Cara Menghilangkan Pengalihan Panggilan


Cara Menghilangkan Pengalihan Panggilan

Pengalihan panggilan adalah fitur yang memungkinkan Anda mengalihkan panggilan masuk ke nomor telepon lain. Fitur ini berguna jika Anda tidak dapat menjawab panggilan secara langsung karena sedang sibuk atau berada di luar jangkauan jaringan.

Namun, terkadang Anda mungkin perlu menonaktifkan pengalihan panggilan jika ingin menerima panggilan langsung ke nomor telepon utama Anda. Ada beberapa cara untuk menghilangkan pengalihan panggilan, tergantung pada perangkat dan penyedia layanan Anda.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara menghilangkan pengalihan panggilan pada berbagai perangkat dan penyedia layanan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan pengalihan panggilan pada perangkat Anda:

Cara Menghilangkan Pengalihan Panggilan

Berikut adalah 10 poin penting tentang cara menghilangkan pengalihan panggilan:

  • Cek pengaturan perangkat
  • Hubungi penyedia layanan
  • Gunakan kode USSD
  • Kirim SMS
  • Akses pengaturan jaringan
  • Copot kartu SIM dan pasang kembali
  • Restart perangkat
  • Hapus cache dan data aplikasi telepon
  • Perbarui perangkat lunak
  • Ganti kartu SIM

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghilangkan pengalihan panggilan pada perangkat Anda dan menerima panggilan masuk secara langsung.

Cek pengaturan perangkat

Cara pertama untuk menghilangkan pengalihan panggilan adalah dengan mengecek pengaturan perangkat Anda. Pada sebagian besar perangkat, Anda dapat mengakses pengaturan pengalihan panggilan melalui menu “Pengaturan” atau “Telepon”.

  • Nonaktifkan pengalihan panggilan

    Pada menu pengaturan pengalihan panggilan, cari opsi untuk menonaktifkan atau membatalkan pengalihan panggilan. Biasanya, opsi ini akan diberi label “Nonaktifkan pengalihan panggilan”, “Batalkan pengalihan”, atau serupa.

  • Hapus nomor tujuan pengalihan

    Jika pengalihan panggilan sudah diaktifkan, Anda dapat menonaktifkannya dengan menghapus nomor tujuan pengalihan. Pada menu pengaturan pengalihan panggilan, cari opsi untuk mengedit atau menghapus nomor tujuan. Hapus nomor yang sudah terdaftar dan simpan perubahan.

  • Reset pengaturan jaringan

    Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan pengalihan panggilan pada perangkat Anda, Anda dapat mencoba mereset pengaturan jaringan. Dengan mereset pengaturan jaringan, semua pengaturan jaringan pada perangkat Anda akan dikembalikan ke pengaturan default, termasuk pengaturan pengalihan panggilan.

  • Perbarui perangkat lunak

    Beberapa masalah pengalihan panggilan dapat disebabkan oleh perangkat lunak yang kedaluwarsa. Pastikan Anda menggunakan versi perangkat lunak terbaru pada perangkat Anda. Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka menu “Pengaturan” atau “Tentang telepon” pada perangkat Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba lakukan panggilan ke nomor Anda sendiri untuk memastikan pengalihan panggilan telah berhasil dinonaktifkan.

Hubungi penyedia layanan

Jika Anda tidak dapat menghilangkan pengalihan panggilan melalui pengaturan perangkat, Anda dapat menghubungi penyedia layanan Anda. Penyedia layanan dapat membantu Anda menonaktifkan pengalihan panggilan dari sisi jaringan mereka.

Ada beberapa cara untuk menghubungi penyedia layanan Anda, seperti:

  • Melalui telepon: Anda dapat menghubungi layanan pelanggan penyedia layanan Anda melalui telepon. Biasanya, nomor layanan pelanggan tertera pada kartu SIM atau tagihan telepon Anda.
  • Melalui email: Anda dapat mengirim email ke penyedia layanan Anda dan menjelaskan masalah pengalihan panggilan yang Anda alami. Pastikan untuk menyertakan nomor telepon Anda dan detail masalahnya.
  • Melalui live chat: Beberapa penyedia layanan menawarkan layanan live chat di situs web mereka. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk berkomunikasi langsung dengan perwakilan layanan pelanggan dan meminta bantuan untuk menghilangkan pengalihan panggilan.

Saat menghubungi penyedia layanan Anda, pastikan untuk memberikan informasi berikut:

  • Nomor telepon Anda
  • Jenis pengalihan panggilan yang ingin Anda nonaktifkan (misalnya, pengalihan semua panggilan, pengalihan panggilan saat sibuk, atau pengalihan panggilan saat tidak dijawab)
  • Nomor tujuan pengalihan (jika Anda mengetahuinya)

Setelah Anda memberikan informasi tersebut, penyedia layanan Anda akan membantu Anda menonaktifkan pengalihan panggilan dari sisi jaringan mereka. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa menit, dan Anda akan menerima pemberitahuan melalui SMS atau email saat pengalihan panggilan telah dinonaktifkan.

Gunakan kode USSD

Kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data) adalah kode singkat yang dapat Anda gunakan untuk mengakses berbagai layanan dari penyedia layanan Anda, termasuk menonaktifkan pengalihan panggilan.

Kode USSD untuk menonaktifkan pengalihan panggilan berbeda-beda tergantung pada penyedia layanan Anda. Berikut adalah beberapa kode USSD umum yang dapat Anda coba:

  • *#21#: Kode ini digunakan untuk menonaktifkan semua jenis pengalihan panggilan.
  • *#67#: Kode ini digunakan untuk menonaktifkan pengalihan panggilan saat sibuk.
  • *#61#: Kode ini digunakan untuk menonaktifkan pengalihan panggilan saat tidak dijawab.
  • *#62#: Kode ini digunakan untuk menonaktifkan pengalihan panggilan saat tidak dapat dihubungi.

Untuk menggunakan kode USSD, cukup masukkan kode tersebut ke aplikasi telepon Anda dan tekan tombol panggil. Jika kode berhasil, Anda akan menerima pesan konfirmasi dari penyedia layanan Anda yang menyatakan bahwa pengalihan panggilan telah dinonaktifkan.

Jika Anda tidak yakin dengan kode USSD yang benar untuk penyedia layanan Anda, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan penyedia layanan Anda atau mengunjungi situs web mereka untuk informasi lebih lanjut.

Kirim SMS

Beberapa penyedia layanan juga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pengalihan panggilan melalui SMS. Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu mengirim SMS dengan format tertentu ke nomor khusus yang disediakan oleh penyedia layanan Anda.

Format SMS dan nomor tujuan untuk menonaktifkan pengalihan panggilan melalui SMS berbeda-beda tergantung pada penyedia layanan Anda. Berikut adalah beberapa contoh umum:

  • Penyedia layanan A: Kirim SMS dengan format “HAPUS PENGALIHAN” ke nomor 123.
  • Penyedia layanan B: Kirim SMS dengan format “NONAKTIF PENGALIHAN” ke nomor 456.
  • Penyedia layanan C: Kirim SMS dengan format “BATAL PENGALIHAN” ke nomor 789.

Setelah Anda mengirim SMS dengan format yang benar, Anda akan menerima pesan konfirmasi dari penyedia layanan Anda yang menyatakan bahwa pengalihan panggilan telah dinonaktifkan.

Jika Anda tidak yakin dengan format SMS atau nomor tujuan yang benar untuk penyedia layanan Anda, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan penyedia layanan Anda atau mengunjungi situs web mereka untuk informasi lebih lanjut.

Akses pengaturan jaringan

Pada beberapa perangkat, Anda dapat mengakses pengaturan jaringan untuk menonaktifkan pengalihan panggilan. Pengaturan jaringan biasanya terdapat pada menu “Pengaturan” atau “Jaringan dan Internet” pada perangkat Anda.

  • Matikan data seluler

    Salah satu cara untuk menghilangkan pengalihan panggilan melalui pengaturan jaringan adalah dengan mematikan data seluler. Saat data seluler dimatikan, perangkat Anda tidak akan dapat terhubung ke jaringan seluler, sehingga pengalihan panggilan tidak akan berfungsi.

  • Alihkan ke mode pesawat

    Anda juga dapat menghilangkan pengalihan panggilan dengan mengaktifkan mode pesawat. Mode pesawat akan menonaktifkan semua koneksi nirkabel pada perangkat Anda, termasuk data seluler dan Wi-Fi, sehingga pengalihan panggilan tidak akan berfungsi.

  • Reset pengaturan jaringan

    Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan untuk menonaktifkan pengalihan panggilan pada pengaturan jaringan, Anda dapat mencoba mereset pengaturan jaringan. Dengan mereset pengaturan jaringan, semua pengaturan jaringan pada perangkat Anda akan dikembalikan ke pengaturan default, termasuk pengaturan pengalihan panggilan.

  • Perbarui perangkat lunak

    Beberapa masalah pengalihan panggilan dapat disebabkan oleh perangkat lunak yang kedaluwarsa. Pastikan Anda menggunakan versi perangkat lunak terbaru pada perangkat Anda. Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka menu “Pengaturan” atau “Tentang telepon” pada perangkat Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba lakukan panggilan ke nomor Anda sendiri untuk memastikan pengalihan panggilan telah berhasil dinonaktifkan.

Copot kartu SIM dan Pasang Kembali

Restart Perangkat

Memulai ulang perangkat dapat membantu menghilangkan masalah pengalihan panggilan yang disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak sementara.

  • Matikan dan hidupkan kembali perangkat

    Cara termudah untuk memulai ulang perangkat adalah dengan mematikannya dan kemudian menghidupkannya kembali. Ini akan menutup semua aplikasi dan proses yang berjalan, dan memuat ulang sistem operasi perangkat.

  • Paksa mulai ulang perangkat

    Jika perangkat Anda tidak merespons atau tidak dapat dimatikan secara normal, Anda dapat mencoba memaksa mulai ulang. Cara memaksa mulai ulang perangkat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Biasanya, Anda dapat memaksa mulai ulang perangkat dengan menekan dan menahan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan selama beberapa detik.

  • Reset perangkat ke pengaturan pabrik

    Jika memulai ulang perangkat tidak berhasil, Anda dapat mencoba mereset perangkat ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada perangkat Anda, termasuk pengaturan pengalihan panggilan. Pastikan untuk mencadangkan data penting Anda sebelum melakukan reset pabrik.

  • Perbarui perangkat lunak

    Beberapa masalah pengalihan panggilan dapat disebabkan oleh perangkat lunak yang kedaluwarsa. Pastikan Anda menggunakan versi perangkat lunak terbaru pada perangkat Anda. Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka menu “Pengaturan” atau “Tentang telepon” pada perangkat Anda.

Setelah memulai ulang atau mereset perangkat, coba lakukan panggilan ke nomor Anda sendiri untuk memastikan pengalihan panggilan telah berhasil dinonaktifkan.

Hapus Cache dan Data Aplikasi Telepon

Aplikasi telepon pada perangkat Anda menyimpan data dan cache untuk mempercepat pemuatan dan fungsionalitas. Namun, terkadang data dan cache ini dapat menjadi rusak dan menyebabkan masalah, termasuk masalah pengalihan panggilan.

  • Hapus cache aplikasi telepon

    Langkah pertama adalah menghapus cache aplikasi telepon. Ini akan menghapus data sementara yang disimpan oleh aplikasi, tetapi tidak akan menghapus data penting seperti kontak atau riwayat panggilan.

  • Hapus data aplikasi telepon

    Jika menghapus cache tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus data aplikasi telepon. Ini akan menghapus semua data yang disimpan oleh aplikasi, termasuk pengaturan, kontak, dan riwayat panggilan. Pastikan untuk mencadangkan data penting Anda sebelum menghapus data aplikasi.

  • Perbarui aplikasi telepon

    Beberapa masalah pengalihan panggilan dapat disebabkan oleh aplikasi telepon yang kedaluwarsa. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi telepon pada perangkat Anda. Untuk memeriksa pembaruan aplikasi, buka Google Play Store atau Apple App Store.

  • Ganti aplikasi telepon

    Jika masalah pengalihan panggilan terus berlanjut, Anda dapat mencoba mengganti aplikasi telepon dengan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi telepon pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Setelah menghapus cache atau data aplikasi telepon, atau mengganti aplikasi telepon, coba lakukan panggilan ke nomor Anda sendiri untuk memastikan pengalihan panggilan telah berhasil dinonaktifkan.

Perbarui Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan fitur. Membarui perangkat lunak perangkat Anda dapat membantu menghilangkan masalah pengalihan panggilan yang disebabkan oleh bug perangkat lunak.

  • Periksa pembaruan perangkat lunak

    Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka menu “Pengaturan” atau “Tentang telepon” pada perangkat Anda. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat pemberitahuan.

  • Unduh dan instal pembaruan

    Jika ada pembaruan yang tersedia, unduh dan instal pembaruan tersebut. Proses pengunduhan dan penginstalan mungkin memerlukan waktu beberapa menit, tergantung pada ukuran pembaruan.

  • Restart perangkat

    Setelah pembaruan perangkat lunak selesai diinstal, restart perangkat Anda. Ini akan memastikan bahwa pembaruan diterapkan dengan benar.

  • Coba lakukan panggilan

    Setelah perangkat Anda dihidupkan ulang, coba lakukan panggilan ke nomor Anda sendiri untuk memastikan pengalihan panggilan telah berhasil dinonaktifkan.

Jika masalah pengalihan panggilan masih berlanjut setelah memperbarui perangkat lunak, Anda dapat mencoba langkah-langkah pemecahan masalah lainnya yang diuraikan dalam artikel ini.

Ganti Kartu SIM

Dalam beberapa kasus, masalah pengalihan panggilan dapat disebabkan oleh kartu SIM yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Mengganti kartu SIM dapat membantu menghilangkan masalah ini.

  • Hubungi penyedia layanan Anda

    Untuk mengganti kartu SIM, Anda perlu menghubungi penyedia layanan Anda. Penyedia layanan Anda akan mengirimkan kartu SIM baru kepada Anda.

  • Pasang kartu SIM baru

    Setelah Anda menerima kartu SIM baru, matikan perangkat Anda dan pasang kartu SIM baru ke dalam slot kartu SIM.

  • Hidupkan kembali perangkat Anda

    Setelah kartu SIM baru terpasang, hidupkan kembali perangkat Anda. Perangkat Anda akan secara otomatis mendeteksi kartu SIM baru.

  • Coba lakukan panggilan

    Setelah perangkat Anda dihidupkan ulang, coba lakukan panggilan ke nomor Anda sendiri untuk memastikan pengalihan panggilan telah berhasil dinonaktifkan.

Jika masalah pengalihan panggilan masih berlanjut setelah mengganti kartu SIM, Anda dapat mencoba langkah-langkah pemecahan masalah lainnya yang diuraikan dalam artikel ini.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara menghilangkan pengalihan panggilan:

Pertanyaan 1: Mengapa panggilan saya dialihkan?
Panggilan dapat dialihkan karena berbagai alasan, seperti pengaturan perangkat yang salah, fitur pengalihan panggilan yang diaktifkan oleh penyedia layanan Anda, atau masalah dengan kartu SIM Anda.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghilangkan pengalihan panggilan melalui pengaturan perangkat?
Anda dapat menghilangkan pengalihan panggilan melalui pengaturan perangkat dengan menonaktifkan fitur pengalihan panggilan, menghapus nomor tujuan pengalihan, atau mereset pengaturan jaringan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menghilangkan pengalihan panggilan melalui penyedia layanan?
Anda dapat menghilangkan pengalihan panggilan melalui penyedia layanan dengan menghubungi layanan pelanggan penyedia layanan Anda, mengirim SMS, atau menggunakan kode USSD.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menghilangkan pengalihan panggilan menggunakan kode USSD?
Anda dapat menghilangkan pengalihan panggilan menggunakan kode USSD dengan memasukkan kode yang sesuai ke aplikasi telepon Anda. Kode USSD untuk menonaktifkan pengalihan panggilan berbeda-beda tergantung pada penyedia layanan Anda.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menghilangkan pengalihan panggilan dengan mengganti kartu SIM?
Anda dapat menghilangkan pengalihan panggilan dengan mengganti kartu SIM jika masalah pengalihan panggilan disebabkan oleh kartu SIM yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menghilangkan pengalihan panggilan jika tidak ada metode yang berhasil?
Jika tidak ada metode yang berhasil menghilangkan pengalihan panggilan, Anda dapat mencoba menghubungi produsen perangkat Anda atau mengunjungi pusat layanan resmi.

Jika Anda masih mengalami masalah pengalihan panggilan setelah mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini dan FAQ, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan Anda atau produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan pengalihan panggilan:

Pastikan Anda memiliki pengaturan yang benar
Periksa pengaturan perangkat Anda untuk memastikan bahwa fitur pengalihan panggilan tidak diaktifkan. Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan Anda untuk memastikan bahwa tidak ada fitur pengalihan panggilan yang diaktifkan pada akun Anda.

Gunakan kode USSD atau SMS
Beberapa penyedia layanan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pengalihan panggilan menggunakan kode USSD atau SMS. Periksa situs web penyedia layanan Anda atau hubungi layanan pelanggan untuk mengetahui kode atau format SMS yang benar.

Restart perangkat Anda
Memulai ulang perangkat Anda dapat membantu menghilangkan masalah sementara yang dapat menyebabkan pengalihan panggilan. Matikan perangkat Anda dan hidupkan kembali setelah beberapa detik.

Perbarui perangkat lunak perangkat Anda
Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan fitur. Pastikan Anda menggunakan versi perangkat lunak terbaru pada perangkat Anda. Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka menu “Pengaturan” atau “Tentang telepon” pada perangkat Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menghilangkan pengalihan panggilan secara efektif.

Kesimpulan

Pengalihan panggilan adalah fitur yang berguna dalam situasi tertentu, tetapi dapat menjadi masalah jika diaktifkan secara tidak sengaja atau tidak diinginkan. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat menghilangkan pengalihan panggilan secara efektif dan memastikan bahwa panggilan Anda diterima langsung ke nomor telepon Anda.

Ingatlah untuk memeriksa pengaturan perangkat Anda, menghubungi penyedia layanan Anda, dan mencoba metode lain seperti menggunakan kode USSD atau SMS, memulai ulang perangkat, atau memperbarui perangkat lunak perangkat Anda jika diperlukan. Dengan kesabaran dan pemecahan masalah yang cermat, Anda dapat menyelesaikan masalah pengalihan panggilan dan menikmati komunikasi yang lancar.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *