Cara Menghilangkan Poni HP Samsung


Cara Menghilangkan Poni HP Samsung

Poni pada layar HP Samsung dapat mengganggu saat menonton video atau bermain game. Poni ini juga dapat membuat tampilan HP menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, banyak pengguna Samsung yang mencari cara untuk menghilangkan poni pada HP mereka.

Sebenarnya, Samsung sendiri tidak menyediakan fitur untuk menghilangkan poni pada HP-nya. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menutupi poni tersebut, sehingga tampilan HP menjadi lebih nyaman dan menarik.

Cara Menghilangkan Poni HP Samsung

Berikut ini adalah 7 cara menghilangkan poni HP Samsung:

  • Gunakan wallpaper gelap
  • Aktifkan mode gelap
  • Pasang aplikasi Notch Remover
  • Gunakan Nova Launcher
  • Custom ROM
  • Sembunyikan poni
  • Gunakan pelindung layar berponi

Dengan cara-cara tersebut, Anda dapat menghilangkan poni pada HP Samsung Anda, sehingga tampilan HP menjadi lebih nyaman dan menarik.

Gunakan Wallpaper Gelap

Salah satu cara menghilangkan poni HP Samsung adalah dengan menggunakan wallpaper gelap. Wallpaper gelap akan membuat poni menjadi kurang terlihat, karena area sekitar poni akan menyatu dengan warna wallpaper.

  • Pilih wallpaper berwarna hitam atau abu-abu tua
    Warna-warna ini dapat menyamarkan poni dengan baik, sehingga poni menjadi tidak terlalu terlihat.
  • Hindari wallpaper berwarna terang atau bermotif
    Wallpaper berwarna terang atau bermotif akan membuat poni menjadi lebih terlihat, karena area sekitar poni akan kontras dengan warna wallpaper.
  • Gunakan gambar atau foto yang gelap
    Jika Anda ingin menggunakan gambar atau foto sebagai wallpaper, pilihlah gambar atau foto yang gelap, sehingga poni dapat tersamarkan dengan baik.
  • Sesuaikan kecerahan layar
    Selain memilih wallpaper gelap, Anda juga perlu menyesuaikan kecerahan layar. Semakin rendah kecerahan layar, semakin gelap tampilan layar, sehingga poni akan semakin tidak terlihat.

Dengan menggunakan wallpaper gelap, Anda dapat membuat poni pada HP Samsung Anda menjadi tidak terlalu terlihat, sehingga tampilan HP menjadi lebih nyaman dan menarik.

Aktifkan Mode Gelap

Selain menggunakan wallpaper gelap, Anda juga dapat mengaktifkan mode gelap untuk menghilangkan poni pada HP Samsung. Mode gelap akan membuat tampilan antarmuka pengguna (UI) menjadi gelap, sehingga poni akan menyatu dengan area sekitar dan menjadi tidak terlalu terlihat.

Untuk mengaktifkan mode gelap pada HP Samsung, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Pilih menu Tampilan
  3. Aktifkan sakelar Mode Gelap

Setelah mode gelap diaktifkan, tampilan antarmuka pengguna HP Samsung Anda akan berubah menjadi gelap, termasuk area poni. Poni akan menyatu dengan area sekitar, sehingga menjadi tidak terlalu terlihat.

Selain membuat poni menjadi tidak terlalu terlihat, mode gelap juga memiliki beberapa keuntungan lain, seperti:

  • Menghemat daya baterai
  • Mengurangi ketegangan mata, terutama saat digunakan di malam hari
  • Membuat tampilan layar menjadi lebih nyaman dilihat

Jadi, selain menghilangkan poni, mengaktifkan mode gelap juga dapat memberikan beberapa keuntungan lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengaktifkan mode gelap pada HP Samsung Anda.

Pasang Aplikasi Notch Remover

Cara menghilangkan poni HP Samsung lainnya adalah dengan memasang aplikasi Notch Remover. Aplikasi ini berfungsi untuk menyembunyikan poni dengan menambahkan bilah hitam di bagian atas layar, sehingga poni menjadi tertutupi.

  • Download aplikasi Notch Remover dari Google Play Store
    Terdapat beberapa aplikasi Notch Remover yang tersedia di Google Play Store. Anda dapat memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Instal dan jalankan aplikasi Notch Remover
    Setelah aplikasi terinstal, jalankan aplikasi dan aktifkan fitur untuk menyembunyikan poni.
  • Sesuaikan bilah hitam sesuai keinginan
    Anda dapat menyesuaikan lebar dan tinggi bilah hitam sesuai keinginan Anda, sehingga poni dapat tertutupi dengan sempurna.
  • Nikmati tampilan layar tanpa poni
    Setelah bilah hitam disesuaikan, poni pada HP Samsung Anda akan tertutupi, sehingga Anda dapat menikmati tampilan layar tanpa poni.

Namun, perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi Notch Remover mungkin tidak kompatibel dengan semua aplikasi dan game. Oleh karena itu, sebelum memasang aplikasi Notch Remover, pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan aplikasi dan game yang sering Anda gunakan.

Gunakan Nova Launcher

Nova Launcher adalah aplikasi peluncur pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan antarmuka pengguna (UI) HP Samsung. Nova Launcher memiliki fitur yang dapat menyembunyikan poni dengan menambahkan bilah hitam di bagian atas layar.

  • Download Nova Launcher dari Google Play Store
    Nova Launcher tersedia secara gratis di Google Play Store. Anda dapat mengunduhnya dan menginstalnya di HP Samsung Anda.
  • Atur Nova Launcher sebagai peluncur default
    Setelah Nova Launcher terinstal, Anda perlu mengaturnya sebagai peluncur default. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Default > Peluncur Aplikasi, lalu pilih Nova Launcher.
  • Aktifkan fitur sembunyikan poni
    Buka Nova Launcher, lalu buka Pengaturan Nova > Tampilan & nuansa > Bilah Notifikasi. Aktifkan opsi “Sembunyikan poni”.
  • Sesuaikan bilah hitam sesuai keinginan
    Anda dapat menyesuaikan lebar dan tinggi bilah hitam sesuai keinginan Anda, sehingga poni dapat tertutupi dengan sempurna.

Dengan menggunakan Nova Launcher, Anda dapat menyembunyikan poni pada HP Samsung Anda tanpa perlu memasang aplikasi tambahan. Nova Launcher juga menawarkan berbagai fitur kustomisasi lainnya, sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan antarmuka pengguna sesuai keinginan Anda.

Custom ROM

Custom ROM adalah sistem operasi Android yang dimodifikasi dan tidak resmi. Custom ROM biasanya dikembangkan oleh komunitas pengembang dan menawarkan berbagai fitur dan kustomisasi tambahan yang tidak tersedia pada ROM resmi dari Samsung.

Beberapa custom ROM memiliki fitur yang dapat menyembunyikan poni pada HP Samsung. Misalnya, custom ROM LineageOS memiliki fitur yang disebut “Immersive Mode” yang dapat menyembunyikan poni dengan menambahkan bilah hitam di bagian atas layar.

Untuk memasang custom ROM pada HP Samsung, Anda perlu melakukan beberapa langkah teknis, seperti membuka kunci bootloader dan mem-flash ROM menggunakan recovery khusus. Proses ini cukup rumit dan berisiko, sehingga hanya disarankan untuk dilakukan oleh pengguna yang berpengalaman.

Jika Anda berhasil memasang custom ROM yang memiliki fitur untuk menyembunyikan poni, Anda dapat menikmati tampilan layar tanpa poni pada HP Samsung Anda. Namun, perlu diketahui bahwa memasang custom ROM dapat membatalkan garansi HP Anda dan berpotensi menyebabkan masalah pada perangkat Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami risiko yang terlibat sebelum memutuskan untuk memasang custom ROM.

Sembunyikan Poni

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi atau memasang custom ROM, Anda juga dapat menyembunyikan poni pada HP Samsung secara manual dengan menggunakan fitur bawaan.

  • Aktifkan mode layar penuh
    Beberapa aplikasi dan game mendukung mode layar penuh, yang dapat menyembunyikan poni. Untuk mengaktifkan mode layar penuh, buka aplikasi atau game yang mendukung, lalu ketuk ikon layar penuh di bagian atas layar.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
    Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menyembunyikan poni. Misalnya, aplikasi “Hide Notch” dapat menambahkan bilah hitam di bagian atas layar, sehingga poni menjadi tertutupi.
  • Gunakan wallpaper khusus
    Anda dapat menggunakan wallpaper khusus yang dirancang untuk menyembunyikan poni. Wallpaper ini biasanya memiliki warna atau gambar yang gelap di bagian atas, sehingga poni menyatu dengan wallpaper dan menjadi tidak terlihat.
  • Tempelkan stiker
    Jika Anda tidak keberatan dengan tampilan HP yang sedikit berbeda, Anda dapat menempelkan stiker di bagian atas layar untuk menutupi poni. Stiker ini dapat berupa stiker hitam polos atau stiker dengan desain yang menarik.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, Anda dapat menyembunyikan poni pada HP Samsung Anda tanpa perlu melakukan perubahan yang permanen pada perangkat Anda.

Gunakan Pelindung Layar Berponi

Pelindung layar berponi adalah pelindung layar yang dirancang khusus untuk HP dengan poni. Pelindung layar ini memiliki potongan khusus di bagian poni, sehingga poni tidak tertutupi oleh pelindung layar.

  • Pilih pelindung layar berponi yang berkualitas
    Pelindung layar berponi yang berkualitas tinggi akan memiliki potongan yang presisi, sehingga poni tidak tertutupi dan pelindung layar dapat menempel dengan sempurna pada layar.
  • Pasang pelindung layar berponi dengan benar
    Pastikan pelindung layar terpasang dengan benar pada layar, tanpa ada gelembung udara atau bagian yang terangkat. Jika pelindung layar tidak terpasang dengan benar, poni dapat terlihat atau pelindung layar dapat terlepas dari layar.
  • Gunakan pelindung layar berponi yang bening
    Sebaiknya gunakan pelindung layar berponi yang bening, sehingga tampilan layar tidak terganggu. Pelindung layar berponi yang berwarna atau bermotif dapat membuat tampilan layar menjadi kurang jernih.
  • Ganti pelindung layar berponi secara teratur
    Pelindung layar berponi dapat tergores atau rusak seiring waktu, sehingga perlu diganti secara teratur. Sebaiknya ganti pelindung layar berponi setiap 6 bulan atau 1 tahun, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan HP.

Dengan menggunakan pelindung layar berponi, Anda dapat melindungi layar HP Samsung Anda dari goresan dan kerusakan, serta membuat poni menjadi tidak terlalu terlihat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan poni HP Samsung:

Pertanyaan 1: Apa cara paling efektif untuk menghilangkan poni HP Samsung?
Jawaban 1: Cara paling efektif untuk menghilangkan poni HP Samsung adalah dengan memasang custom ROM yang memiliki fitur untuk menyembunyikan poni.

Pertanyaan 2: Apakah ada cara untuk menghilangkan poni HP Samsung tanpa memasang custom ROM?
Jawaban 2: Ya, ada beberapa cara untuk menghilangkan poni HP Samsung tanpa memasang custom ROM, seperti menggunakan aplikasi Notch Remover, Nova Launcher, atau menyembunyikan poni secara manual menggunakan fitur bawaan.

Pertanyaan 3: Apakah menggunakan aplikasi Notch Remover aman?
Jawaban 3: Sebagian besar aplikasi Notch Remover aman digunakan. Namun, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Pertanyaan 4: Apakah menyembunyikan poni dapat merusak HP Samsung?
Jawaban 4: Menyembunyikan poni pada HP Samsung umumnya tidak merusak perangkat. Namun, jika Anda menggunakan cara yang melibatkan modifikasi perangkat lunak, seperti memasang custom ROM, pastikan Anda memahami risiko yang terlibat dan melakukan backup data Anda sebelum melakukan perubahan apa pun.

Pertanyaan 5: Apakah ada cara untuk menghilangkan poni HP Samsung secara permanen?
Jawaban 5: Tidak ada cara untuk menghilangkan poni HP Samsung secara permanen tanpa merusak perangkat. Poni adalah bagian dari desain perangkat dan tidak dapat dihilangkan secara fisik.

Pertanyaan 6: Apakah menghilangkan poni akan mengurangi kualitas tampilan layar?
Jawaban 6: Menghilangkan poni dapat sedikit mengurangi kualitas tampilan layar, terutama jika Anda menggunakan cara yang melibatkan penambahan bilah hitam di bagian atas layar. Namun, sebagian besar cara menghilangkan poni tidak akan berdampak signifikan pada kualitas tampilan layar.

Pertanyaan 7: Apakah menyembunyikan poni akan menghemat baterai?
Jawaban 7: Menyembunyikan poni pada HP Samsung tidak akan menghemat baterai secara signifikan. Poni hanya menggunakan sedikit daya, dan menyembunyikannya tidak akan membuat perbedaan yang nyata pada masa pakai baterai.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan poni HP Samsung. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar di bawah.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan poni HP Samsung:

Gunakan wallpaper gelap. Wallpaper gelap dapat membuat poni menjadi kurang terlihat, karena area sekitar poni akan menyatu dengan warna wallpaper.

Aktifkan mode gelap. Mode gelap akan membuat tampilan antarmuka pengguna (UI) menjadi gelap, sehingga poni akan menyatu dengan area sekitar dan menjadi tidak terlalu terlihat.

Sembunyikan poni secara manual. Beberapa aplikasi dan game mendukung mode layar penuh, yang dapat menyembunyikan poni. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau wallpaper khusus untuk menyembunyikan poni.

Gunakan pelindung layar berponi. Pelindung layar berponi dirancang khusus untuk HP dengan poni, sehingga poni tidak tertutupi oleh pelindung layar. Pastikan Anda memilih pelindung layar berponi yang berkualitas dan memasangnya dengan benar.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menghilangkan poni pada HP Samsung Anda dan menikmati tampilan layar yang lebih nyaman dan menarik.

Kesimpulan

Poni pada HP Samsung dapat mengganggu dan membuat tampilan layar menjadi kurang menarik. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan poni pada HP Samsung, sehingga tampilan layar menjadi lebih nyaman dan menarik.

Cara paling efektif untuk menghilangkan poni adalah dengan memasang custom ROM yang memiliki fitur untuk menyembunyikan poni. Namun, jika Anda tidak ingin memasang custom ROM, Anda dapat menggunakan beberapa cara lain, seperti memasang aplikasi Notch Remover, Nova Launcher, atau menyembunyikan poni secara manual menggunakan fitur bawaan.

Selain cara-cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan wallpaper gelap, mengaktifkan mode gelap, atau menggunakan pelindung layar berponi untuk membuat poni menjadi kurang terlihat. Dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat menghilangkan poni pada HP Samsung Anda dan menikmati tampilan layar yang lebih nyaman dan menarik.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *