Cara Menghilangkan Saluran di WA iPhone


Cara Menghilangkan Saluran di WA iPhone

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang banyak digunakan di Indonesia. Salah satu fitur WhatsApp yang cukup mengganggu adalah adanya saluran atau channel yang sering muncul di daftar obrolan. Saluran ini bisa berasal dari grup yang telah Anda tinggalkan atau dari grup yang Anda tidak berminat mengikuti lagi.
Jika Anda merasa terganggu dengan adanya saluran ini, Anda dapat menghilangkannya dengan mudah. Cara menghilangkan saluran di WA iPhone adalah sebagai berikut:

Cara Menghilangkan Saluran di WA iPhone

Berikut adalah 7 langkah mudah untuk menghilangkan saluran di WA iPhone:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk ikon Saluran.
  • Tekan dan tahan pada saluran yang ingin dihapus.
  • Ketuk Arsipkan.
  • Saluran akan disembunyikan dari daftar obrolan.
  • Untuk menghapus saluran secara permanen, ketuk Edit > Hapus.
  • Konfirmasi penghapusan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan saluran yang tidak diinginkan di WhatsApp iPhone.

Buka Aplikasi Whatsapp

Langkah ini sangat mendasari, karena untuk menghilangkan saluran di WA iPhone, Anda harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

  • Cari ikon WA pada layar beranda Anda.

    Biasanya ikon WA berbentuk hijau tua dengan gambar gagang telepon berwarna hijau terang di dalamnya.

  • Ketuk ikon WA.

    Setelah menemukannya, ketuk ikon WA untuk membuka aplikasinya.

  • Tampilan antarmuka WA.

    Setelah WA terbuka, Anda akan disug”)).i tampilan antarmuka WA, yang terdiri dari beberapa tab, seperti Chats, Status, Calls, dan Settings.

  • Perhatikan tab Chats.

    Tab Chats berisi daftar obrolan Anda, baik obrolan pribadi, grup, ataupun saluran.

Dengan membuka Aplikasi Whatsapp, Anda dapat melanjutkan langkah-langkah selanjutnya untuk menghilangkan saluran yang tidak diinginkan.

Ketuk ikon Saluran

Setelah membuka aplikasi WhatsApp, langkah selanjutnya adalah mengetuk ikon Saluran. Ikon ini biasanya terletak di bagian atas layar, di sebelah kanan ikon Status.

Ikon Saluran berbentuk seperti corong dengan garis-garis horizontal di dalamnya. Jika Anda tidak melihat ikon Saluran, kemungkinan fitur saluran belum aktif di akun WhatsApp Anda. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Setelah mengetuk ikon Saluran, Anda akan melihat daftar semua saluran yang telah Anda ikuti. Saluran-saluran ini bisa berasal dari grup yang telah Anda tinggalkan atau dari grup yang Anda tidak berminat mengikuti lagi.

Untuk menghilangkan saluran tertentu, Anda dapat menekan dan menahan pada saluran tersebut hingga muncul menu pilihan. Dari menu pilihan tersebut, Anda dapat memilih opsi “Arsipkan” atau “Hapus”.

Jika Anda memilih opsi “Arsipkan”, saluran tersebut akan disembunyikan dari daftar obrolan. Namun, Anda masih dapat mengakses saluran tersebut dengan mengetuk ikon Saluran > Diarsipkan.

Jika Anda memilih opsi “Hapus”, saluran tersebut akan dihapus secara permanen dari akun WhatsApp Anda. Anda tidak akan dapat lagi mengakses saluran tersebut.

Tekan dan tahan pada saluran yang ingin dihapus

Setelah mengetuk ikon Saluran dan melihat daftar saluran yang Anda ikuti, langkah selanjutnya adalah menekan dan menahan pada saluran yang ingin Anda hapus.

Tekan dan tahan saluran tersebut hingga muncul menu pilihan. Menu pilihan ini berisi beberapa opsi, seperti Arsipkan, Hapus, dan Bisukan Notifikasi.

Untuk menghilangkan saluran, Anda dapat memilih opsi “Arsipkan” atau “Hapus”. Jika Anda memilih opsi “Arsipkan”, saluran tersebut akan disembunyikan dari daftar obrolan. Namun, Anda masih dapat mengakses saluran tersebut dengan mengetuk ikon Saluran > Diarsipkan.

Jika Anda memilih opsi “Hapus”, saluran tersebut akan dihapus secara permanen dari akun WhatsApp Anda. Anda tidak akan dapat lagi mengakses saluran tersebut.

Setelah Anda memilih opsi yang diinginkan, saluran tersebut akan dihilangkan dari daftar obrolan Anda. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk menghilangkan saluran lainnya yang tidak diinginkan.

Ketuk Arsipkan

Setelah menekan dan menahan saluran yang ingin dihapus, akan muncul menu pilihan. Salah satu opsi dalam menu pilihan tersebut adalah “Arsipkan”.

  • Arsipkan saluran.

    Jika Anda memilih opsi “Arsipkan”, saluran tersebut akan disembunyikan dari daftar obrolan utama.

  • Akses saluran yang diarsipkan.

    Untuk mengakses saluran yang diarsipkan, Anda dapat mengetuk ikon Saluran > Diarsipkan.

  • Saluran tetap aktif.

    Meskipun diarsipkan, saluran tersebut tetap aktif. Anda masih dapat menerima pesan dan notifikasi dari saluran tersebut.

  • Batalkan pengarsipan.

    Jika Anda ingin menampilkan kembali saluran yang diarsipkan, Anda dapat membatalkan pengarsipan dengan mengetuk dan menahan saluran tersebut, kemudian pilih opsi “Batalkan Pengarsipan”.

Dengan mengarsipkan saluran, Anda dapat menyembunyikan saluran tersebut dari daftar obrolan tanpa menghapusnya secara permanen.

Saluran akan disembunyikan dari daftar obrolan.

Setelah Anda memilih opsi “Arsipkan”, saluran yang dipilih akan langsung disembunyikan dari daftar obrolan utama. Saluran tersebut tidak akan lagi muncul di antara obrolan pribadi dan grup Anda.

Pengarsipan saluran tidak menghapus saluran tersebut secara permanen. Saluran tersebut masih aktif dan Anda masih dapat menerima pesan dan notifikasi dari saluran tersebut.

Untuk mengakses saluran yang diarsipkan, Anda dapat mengetuk ikon Saluran, kemudian ketuk tab “Arsipkan”. Di tab “Arsipkan”, Anda akan menemukan semua saluran yang telah Anda arsipkan.

Jika Anda ingin menampilkan kembali saluran yang diarsipkan, Anda dapat membatalkan pengarsipan dengan mengetuk dan menahan saluran tersebut, kemudian pilih opsi “Batalkan Pengarsipan”.

Untuk menghapus saluran secara permanen, ketuk Edit > Hapus

Jika Anda ingin menghapus saluran secara permanen, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketuk ikon Saluran.

    Langkah pertama, ketuk ikon Saluran yang berada di bagian atas layar, di sebelah kanan ikon Status.

  • Ketuk dan tahan saluran yang ingin dihapus.

    Setelah masuk ke halaman Saluran, cari saluran yang ingin dihapus, kemudian tekan dan tahan saluran tersebut hingga muncul menu pilihan.

  • Ketuk Edit.

    Dari menu pilihan yang muncul, ketuk opsi “Edit”.

  • Ketuk Hapus.

    Setelah mengetuk “Edit”, akan muncul beberapa opsi, termasuk “Hapus”. Ketuk opsi “Hapus” untuk menghapus saluran secara permanen.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, saluran yang dipilih akan dihapus secara permanen dari akun WhatsApp Anda. Anda tidak akan dapat lagi mengakses saluran tersebut atau menerima pesan dan notifikasi dari saluran tersebut.

Konfirmasi penghapusan

Setelah Anda mengetuk opsi “Hapus” pada langkah sebelumnya, WhatsApp akan meminta Anda untuk mengonfirmasi penghapusan saluran.

  • Baca pesan konfirmasi.

    Pesan konfirmasi akan berisi informasi tentang saluran yang akan dihapus, termasuk nama dan gambar profil saluran tersebut.

  • Pastikan saluran yang dipilih sudah benar.

    Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa saluran yang dipilih sudah benar. Jika Anda salah memilih saluran, Anda tidak akan dapat membatalkan penghapusan.

  • Ketuk Hapus.

    Jika Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, ketuk tombol “Hapus” untuk mengonfirmasi penghapusan saluran.

  • Saluran telah dihapus.

    Setelah Anda mengetuk “Hapus”, saluran tersebut akan langsung dihapus dari akun WhatsApp Anda. Anda tidak akan dapat lagi mengakses saluran tersebut atau menerima pesan dan notifikasi dari saluran tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghapus saluran secara permanen dari akun WhatsApp Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan saluran di WA iPhone:

Pertanyaan 1: Mengapa saluran muncul di daftar obrolan saya?
Jawaban: Saluran dapat muncul di daftar obrolan Anda karena beberapa alasan, seperti Anda pernah bergabung dengan grup yang kemudian diubah menjadi saluran, atau Anda ditambahkan ke saluran oleh seseorang.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengarsipkan saluran?
Jawaban: Untuk mengarsipkan saluran, tekan dan tahan saluran yang ingin diarsipkan, lalu pilih opsi “Arsipkan”. Saluran yang diarsipkan akan disembunyikan dari daftar obrolan utama.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membatalkan pengarsipan saluran?
Jawaban: Untuk membatalkan pengarsipan saluran, ketuk ikon Saluran, lalu ketuk tab “Arsipkan”. Tekan dan tahan saluran yang ingin dibatalkan pengarsipannya, lalu pilih opsi “Batalkan Pengarsipan”.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menghapus saluran secara permanen?
Jawaban: Untuk menghapus saluran secara permanen, tekan dan tahan saluran yang ingin dihapus, lalu ketuk Edit > Hapus. Konfirmasikan penghapusan dengan mengetuk “Hapus” pada pesan konfirmasi.

Pertanyaan 5: Apakah saluran yang dihapus dapat dipulihkan?
Jawaban: Tidak, saluran yang dihapus tidak dapat dipulihkan. Setelah saluran dihapus, saluran tersebut akan hilang secara permanen dari akun WhatsApp Anda.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mencegah saluran muncul di daftar obrolan saya?
Jawaban: Untuk mencegah saluran muncul di daftar obrolan Anda, Anda dapat memblokir pengguna atau grup yang membuat saluran tersebut. Anda juga dapat mengatur pengaturan privasi Anda untuk hanya menerima pesan dari kontak yang Anda kenal.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau mengalami masalah dalam menghilangkan saluran di WA iPhone, Anda dapat menghubungi pusat bantuan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan.

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan saluran di WA iPhone:

Tips

Selain mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan saluran di WA iPhone:

Tip 1: Blokir pengguna atau grup yang membuat saluran
Jika Anda tidak ingin menerima pesan atau notifikasi dari saluran tertentu, Anda dapat memblokir pengguna atau grup yang membuat saluran tersebut. Untuk memblokir pengguna atau grup, buka obrolan dengan pengguna atau grup tersebut, ketuk nama pengguna atau grup di bagian atas layar, lalu ketuk “Blokir”.

Tip 2: Atur pengaturan privasi Anda
Anda dapat mengatur pengaturan privasi WhatsApp Anda untuk hanya menerima pesan dari kontak yang Anda kenal. Untuk mengatur pengaturan privasi Anda, buka WhatsApp, ketuk “Pengaturan” > “Akun” > “Privasi”. Di bagian “Pesan”, pilih opsi “Kontak Saya”.

Tip 3: Gunakan aplikasi pihak ketiga
Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengelola saluran WhatsApp. Aplikasi ini biasanya menyediakan fitur tambahan, seperti kemampuan untuk memfilter saluran, memblokir saluran secara massal, dan menjadwalkan pesan.

Tip 4: Laporkan saluran yang melanggar aturan
Jika Anda menemukan saluran yang melanggar aturan WhatsApp, Anda dapat melaporkannya ke WhatsApp. Untuk melaporkan saluran, buka obrolan dengan saluran tersebut, ketuk nama saluran di bagian atas layar, lalu ketuk “Laporkan”.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengelola saluran WhatsApp dengan lebih efektif dan menghilangkan saluran yang tidak diinginkan dari daftar obrolan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan saluran yang tidak diinginkan di WhatsApp iPhone Anda.

Kesimpulan

Menghilangkan saluran yang tidak diinginkan di WhatsApp iPhone adalah proses yang mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat mengelola saluran WhatsApp dengan lebih efektif.

Poin-poin utama yang perlu diingat adalah:

  • Saluran dapat dihilangkan dengan mengarsipkannya atau menghapusnya secara permanen.
  • Mengarsipakan saluran akan menyembunyikan saluran dari daftar obrolan utama, tetapi saluran tersebut tetap aktif dan Anda masih dapat menerima pesan dan notifikasi dari saluran tersebut.
  • Untuk menghapus saluran secara permanen, Anda harus mengonfirmasi penghapusan.
  • Saluran yang dihapus tidak dapat dipulihkan.
  • Anda dapat memblokir pengguna atau grup yang membuat saluran untuk mencegah saluran tersebut muncul di daftar obrolan Anda.
  • Anda dapat mengatur pengaturan privasi Anda untuk hanya menerima pesan dari kontak yang Anda kenal.

Dengan memahami cara menghilangkan saluran di WA iPhone, Anda dapat menciptakan pengalaman WhatsApp yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *