Cara Menghilangkan Pemberitahuan Update IDM


Cara Menghilangkan Pemberitahuan Update IDM

Internet Download Manager (IDM) merupakan salah satu perangkat lunak pengelola unduhan yang banyak digunakan oleh pengguna komputer Windows. Meskipun IDM memiliki fitur yang komprehensif, namun pemberitahuan update yang sering muncul dapat mengganggu bagi sebagian pengguna.

Pemberitahuan update IDM dapat muncul secara berkala, terutama ketika terdapat versi terbaru yang dirilis. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna agar dapat memperbarui IDM ke versi terbaru dengan fitur dan perbaikan yang lebih baik.

Cara Menghilangkan Pemberitahuan Update IDM

Berikut adalah 7 cara menghilangkan pemberitahuan update IDM:

  • Nonaktifkan pembaruan otomatis
  • Gunakan versi IDM yang lebih lama
  • Gunakan IDM versi portable
  • Blokir akses internet IDM
  • Edit file registri
  • Gunakan firewall
  • Hapus IDM dan instal ulang

Dengan mengikuti cara-cara di atas, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update IDM dan menggunakan IDM tanpa gangguan.

Nonaktifkan Pembaruan Otomatis

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM adalah dengan menonaktifkan pembaruan otomatis. Dengan menonaktifkan fitur ini, IDM tidak akan secara otomatis memeriksa dan mengunduh pembaruan baru.

Untuk menonaktifkan pembaruan otomatis IDM, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka IDM dan klik menu “Download”.
2. Pilih “Options”.
3. Pada tab “General”, hapus centang pada opsi “Automatically check for updates”.
4. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.
Setelah menonaktifkan pembaruan otomatis, IDM tidak akan lagi menampilkan pemberitahuan update. Namun, pengguna perlu memeriksa pembaruan secara manual jika ingin mendapatkan versi terbaru IDM.

Selain menonaktifkan pembaruan otomatis melalui menu “Options”, pengguna juga dapat menonaktifkannya melalui file registri. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.
2. Ketik “regedit” dan tekan Enter.
3. Navigasi ke kunci registri berikut:
“`
HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager
“`
4. Cari nilai “AutoCheckUpdates” dan ubah nilainya menjadi “0”.
5. Tutup Registry Editor dan restart IDM.
Dengan menonaktifkan pembaruan otomatis melalui cara ini, pemberitahuan update IDM akan hilang secara permanen.

Gunakan Versi IDM yang Lebih Lama

Jika pengguna tidak ingin menonaktifkan pembaruan otomatis, alternatif lain untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM adalah dengan menggunakan versi IDM yang lebih lama. Versi IDM yang lebih lama tidak akan memiliki fitur pemeriksaan update otomatis, sehingga pengguna tidak akan menerima pemberitahuan update.

  • Menemukan versi IDM yang lebih lama
    Pengguna dapat menemukan versi IDM yang lebih lama melalui situs web resmi IDM atau situs web pihak ketiga yang menyediakan arsip perangkat lunak.
  • Menginstal versi IDM yang lebih lama
    Setelah mengunduh versi IDM yang lebih lama, instal seperti biasa. Pastikan untuk menghapus instalan versi IDM yang lebih baru sebelum menginstal versi yang lebih lama.
  • Mengatur ulang preferensi IDM
    Setelah menginstal versi IDM yang lebih lama, atur ulang preferensi IDM untuk menghindari masalah apa pun. Untuk mengatur ulang preferensi, buka IDM dan klik menu “Download”. Kemudian, pilih “Options” dan klik tombol “Reset Preferences”.
  • Memeriksa pembaruan secara manual
    Meskipun versi IDM yang lebih lama tidak memiliki fitur pemeriksaan update otomatis, pengguna masih dapat memeriksa pembaruan secara manual jika diinginkan. Untuk memeriksa pembaruan secara manual, buka IDM dan klik menu “Help”. Kemudian, pilih “Check for Updates”.

Dengan menggunakan versi IDM yang lebih lama, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update tanpa harus menonaktifkan pembaruan otomatis. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan versi IDM yang lebih lama dapat berisiko karena tidak memiliki fitur dan perbaikan keamanan terbaru.

Gunakan IDM Versi Portable

Versi portable IDM adalah versi yang dapat dijalankan tanpa perlu instalasi. Versi ini biasanya dikemas dalam bentuk file ZIP atau RAR yang dapat diekstrak dan dijalankan langsung. IDM versi portable tidak memiliki fitur pemeriksaan update otomatis, sehingga pengguna tidak akan menerima pemberitahuan update.

  • Mengunduh IDM versi portable
    Pengguna dapat mengunduh IDM versi portable melalui situs web resmi IDM atau situs web pihak ketiga yang menyediakan arsip perangkat lunak.
  • Mengekstrak dan menjalankan IDM versi portable
    Setelah mengunduh IDM versi portable, ekstrak file ZIP atau RAR ke lokasi yang diinginkan. Kemudian, jalankan file “IDMan.exe” untuk memulai IDM.
  • Mengatur preferensi IDM
    Setelah menjalankan IDM versi portable, atur preferensi IDM sesuai kebutuhan. Pengguna dapat mengakses preferensi IDM dengan mengklik menu “File” dan memilih “Options”.
  • Memeriksa pembaruan secara manual
    Meskipun IDM versi portable tidak memiliki fitur pemeriksaan update otomatis, pengguna masih dapat memeriksa pembaruan secara manual jika diinginkan. Untuk memeriksa pembaruan secara manual, buka IDM dan klik menu “Help”. Kemudian, pilih “Check for Updates”.

Dengan menggunakan IDM versi portable, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update tanpa harus menonaktifkan pembaruan otomatis atau menggunakan versi IDM yang lebih lama. Namun, perlu diingat bahwa IDM versi portable mungkin tidak memiliki semua fitur yang tersedia pada versi yang diinstal.

Blokir Akses Internet IDM

Cara lain untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM adalah dengan memblokir akses internet IDM. Dengan memblokir akses internet, IDM tidak dapat terhubung ke server pembaruan dan memeriksa apakah ada versi terbaru.

  • Menggunakan firewall
    Pengguna dapat menggunakan firewall untuk memblokir akses internet IDM. Firewall adalah perangkat lunak atau fitur bawaan sistem operasi yang dapat mengontrol akses jaringan.
  • Mengubah pengaturan router
    Pengguna juga dapat memblokir akses internet IDM melalui pengaturan router. Cari pengaturan “Parental Control” atau “Filter” pada router dan tambahkan alamat IP atau nama domain IDM ke daftar blokir.
  • Menggunakan file hosts
    File hosts adalah file sistem yang digunakan untuk memetakan nama domain ke alamat IP. Pengguna dapat menambahkan entri ke file hosts untuk memblokir akses ke server pembaruan IDM.
  • Menggunakan pemblokir iklan
    Beberapa pemblokir iklan juga memiliki fitur untuk memblokir akses ke URL tertentu. Pengguna dapat menggunakan pemblokir iklan untuk memblokir akses ke server pembaruan IDM.

Dengan memblokir akses internet IDM, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update secara permanen. Namun, perlu diingat bahwa memblokir akses internet IDM juga dapat mencegah IDM mengunduh file dan memperbarui fitur-fiturnya.

Edit File Registri

Cara lain untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM adalah dengan mengedit file registri. File registri adalah database yang menyimpan pengaturan dan konfigurasi sistem operasi dan aplikasi. Dengan mengedit file registri, pengguna dapat menonaktifkan fitur pembaruan otomatis IDM.

Untuk mengedit file registri, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.
2. Ketik “regedit” dan tekan Enter.
3. Navigasi ke kunci registri berikut:
“`
HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager
“`
4. Cari nilai “AutoCheckUpdates” dan ubah nilainya menjadi “0”.
5. Tutup Registry Editor dan restart IDM.
Setelah mengedit file registri, pembaruan otomatis IDM akan dinonaktifkan dan pemberitahuan update tidak akan lagi muncul. Namun, perlu diingat bahwa mengedit file registri dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Pengguna disarankan untuk membuat cadangan file registri sebelum melakukan perubahan apa pun.

Jika pengguna tidak yakin cara mengedit file registri, dapat menggunakan metode lain yang lebih mudah dan aman, seperti menonaktifkan pembaruan otomatis melalui menu “Options” IDM atau menggunakan versi IDM yang lebih lama.

Gunakan Firewall

Firewall adalah perangkat lunak atau fitur bawaan sistem operasi yang dapat mengontrol akses jaringan. Firewall dapat digunakan untuk memblokir akses internet IDM, sehingga IDM tidak dapat terhubung ke server pembaruan dan memeriksa apakah ada versi terbaru.

  • Menggunakan firewall pihak ketiga
    Pengguna dapat menggunakan firewall pihak ketiga seperti ZoneAlarm, Comodo Firewall, atau GlassWire untuk memblokir akses internet IDM. Firewall pihak ketiga biasanya menawarkan lebih banyak fitur dan opsi penyesuaian dibandingkan firewall bawaan sistem operasi.
  • Mengaktifkan firewall bawaan Windows
    Sistem operasi Windows memiliki firewall bawaan yang dapat diaktifkan untuk memblokir akses internet IDM. Untuk mengaktifkan firewall bawaan Windows, buka “Control Panel” dan cari “Windows Firewall”.
  • Membuat aturan firewall
    Setelah mengaktifkan firewall, pengguna perlu membuat aturan untuk memblokir akses internet IDM. Aturan firewall dapat dibuat melalui antarmuka firewall atau melalui command prompt.
  • Memantau aktivitas jaringan
    Setelah membuat aturan firewall, pengguna dapat memantau aktivitas jaringan IDM menggunakan fitur pemantauan firewall. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memastikan bahwa IDM tidak dapat mengakses internet dan memeriksa pembaruan.

Dengan menggunakan firewall, pengguna dapat memblokir akses internet IDM secara efektif dan menghilangkan pemberitahuan update. Namun, perlu diingat bahwa memblokir akses internet IDM juga dapat mencegah IDM mengunduh file dan memperbarui fitur-fiturnya.

Hapus IDM dan Instal Ulang

Cara terakhir untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM adalah dengan menghapus IDM dan menginstalnya kembali. Dengan menghapus IDM, semua pengaturan dan preferensi IDM, termasuk pengaturan pembaruan otomatis, akan dihapus.

  • Mencadangkan data penting
    Sebelum menghapus IDM, pastikan untuk mencadangkan data penting seperti daftar unduhan dan pengaturan preferensi. Data ini dapat ditemukan di folder “C:\ProgramData\IDM\”.
  • Menghapus IDM melalui Control Panel
    Untuk menghapus IDM, buka “Control Panel” dan cari “Programs and Features”. Cari “Internet Download Manager” dalam daftar program dan klik tombol “Uninstall”.
  • Menghapus sisa-sisa instalasi IDM
    Setelah menghapus IDM melalui Control Panel, hapus juga sisa-sisa instalasi IDM secara manual. Hapus folder “C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager” dan folder “C:\ProgramData\IDM”.
  • Meregistrasi ulang file DLL IDM
    Setelah menghapus sisa-sisa instalasi IDM, registrasi ulang file DLL IDM. Untuk melakukan ini, buka command prompt sebagai administrator dan jalankan perintah berikut:
    “`
    regsvr32 “%ProgramFiles%\Internet Download Manager\idman.dll”
    “`
    5. **Menginstal ulang IDM**
    Terakhir, instal ulang IDM dari situs web resmi atau menggunakan file instalasi yang telah diunduh sebelumnya. Pastikan untuk memilih opsi “Custom Installation” dan hapus centang pada opsi “Automatically check for updates”.

Dengan menghapus IDM dan menginstalnya kembali, pemberitahuan update IDM akan hilang secara permanen. Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data dan pengaturan IDM, jadi pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melanjutkan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan pemberitahuan update IDM:

Pertanyaan 1: Mengapa saya terus menerima pemberitahuan update IDM?
Jawaban: Pemberitahuan update IDM muncul karena fitur pembaruan otomatis IDM diaktifkan. Fitur ini secara otomatis memeriksa dan mengunduh pembaruan terbaru IDM.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menonaktifkan pembaruan otomatis IDM?
Jawaban: Pengguna dapat menonaktifkan pembaruan otomatis IDM melalui menu “Options” IDM atau dengan mengedit file registri.

Pertanyaan 3: Apakah aman menggunakan versi IDM yang lebih lama?
Jawaban: Menggunakan versi IDM yang lebih lama umumnya aman, namun tidak disarankan karena versi yang lebih lama mungkin tidak memiliki fitur dan perbaikan keamanan terbaru.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara memblokir akses internet IDM?
Jawaban: Pengguna dapat memblokir akses internet IDM menggunakan firewall, pengaturan router, atau file hosts.

Pertanyaan 5: Apakah menghapus dan menginstal ulang IDM akan menghilangkan pemberitahuan update?
Jawaban: Ya, menghapus dan menginstal ulang IDM akan menghilangkan pemberitahuan update secara permanen, tetapi akan menghapus semua data dan pengaturan IDM.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengetahui apakah pemberitahuan update IDM telah berhasil dihilangkan?
Jawaban: Pengguna dapat memeriksa apakah pemberitahuan update IDM telah berhasil dihilangkan dengan membuka menu “Help” IDM dan mengklik “Check for Updates”. Jika tidak ada pembaruan yang tersedia, berarti pemberitahuan update telah berhasil dihilangkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang dijelaskan dalam artikel ini, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update IDM secara efektif dan menggunakan IDM tanpa gangguan.

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM:

Tip 1: Gunakan versi IDM portable
Versi IDM portable tidak memiliki fitur pembaruan otomatis, sehingga pengguna tidak akan menerima pemberitahuan update. Versi ini dapat dijalankan langsung tanpa perlu instalasi.

Tip 2: Atur jadwal pembaruan manual
Jika pengguna tidak ingin menonaktifkan pembaruan otomatis, pengguna dapat mengatur jadwal pembaruan manual. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa pembaruan pada waktu tertentu, sehingga tidak terganggu oleh pemberitahuan update yang sering muncul.

Tip 3: Buat pintasan IDM dengan opsi “no update”
Pengguna dapat membuat pintasan IDM dengan opsi “no update” untuk meluncurkan IDM tanpa memeriksa pembaruan. Untuk melakukannya, buat pintasan IDM dan tambahkan argumen “-noupdate” pada target pintasan.

Tip 4: Gunakan skrip atau aplikasi pihak ketiga
Ada beberapa skrip atau aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM. Skrip atau aplikasi ini dapat secara otomatis menonaktifkan pembaruan otomatis atau memblokir akses internet IDM.

Dengan mengikuti tips-tips ini, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update IDM secara efektif dan menggunakan IDM tanpa gangguan.

Kesimpulan

Pemberitahuan update IDM dapat mengganggu bagi sebagian pengguna. Dengan mengikuti cara-cara yang dijelaskan dalam artikel ini, pengguna dapat menghilangkan pemberitahuan update IDM secara efektif dan menggunakan IDM tanpa gangguan.

Cara-cara utama untuk menghilangkan pemberitahuan update IDM meliputi:

  • Menonaktifkan pembaruan otomatis
  • Menggunakan versi IDM yang lebih lama
  • Menggunakan IDM versi portable
  • Memblokir akses internet IDM
  • Mengedit file registri
  • Menggunakan firewall
  • Menghapus IDM dan menginstal ulang

Pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya. Penting untuk diingat bahwa beberapa cara dapat berdampak pada fitur dan keamanan IDM, jadi pengguna disarankan untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum memilih cara yang akan digunakan.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *