Cara Menghilangkan Tulisan TikTok di Video Sendiri


Cara Menghilangkan Tulisan TikTok di Video Sendiri

Tulisan TikTok yang muncul pada video terkadang dapat mengganggu, terutama jika Anda ingin membagikan video tersebut di platform lain atau menggunakannya untuk keperluan pribadi. Menghilangkan tulisan TikTok pada video sendiri sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki aplikasi TikTok dan video yang ingin Anda edit sudah tersimpan di perangkat Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video Anda:

Cara Menghilangkan Tulisan TikTok di Video Sendiri

Berikut adalah 9 poin penting yang perlu diperhatikan:

  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
  • Gunakan fitur pemotong video
  • Gunakan aplikasi penyuntingan video
  • Gunakan situs web penghapus logo
  • Gunakan aplikasi perekam layar
  • Gunakan fitur “Crop” di TikTok
  • Gunakan ekstensi peramban
  • Gunakan aplikasi Android/iOS
  • Gunakan skrip Python

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghilangkan tulisan TikTok pada video Anda dan membagikannya tanpa gangguan.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tersedia banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk tujuan ini, baik di perangkat Android maupun iOS.

  • Aplikasi penghapus logo

    Aplikasi ini dirancang khusus untuk menghapus logo dan tulisan dari video. Beberapa aplikasi penghapus logo yang populer antara lain Remove & Add Watermark, Video Eraser, dan Apowersoft Watermark Remover.

  • Aplikasi penyuntingan video

    Selain aplikasi penghapus logo, Anda juga dapat menggunakan aplikasi penyuntingan video untuk menghilangkan tulisan TikTok. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur pengeditan, termasuk kemampuan untuk memotong, memutar, dan menambahkan efek pada video.

  • Aplikasi perekam layar

    Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar untuk merekam video TikTok tanpa tulisan. Cukup rekam video yang ingin Anda simpan, lalu potong bagian yang berisi tulisan TikTok.

  • Ekstensi peramban

    Bagi pengguna komputer, terdapat beberapa ekstensi peramban yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video. Salah satu ekstensi yang populer adalah TikTok Video Downloader & Watermark Remover.

Ketika memilih aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk membaca ulasan dan memilih aplikasi yang memiliki reputasi baik. Selain itu, periksa apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat dan sistem operasi Anda.

Gunakan fitur pemotong video

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan fitur pemotong video bawaan yang terdapat pada beberapa aplikasi pemutar video. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memotong bagian tertentu dari video, termasuk bagian yang berisi tulisan TikTok.

  • Aplikasi galeri

    Pada beberapa perangkat Android, aplikasi galeri bawaan memiliki fitur pemotong video. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memotong bagian video yang berisi tulisan TikTok.

  • Aplikasi pemutar video

    Beberapa aplikasi pemutar video pihak ketiga, seperti VLC Media Player dan MX Player, juga memiliki fitur pemotong video. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memotong tulisan TikTok dari video.

  • Aplikasi pengeditan video online

    Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan video online seperti Kapwing atau Clideo. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memotong video secara online tanpa harus mengunduh perangkat lunak.

  • Fitur “Crop” di TikTok

    TikTok sendiri memiliki fitur “Crop” yang dapat digunakan untuk memotong video. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memotong bagian video yang berisi tulisan TikTok. Namun, perlu diketahui bahwa fitur “Crop” hanya tersedia untuk video yang berdurasi kurang dari 60 detik.

Ketika menggunakan fitur pemotong video, pastikan untuk memilih rasio aspek yang sesuai dengan video asli. Jika Anda tidak yakin rasio aspek apa yang digunakan, pilih rasio aspek 16:9, karena ini adalah rasio aspek yang paling umum digunakan untuk video.

Gunakan aplikasi penyuntingan video

Aplikasi penyuntingan video menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video, termasuk fitur pemotongan, pengaburan, dan penggantian latar belakang.

Untuk menghilangkan tulisan TikTok menggunakan aplikasi penyuntingan video, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi penyuntingan video dan impor video yang ingin Anda edit.
  2. Cari fitur pemotongan (biasanya diwakili oleh ikon gunting) dan potong bagian video yang berisi tulisan TikTok.
  3. Jika tulisan TikTok masih terlihat setelah dipotong, Anda dapat menggunakan fitur pengaburan (biasanya diwakili oleh ikon tetesan air) untuk mengaburkan bagian yang berisi tulisan.
  4. Anda juga dapat menggunakan fitur penggantian latar belakang untuk mengganti latar belakang video dengan gambar atau video lain, sehingga tulisan TikTok tidak terlihat.

Beberapa aplikasi penyuntingan video yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok antara lain:

  • Adobe Premiere Pro
  • Final Cut Pro
  • iMovie
  • Filmora
  • Wondershare Filmora

Saat memilih aplikasi penyuntingan video, pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian Anda. Jika Anda baru dalam mengedit video, Anda dapat menggunakan aplikasi yang lebih sederhana seperti iMovie atau Filmora. Jika Anda pengguna yang lebih berpengalaman, Anda dapat menggunakan aplikasi yang lebih canggih seperti Adobe Premiere Pro atau Final Cut Pro.

Gunakan situs web penghapus logo

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat menggunakan situs web penghapus logo untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video. Situs web ini biasanya menawarkan fitur yang serupa dengan aplikasi penghapus logo, seperti kemampuan untuk memotong, mengaburkan, dan mengganti latar belakang video.

Untuk menghilangkan tulisan TikTok menggunakan situs web penghapus logo, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web penghapus logo, seperti Apowersoft Watermark Remover atau Video Watermark Remover Online.
  2. Unggah video yang ingin Anda edit ke situs web.
  3. Pilih area pada video yang berisi tulisan TikTok dan klik tombol “Hapus”.
  4. Setelah tulisan TikTok terhapus, klik tombol “Unduh” untuk menyimpan video yang telah diedit.

Beberapa situs web penghapus logo yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Apowersoft Watermark Remover
  • Video Watermark Remover Online
  • Watermarkremover.io
  • HitPaw Watermark Remover
  • InVideo

Saat memilih situs web penghapus logo, pastikan untuk memilih situs web yang memiliki reputasi baik dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan. Beberapa situs web mungkin menawarkan fitur berbayar untuk fitur tambahan, seperti penghapusan logo secara massal atau dukungan untuk video beresolusi tinggi.

Gunakan aplikasi perekam layar

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan atau menggunakan situs web penghapus logo, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar untuk merekam video TikTok tanpa tulisan. Aplikasi perekam layar memungkinkan Anda untuk merekam aktivitas layar, termasuk video yang Anda putar.

  • Aplikasi perekam layar bawaan

    Beberapa perangkat Android dan iOS memiliki aplikasi perekam layar bawaan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam video TikTok tanpa tulisan.

  • Aplikasi perekam layar pihak ketiga

    Jika perangkat Anda tidak memiliki aplikasi perekam layar bawaan, Anda dapat mengunduh aplikasi perekam layar pihak ketiga dari Google Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi perekam layar pihak ketiga yang populer antara lain AZ Screen Recorder, Mobizen Screen Recorder, dan DU Recorder.

  • Ekstensi peramban

    Bagi pengguna komputer, terdapat beberapa ekstensi peramban yang dapat digunakan untuk merekam video TikTok tanpa tulisan. Salah satu ekstensi peramban yang populer adalah Loom.

  • Fitur “Rekam Layar” di TikTok

    TikTok sendiri memiliki fitur “Rekam Layar” yang dapat digunakan untuk merekam video TikTok tanpa tulisan. Namun, perlu diketahui bahwa fitur “Rekam Layar” hanya tersedia untuk video yang berdurasi kurang dari 60 detik.

Ketika menggunakan aplikasi perekam layar, pastikan untuk mengatur kualitas perekaman ke yang tertinggi agar video yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, pastikan untuk mematikan suara mikrofon agar suara dari video TikTok tidak ikut terekam.

Gunakan fitur “Crop” di TikTok

TikTok memiliki fitur “Crop” yang dapat digunakan untuk memotong bagian tertentu dari video, termasuk bagian yang berisi tulisan TikTok. Fitur ini hanya tersedia untuk video yang berdurasi kurang dari 60 detik.

  • Cara menggunakan fitur “Crop” di TikTok:

    Untuk menggunakan fitur “Crop” di TikTok, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka aplikasi TikTok dan pilih video yang ingin Anda edit.
    2. Ketuk tombol “Edit” di pojok kanan bawah layar.
    3. Ketuk ikon “Crop” di bagian bawah layar.
    4. Atur bingkai pemotongan untuk memotong bagian video yang berisi tulisan TikTok.
    5. Ketuk tombol “Simpan” untuk menyimpan video yang telah dipotong.
  • Tips menggunakan fitur “Crop” di TikTok:

    Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan fitur “Crop” di TikTok:

    • Pastikan untuk memilih rasio aspek yang sesuai dengan video asli. Rasio aspek yang paling umum digunakan untuk video adalah 16:9.
    • Jika Anda ingin memotong bagian video yang berada di tengah, Anda dapat menggunakan fitur “Posisi” untuk menyesuaikan posisi bingkai pemotongan.
    • Anda juga dapat menggunakan fitur “Zoom” untuk memperbesar atau memperkecil bingkai pemotongan.

Fitur “Crop” di TikTok merupakan cara yang mudah dan cepat untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video. Namun, perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia untuk video yang berdurasi kurang dari 60 detik.

Gunakan ekstensi peramban

Ekstensi peramban adalah perangkat lunak yang dapat dipasang pada peramban web untuk menambahkan fitur atau fungsi tambahan. Terdapat beberapa ekstensi peramban yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video.

Salah satu ekstensi peramban yang populer untuk menghilangkan tulisan TikTok adalah TikTok Video Downloader & Watermark Remover. Ekstensi ini dapat digunakan pada peramban Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox.

Untuk menggunakan TikTok Video Downloader & Watermark Remover, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pasang ekstensi TikTok Video Downloader & Watermark Remover pada peramban Anda.
  2. Buka video TikTok yang ingin Anda unduh dan hilangkan tulisannya.
  3. Klik ikon ekstensi TikTok Video Downloader & Watermark Remover pada bilah ekstensi peramban.
  4. Pilih opsi “Download” untuk mengunduh video tanpa tulisan TikTok.

Selain TikTok Video Downloader & Watermark Remover, terdapat beberapa ekstensi peramban lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video, antara lain:

  • Video Watermark Remover for TikTok
  • TikTok Watermark Remover
  • Watermark Remover for TikTok

Dengan menggunakan ekstensi peramban, Anda dapat dengan mudah menghilangkan tulisan TikTok pada video tanpa harus mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan.

Gunakan aplikasi Android/iOS

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga pada komputer, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Android/iOS untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video. Terdapat beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store yang dapat digunakan untuk tujuan ini.

Salah satu aplikasi Android/iOS yang populer untuk menghilangkan tulisan TikTok adalah Remove & Add Watermark. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok, logo, dan watermark lainnya dari video.

Untuk menggunakan Remove & Add Watermark, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pasang aplikasi Remove & Add Watermark pada perangkat Android/iOS Anda.
  2. Buka aplikasi dan pilih video TikTok yang ingin Anda edit.
  3. Pilih area pada video yang berisi tulisan TikTok dan ketuk tombol “Hapus”.
  4. Setelah tulisan TikTok terhapus, ketuk tombol “Simpan” untuk menyimpan video yang telah diedit.

Selain Remove & Add Watermark, terdapat beberapa aplikasi Android/iOS lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video, antara lain:

  • Video Eraser
  • Watermark Remover for TikTok
  • TikTok Watermark Remover

Dengan menggunakan aplikasi Android/iOS, Anda dapat dengan mudah menghilangkan tulisan TikTok pada video langsung dari perangkat seluler Anda.

Gunakan skrip Python

Bagi pengguna yang memiliki pengetahuan dasar tentang pemrograman, Anda dapat menggunakan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video. Skrip Python adalah program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python.

  • Cara menggunakan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok:

    Untuk menggunakan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Unduh dan instal Python pada komputer Anda.
    2. Unduh skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok, seperti skrip yang tersedia di GitHub.
    3. Buka file skrip Python dan edit jalur ke video TikTok yang ingin Anda edit.
    4. Jalankan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok dari video.
  • Tips menggunakan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok:

    Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok:

    • Pastikan Anda memiliki versi Python yang benar yang terinstal pada komputer Anda. Skrip Python mungkin memerlukan versi Python tertentu untuk berjalan dengan benar.
    • Baca dan pahami skrip Python sebelum menjalankannya. Pastikan Anda memahami cara kerja skrip dan cara menggunakannya dengan benar.
    • Jika Anda mengalami masalah saat menjalankan skrip Python, periksa kesalahan dan pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah dengan benar.

Menggunakan skrip Python untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video memerlukan pengetahuan dasar tentang pemrograman. Namun, jika Anda memiliki pengetahuan tersebut, ini bisa menjadi cara yang efisien untuk menghilangkan tulisan TikTok dari video secara massal.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan tulisan TikTok pada video dengan lebih efektif:

1. Gunakan resolusi video yang tinggi

Saat merekam atau mengedit video, gunakan resolusi video yang tinggi. Hal ini akan menghasilkan video dengan kualitas yang lebih baik, sehingga tulisan TikTok akan lebih mudah dihilangkan.

2. Gunakan latar belakang yang polos

Jika memungkinkan, gunakan latar belakang yang polos saat merekam video. Hal ini akan mengurangi gangguan visual dan membuat tulisan TikTok lebih menonjol, sehingga lebih mudah dihilangkan.

3. Berhati-hatilah saat memotong video

Saat memotong video, berhati-hatilah agar tidak memotong bagian video yang berisi tulisan TikTok. Jika Anda tidak sengaja memotong tulisan TikTok, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan video untuk menambahkan kembali bagian tersebut.

4. Gunakan filter atau efek untuk menyamarkan tulisan TikTok

Beberapa aplikasi pengeditan video menawarkan filter atau efek yang dapat digunakan untuk menyamarkan tulisan TikTok. Misalnya, Anda dapat menggunakan filter buram untuk mengaburkan tulisan TikTok atau filter warna untuk mengubah warna tulisan TikTok agar sesuai dengan latar belakang video.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghilangkan tulisan TikTok pada video dengan lebih efektif dan menghasilkan video yang lebih bersih dan profesional.

Conclusion

Menghilangkan tulisan TikTok pada video sendiri sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, fitur pemotong video, aplikasi penyuntingan video, situs web penghapus logo, aplikasi perekam layar, fitur “Crop” di TikTok, ekstensi peramban, aplikasi Android/iOS, atau skrip Python.

Pemilihan metode yang digunakan tergantung pada kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda menginginkan cara yang cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau fitur “Crop” di TikTok. Jika Anda membutuhkan kontrol yang lebih besar atas penghapusan tulisan TikTok, Anda dapat menggunakan aplikasi penyuntingan video atau skrip Python.

Apa pun metode yang Anda pilih, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan berhati-hatilah agar tidak merusak video asli. Dengan sedikit latihan, Anda dapat dengan mudah menghilangkan tulisan TikTok pada video sendiri dan menghasilkan video yang lebih bersih dan profesional.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *