Cara Menghilangkan Protected View Excel 2010


Cara Menghilangkan Protected View Excel 2010

Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak aplikasi spreadsheet yang populer dan banyak digunakan. Pengguna Excel seringkali menemukan file yang dibuka dalam mode “Protected View”. Mode ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dengan membatasi pengeditan dan mencegah penyebaran malware.

Namun, dalam beberapa kasus, mode Protected View dapat mengganggu alur kerja dan membatasi fungsionalitas Excel. Oleh karena itu, pengguna mungkin perlu menonaktifkan mode Protected View untuk dapat mengedit file secara penuh.

Cara Menghilangkan Protected View Excel 2010

Berikut adalah 8 langkah penting untuk menghilangkan Protected View di Excel 2010:

  • Buka file Excel.
  • Klik tab “File”.
  • Pilih “Info”.
  • Klik “Aktifkan Pengeditan”.
  • Klik “Perbolehkan Pengeditan”.
  • Jika diminta, klik “Ya”.
  • File sekarang akan berada dalam mode pengeditan.
  • Simpan file.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat menonaktifkan mode Protected View dan mendapatkan akses penuh ke fungsionalitas pengeditan Excel.

Buka File Excel

Langkah pertama untuk menghilangkan Protected View di Excel 2010 adalah membuka file Excel yang ingin diedit. Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

  1. Klik dua kali pada ikon file Excel.
  2. Buka Microsoft Excel, kemudian klik “File” > “Open” dan pilih file yang diinginkan.
  3. Seret dan jatuhkan file Excel ke dalam jendela Microsoft Excel yang terbuka.

Setelah file Excel terbuka, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan mode Protected View. Mode ini biasanya diaktifkan secara otomatis ketika file dibuka dari sumber yang tidak tepercaya atau berisi konten yang berpotensi berbahaya.

Untuk menonaktifkan Protected View, klik tab “File” pada bilah menu di bagian atas jendela Excel. Kemudian, klik tombol “Info” yang terletak di panel sebelah kiri.

Pada panel “Info”, cari bagian “Protected View”. Di bagian ini, akan terdapat tombol “Aktifkan Pengeditan” atau “Enable Editing”. Klik tombol tersebut untuk menonaktifkan mode Protected View.

Setelah mode Protected View dinonaktifkan, pengguna dapat mengedit file Excel secara penuh. Namun, penting untuk diingat bahwa menonaktifkan Protected View dapat meningkatkan risiko keamanan, sehingga hanya boleh dilakukan jika pengguna yakin bahwa file tersebut aman.

クリック タブ “ファイル”

Excel 2010 の Protected View を解除するには、まず “ファイル” タブをクリックする必要があります。このタブは、Excel ウィンドウの左上隅にあります。

  • ファイルを開く

    “ファイル” タブをクリックすると、ファイルを開くためのオプションを含むメニューが表示されます。ここから、コンピュータ上のファイルを参照して開くか、最近開いたファイルから選択できます。

  • 情報の表示

    “ファイル” タブには、現在開いているファイルに関する情報も表示されます。この情報には、ファイル名、場所、サイズ、作成者などがあります。

  • オプション

    “ファイル” タブには、Excel の設定やオプションを変更するためのオプションも含まれています。このオプションを使用すると、インターフェイスの外観、パフォーマンス、セキュリティ設定などをカスタマイズできます。

  • アカウント

    “ファイル” タブには、Microsoft アカウントに関する情報も表示されます。この情報を使用して、クラウド ストレージへのアクセス、他のユーザーとの共同作業、サポートの取得などを行えます。

“ファイル” タブは、Excel でファイルを開いたり管理したりするための重要なハブです。Protected View を解除するには、このタブから “情報” ボタンをクリックする必要があります。

Pilih “Info”

Setelah mengklik tab “File”, langkah selanjutnya adalah memilih tombol “Info”. Tombol ini terletak di panel sebelah kiri jendela Excel, di bawah tab “File”.

Tombol “Info” menampilkan informasi tentang file yang sedang dibuka, termasuk nama file, ukuran, lokasi, dan tanggal pembuatan. Tombol ini juga menyediakan akses ke berbagai opsi yang berkaitan dengan keamanan dan izin file.

Untuk menghilangkan Protected View, klik tombol “Info” dan cari bagian “Protected View” di panel sebelah kanan. Bagian ini akan menampilkan status Protected View untuk file saat ini dan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode ini.

Jika Protected View aktif, tombol “Aktifkan Pengeditan” akan tersedia. Klik tombol ini untuk menonaktifkan Protected View dan mengaktifkan mode pengeditan penuh. Setelah Protected View dinonaktifkan, pengguna dapat mengedit file secara bebas dan menyimpan perubahannya.

Penting untuk dicatat bahwa menonaktifkan Protected View dapat meningkatkan risiko keamanan, karena file tersebut menjadi lebih rentan terhadap serangan malware. Oleh karena itu, pengguna hanya boleh menonaktifkan Protected View jika mereka yakin bahwa file tersebut aman dan berasal dari sumber yang tepercaya.

クリック “Aktifkan Pengeditan”

Setelah mengidentifikasi bagian “Protected View” dan memastikan bahwa tombol “Aktifkan Pengeditan” terlihat, klik tombol tersebut untuk menonaktifkan Protected View.

  • Konfirmasi Penonaktifan

    Setelah meng- klik tombol “Aktifkan Pengeditan”, Excel akan menampilkan jendela konfirmasi. Jendela ini akan memperingatkan pengguna bahwa menonaktifkan Protected View dapat meningkatkan risiko keamanan dan memberi pengguna opsi untuk melanjutkan atau membatalkan operasi.

  • Lanjutan Penonaktifan

    Jika pengguna yakin bahwa file tersebut aman dan ingin melanjutkan, klik tombol “Ya” pada jendela konfirmasi. Excel kemudian akan menonaktifkan Protected View dan memungkinkan pengguna untuk mengedit file secara penuh.

  • Kembali ke Mode Pengeditan

    Setelah Protected View dinonaktifkan, pengguna akan dikembalikan ke mode pengeditan normal. Status Protected View akan berubah menjadi “Nonaktif” di bagian “Protected View” pada panel “Info”.

  • Penyimpanan Perubahan

    Setelah melakukan perubahan pada file, pengguna dapat menyimpan perubahan tersebut secara normal. Protected View tidak akan aktif kembali secara otomatis setelah file disimpan, kecuali jika pengguna menutup dan kemudian Membuka kembali file tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa menonaktifkan Protected View hanya berdampak pada file yang saat ini sedang dibuka. File lain yang dibuka di Excel akan tetap berada dalam mode Protected View hingga pengguna menonaktifkannya secara manual.

Klik “Perbolehkan Pengeditan”

Dalam beberapa kasus, setelah mengklik tombol “Aktifkan Pengeditan”, pengguna mungkin masih melihat pesan peringatan yang menyatakan bahwa file tersebut masih dalam mode Protected View dan pengguna perlu mengklik tombol “Perbolehkan Pengeditan” untuk melanjutkan pengeditan.

  • Asal Pesan Peringatan

    Pesan peringatan ini biasanya muncul jika file tersebut berasal dari sumber yang tidak tepercaya atau berisi konten yang berpotensi berbahaya. Excel akan memblokir pengeditan file-file ini dalam mode Protected View untuk melindungi pengguna dari potensi ancaman keamanan.

  • Mengidentifikasi Risiko

    Sebelum mengklik tombol “Perbolehkan Pengeditan”, penting untuk mengidentifikasi risiko yang terkait dengan menonaktifkan Protected View. Pengguna harus memastikan bahwa file tersebut berasal dari sumber yang tepercaya dan tidak mengandung konten berbahaya apa pun.

  • Melanjutkan Pengeditan

    Jika pengguna yakin bahwa file tersebut aman, klik tombol “Perbolehkan Pengeditan”. Excel kemudian akan menonaktifkan Protected View sepenuhnya dan memungkinkan pengguna untuk mengedit file secara bebas.

  • Kewaspadaan dan Pencegahan

    Meskipun Excel menyediakan fitur Protected View untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan, pengguna tetap harus berhati-hati saat membuka dan mengedit file dari sumber yang tidak dikenal. Selalu disarankan untuk memindai file dengan perangkat lunak antivirus sebelum membukanya di Excel.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas, pengguna dapat menonaktifkan Protected View di Excel 2010 dan mendapatkan akses penuh ke fungsionalitas pengeditan. Namun, penting untuk selalu memprioritaskan keamanan dan hanya menonaktifkan Protected View ketika pengguna yakin bahwa file tersebut aman dan berasal dari sumber yang tepercaya.

Jika Diminta, Klik “Ya”

Setelah mengklik tombol “Perbolehkan Pengeditan”, Excel mungkin menampilkan jendela konfirmasi tambahan yang menanyakan pengguna apakah mereka yakin ingin menonaktifkan Protected View. Jendela ini akan menjelaskan bahwa menonaktifkan Protected View dapat meningkatkan risiko keamanan dan memberi pengguna opsi untuk melanjutkan atau membatalkan operasi.

Jika pengguna yakin bahwa file tersebut aman dan ingin melanjutkan, klik tombol “Ya” pada jendela konfirmasi. Excel kemudian akan menonaktifkan Protected View sepenuhnya dan memungkinkan pengguna untuk mengedit file secara bebas.

Penting untuk dicatat bahwa mengklik tombol “Ya” akan menonaktifkan Protected View hanya untuk file yang sedang dibuka. File lain yang dibuka di Excel akan tetap berada dalam mode Protected View hingga pengguna menonaktifkannya secara manual.

Pengguna harus selalu berhati-hati saat menonaktifkan Protected View dan hanya melakukannya ketika mereka yakin bahwa file tersebut aman dan berasal dari sumber yang tepercaya. Jika pengguna ragu tentang keamanan file, disarankan untuk tidak menonaktifkan Protected View dan menutup file tersebut.

File Sekarang Akan Berada Dalam Mode Pengeditan

Setelah mengklik tombol “Ya” pada jendela konfirmasi (jika diminta), Excel akan menonaktifkan Protected View sepenuhnya dan file akan memasuki mode pengeditan normal.

  • Pengaktifan Fitur Pengeditan

    Dalam mode pengeditan, pengguna akan memiliki akses penuh ke semua fitur pengeditan Excel, termasuk kemampuan untuk memasukkan, menghapus, dan memformat teks, angka, dan rumus.

  • Penonaktifan Batasan

    Batasan yang diberlakukan oleh Protected View, seperti pembatasan pengeditan dan pemblokiran makro, akan dinonaktifkan. Pengguna dapat dengan bebas melakukan perubahan apa pun pada file.

  • Perubahan Status Protected View

    Pada bagian “Protected View” di panel “Info”, status Protected View akan berubah menjadi “Nonaktif”. Hal ini menunjukkan bahwa Protected View telah dinonaktifkan untuk file tersebut.

  • Kewaspadaan dan Pencegahan

    Meskipun Protected View telah dinonaktifkan, pengguna tetap harus berhati-hati saat mengedit file. Penting untuk memindai file dengan perangkat lunak antivirus sebelum menyimpan perubahan apa pun, terutama jika file tersebut berasal dari sumber yang tidak dikenal.

Setelah file berada dalam mode pengeditan, pengguna dapat melakukan pengeditan yang diperlukan dan menyimpan perubahan mereka. Protected View tidak akan aktif kembali secara otomatis setelah file disimpan, kecuali jika pengguna menutup dan kemudian membuka kembali file tersebut.

Simpan File

Setelah melakukan perubahan pada file dan memastikan bahwa perubahan tersebut sudah benar, langkah terakhir adalah menyimpan file.

Untuk menyimpan file, klik tab “File” pada bilah menu dan pilih opsi “Simpan”. Excel akan secara otomatis menyimpan file dalam format aslinya. Jika pengguna ingin menyimpan file dalam format yang berbeda, mereka dapat mengklik opsi “Simpan Sebagai” dan memilih format yang diinginkan dari menu tarik-turun.

Setelah file disimpan, perubahan yang dilakukan akan permanen dan Protected View tidak akan aktif kembali secara otomatis. Namun, jika pengguna menutup dan kemudian membuka kembali file tersebut, Protected View dapat aktif kembali, tergantung pada pengaturan keamanan Excel.

Untuk mencegah Protected View aktif kembali secara otomatis, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tab “File” dan pilih opsi “Opsi”.
  2. Pada panel sebelah kiri jendela “Opsi Excel”, klik bagian “Pusat Kepercayaan”.
  3. Pada panel sebelah kanan, klik tombol “Pengaturan Pusat Kepercayaan”.
  4. Pada jendela “Pusat Kepercayaan”, klik bagian “Tampilan Terproteksi”.
  5. Hapus centang pada kotak “Aktifkan Tampilan Terproteksi untuk file yang berasal dari Internet”.
  6. Klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat menyimpan perubahan pada file Excel dan mencegah Protected View aktif kembali secara otomatis.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan Protected View di Excel 2010:

Pertanyaan 1: Mengapa file saya terbuka dalam mode Protected View?
Jawaban: Excel membuka file dalam mode Protected View untuk melindungi pengguna dari potensi ancaman keamanan, seperti malware dan virus. Mode ini membatasi pengeditan dan memblokir konten berbahaya.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menonaktifkan Protected View?
Jawaban: Untuk menonaktifkan Protected View, klik tab “File”, pilih “Info”, lalu klik tombol “Aktifkan Pengeditan”. Jika diminta, klik “Ya” untuk mengonfirmasi.

Pertanyaan 3: Saya masih melihat pesan peringatan setelah menonaktifkan Protected View. Apa yang harus saya lakukan?
Jawaban: Jika Anda melihat pesan peringatan yang menyatakan bahwa file tersebut masih dalam mode Protected View, klik tombol “Perbolehkan Pengeditan”. Ini akan menonaktifkan Protected View sepenuhnya.

Pertanyaan 4: Apakah menonaktifkan Protected View aman?
Jawaban: Menonaktifkan Protected View dapat meningkatkan risiko keamanan, karena file menjadi lebih rentan terhadap serangan malware. Hanya nonaktifkan Protected View jika Anda yakin bahwa file tersebut aman dan berasal dari sumber tepercaya.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mencegah Protected View aktif kembali setelah saya menyimpan file?
Jawaban: Untuk mencegah Protected View aktif kembali, ubah pengaturan keamanan Excel Anda. Klik “File” > “Opsi” > “Pusat Kepercayaan” > “Pengaturan Pusat Kepercayaan” > “Tampilan Terproteksi”. Hapus centang pada kotak “Aktifkan Tampilan Terproteksi untuk file yang berasal dari Internet”.

Pertanyaan 6: Saya tidak dapat menonaktifkan Protected View. Apa yang salah?
Jawaban: Jika Anda tidak dapat menonaktifkan Protected View, pastikan bahwa Anda memiliki izin yang diperlukan untuk mengedit file. Anda juga dapat mencoba membuka file dalam mode aman untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat menghubungi dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda menghilangkan Protected View di Excel 2010:

Tip 1: Verifikasi Sumber File
Sebelum menonaktifkan Protected View, pastikan bahwa file tersebut berasal dari sumber yang tepercaya dan aman. File yang diunduh dari internet atau diterima melalui email dari pengirim yang tidak dikenal dapat mengandung malware.

Tip 2: Pindai File dengan Antivirus
Sebelum membuka file, pindai dengan perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi dan menghapus potensi ancaman keamanan. Ini akan membantu melindungi komputer Anda dari malware dan virus.

Tip 3: Gunakan Mode Aman
Jika Anda tidak dapat menonaktifkan Protected View menggunakan metode biasa, coba buka file dalam mode aman. Ini akan menonaktifkan semua add-in dan pengaturan yang mungkin mengganggu proses.

Tip 4: Perbarui Excel
Pastikan bahwa Anda menggunakan versi Excel terbaru. Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan keamanan yang dapat membantu mencegah masalah dengan Protected View.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghilangkan Protected View di Excel 2010 dengan aman dan efisien, serta melindungi komputer Anda dari potensi ancaman keamanan.

Kesimpulan

Protected View adalah fitur keamanan penting di Excel 2010 yang membantu melindungi pengguna dari ancaman keamanan potensial. Namun, dalam beberapa kasus, pengguna mungkin perlu menonaktifkan Protected View untuk mengedit file secara penuh.

Untuk menghilangkan Protected View di Excel 2010, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file Excel.
  2. Klik tab “File”.
  3. Pilih “Info”.
  4. Klik “Aktifkan Pengeditan”.
  5. Jika diminta, klik “Ya”.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Protected View akan dinonaktifkan dan pengguna dapat mengedit file secara bebas. Namun, penting untuk berhati-hati saat menonaktifkan Protected View dan hanya melakukannya ketika pengguna yakin bahwa file tersebut aman.

Selain langkah-langkah di atas, artikel ini juga menyediakan FAQ dan tips untuk membantu pengguna menghilangkan Protected View dengan aman dan efisien. Dengan mengikuti panduan yang diberikan, pengguna dapat memastikan bahwa mereka bekerja dengan aman di Excel 2010 dan terlindungi dari potensi ancaman keamanan.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *