah dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah menghilangkan kotak teks dan membuat dokumen Anda tampak lebih bersih dan profesional.

要点を再掲します。

  • Klik kanan pada kotak teks dan pilih “Format Bentuk”.
  • Pada tab “Warna Garis”, pilih opsi “Tanpa Garis”.
  • Pada tab “Isi dan Garis”, pilih opsi “Tanpa Isi”.
  • Kotak teks akan menjadi transparan.
  • Klik di luar kotak teks untuk menghilangkan pegangan.

Dengan mengikuti tips yang diberikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotak teks dalam berbagai situasi. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *