Cara Menghilangkan Vanish Mode di Instagram


Cara Menghilangkan Vanish Mode di Instagram

Vanish mode adalah fitur Instagram yang memungkinkan pengguna mengirim pesan yang menghilang secara otomatis setelah dibaca. Fitur ini dapat berguna untuk percakapan pribadi atau rahasia. Namun, jika Anda ingin menonaktifkan vanish mode, berikut adalah langkah-langkahnya.

Fitur vanish mode hanya tersedia untuk pesan langsung di Instagram. Setelah Anda mengirim pesan dalam vanish mode, pesan tersebut akan menghilang setelah penerima membacanya. Anda tidak akan dapat melihat pesan tersebut lagi setelah menghilang.

cara menghilangkan vanish mode di ig

8 Hal yang Perlu Diketahui:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Ketuk ikon Direct Message.
  • Pilih percakapan yang menggunakan vanish mode.
  • Ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas.
  • Pilih “Nonaktifkan Vanish Mode”.
  • Ketuk “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi.
  • Vanish mode sekarang dinonaktifkan.
  • Pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang otomatis.

Buka aplikasi Instagram.

Langkah pertama untuk menghilangkan vanish mode di Instagram adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda. Pastikan Anda masuk ke akun Instagram Anda.

  • Buka aplikasi Instagram

    Cari ikon aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda. Ikonnya berbentuk kamera berwarna ungu-oranye. Ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi Instagram.

  • Masuk ke akun Instagram

    Jika Anda belum masuk ke akun Instagram Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Setelah memasukkan informasi tersebut, ketuk tombol “Masuk”.

  • Buka halaman Direct Message

    Setelah Anda masuk, Anda akan berada di halaman umpan Instagram. Untuk membuka halaman Direct Message, ketuk ikon pesawat kertas di pojok kanan atas layar.

  • Pilih percakapan yang menggunakan vanish mode

    Di halaman Direct Message, Anda akan melihat daftar percakapan Anda. Pilih percakapan yang menggunakan vanish mode. Percakapan tersebut akan memiliki ikon vanish mode (lingkaran putus-putus) di sebelahnya.

Ketuk ikon Direct Message.

Setelah membuka aplikasi Instagram, langkah selanjutnya adalah mengetuk ikon Direct Message untuk membuka halaman pesan langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Cari ikon Direct Message

    Di halaman umpan Instagram, cari ikon Direct Message di pojok kanan atas layar. Ikonnya berbentuk pesawat kertas.

  • Ketuk ikon Direct Message

    Setelah menemukan ikon Direct Message, ketuk ikon tersebut. Anda akan diarahkan ke halaman Direct Message.

  • Halaman Direct Message

    Halaman Direct Message menampilkan daftar percakapan Anda. Di halaman ini, Anda dapat mengirim dan menerima pesan langsung dari pengguna Instagram lainnya.

  • Pilih percakapan yang menggunakan vanish mode

    Jika Anda ingin menghilangkan vanish mode pada percakapan tertentu, pilih percakapan tersebut di halaman Direct Message. Percakapan yang menggunakan vanish mode akan memiliki ikon vanish mode (lingkaran putus-putus) di sebelahnya.

Pilih percakapan yang menggunakan vanish mode.

Setelah membuka halaman Direct Message, langkah selanjutnya adalah memilih percakapan yang menggunakan vanish mode. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari percakapan yang menggunakan vanish mode

Di halaman Direct Message, cari percakapan yang memiliki ikon vanish mode (lingkaran putus-putus) di sebelahnya. Ikon ini menunjukkan bahwa percakapan tersebut menggunakan vanish mode.

2. Pilih percakapan yang ingin dihilangkan vanish mode-nya

Setelah menemukan percakapan yang menggunakan vanish mode, ketuk percakapan tersebut untuk membukanya. Anda akan masuk ke halaman percakapan.

3. Periksa apakah vanish mode aktif

Di halaman percakapan, periksa apakah vanish mode masih aktif. Jika vanish mode aktif, Anda akan melihat ikon vanish mode di pojok kanan atas layar. Ikon tersebut akan berwarna biru dan memiliki garis putus-putus di dalamnya.

4. Jika vanish mode tidak aktif, lanjutkan ke langkah berikutnya

Jika vanish mode tidak aktif di percakapan yang Anda pilih, itu berarti vanish mode telah dinonaktifkan sebelumnya. Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan vanish mode pada percakapan lainnya.

Ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas.

Setelah memastikan bahwa vanish mode aktif di percakapan yang dipilih, langkah selanjutnya adalah mengetuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari ikon vanish mode

Di halaman percakapan, cari ikon vanish mode di pojok kanan atas layar. Ikonnya berbentuk lingkaran putus-putus berwarna biru.

2. Ketuk ikon vanish mode

Setelah menemukan ikon vanish mode, ketuk ikon tersebut. Anda akan melihat menu pop-up.

3. Pilih “Nonaktifkan Vanish Mode”

Pada menu pop-up, pilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”.

4. Konfirmasi penonaktifan vanish mode

Setelah memilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penonaktifan vanish mode. Ketuk tombol “Nonaktifkan” untuk mengonfirmasi.

5. Vanish mode berhasil dinonaktifkan

Setelah mengonfirmasi penonaktifan vanish mode, vanish mode akan berhasil dinonaktifkan pada percakapan tersebut. Ikon vanish mode di pojok kanan atas layar akan hilang.

Pilih “Nonaktifkan Vanish Mode”.

Setelah mengetuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar, Anda akan melihat menu pop-up. Pada menu pop-up tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”

Pada menu pop-up, cari opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”. Opsi ini biasanya berada di bagian atas menu.

2. Ketuk opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”

Setelah menemukan opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”, ketuk opsi tersebut.

3. Konfirmasi penonaktifan vanish mode

Setelah memilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penonaktifan vanish mode. Ketuk tombol “Nonaktifkan” untuk mengonfirmasi.

4. Vanish mode berhasil dinonaktifkan

Setelah mengonfirmasi penonaktifan vanish mode, vanish mode akan berhasil dinonaktifkan pada percakapan tersebut. Ikon vanish mode di pojok kanan atas layar akan hilang.

Ketuk “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi.

Setelah memilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode” pada menu pop-up, langkah terakhir adalah mengetuk tombol “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi penonaktifan vanish mode. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Cari tombol “Nonaktifkan”

    Setelah memilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode”, Anda akan melihat tombol “Nonaktifkan” di bagian bawah menu pop-up.

  • Ketuk tombol “Nonaktifkan”

    Ketuk tombol “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi penonaktifan vanish mode.

  • Vanish mode berhasil dinonaktifkan

    Setelah mengonfirmasi penonaktifan vanish mode, vanish mode akan berhasil dinonaktifkan pada percakapan tersebut. Ikon vanish mode di pojok kanan atas layar akan hilang.

  • Pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang otomatis

    Perlu diingat bahwa pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang secara otomatis. Pesan tersebut akan tetap terlihat di percakapan seperti pesan biasa.

Vanish mode sekarang dinonaktifkan.

Setelah mengetuk tombol “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi penonaktifan vanish mode, vanish mode akan berhasil dinonaktifkan pada percakapan tersebut. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

1. Ikon vanish mode hilang

Setelah vanish mode dinonaktifkan, ikon vanish mode (lingkaran putus-putus) di pojok kanan atas layar akan hilang. Ini menandakan bahwa vanish mode tidak lagi aktif pada percakapan tersebut.

2. Pesan tidak akan menghilang otomatis

Pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang secara otomatis. Pesan tersebut akan tetap terlihat di percakapan seperti pesan biasa.

3. Vanish mode dapat diaktifkan kembali

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali vanish mode pada percakapan tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti saat menonaktifkan vanish mode. Cukup ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Aktifkan Vanish Mode”.

Pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang otomatis.

Setelah vanish mode dinonaktifkan pada suatu percakapan, semua pesan yang dikirim setelahnya tidak akan menghilang secara otomatis. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

  • Pesan tetap terlihat

    Pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan akan tetap terlihat di percakapan seperti pesan biasa. Pesan tersebut tidak akan menghilang setelah dibaca oleh penerima.

  • Berlaku untuk semua pesan

    Ketentuan ini berlaku untuk semua jenis pesan, termasuk teks, gambar, video, dan pesan suara. Semua pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan akan tetap terlihat di percakapan.

  • Nonaktifkan sebelum mengirim pesan

    Jika Anda ingin mengirim pesan yang menghilang secara otomatis, pastikan untuk menonaktifkan vanish mode terlebih dahulu sebelum mengirim pesan tersebut. Dengan begitu, pesan yang Anda kirim akan menghilang setelah dibaca oleh penerima.

  • Aktifkan kembali vanish mode

    Jika Anda ingin mengaktifkan kembali vanish mode pada percakapan tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti saat menonaktifkan vanish mode. Cukup ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Aktifkan Vanish Mode”.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan vanish mode di Instagram:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menghilangkan vanish mode di Instagram?
Jawaban: Untuk menghilangkan vanish mode di Instagram, buka aplikasi Instagram, ketuk ikon Direct Message, pilih percakapan yang menggunakan vanish mode, ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas, pilih “Nonaktifkan Vanish Mode”, lalu ketuk “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi.

Pertanyaan 2: Apakah pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan akan menghilang otomatis?
Jawaban: Tidak, pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang otomatis. Pesan tersebut akan tetap terlihat di percakapan seperti pesan biasa.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengaktifkan kembali vanish mode setelah dinonaktifkan?
Jawaban: Untuk mengaktifkan kembali vanish mode setelah dinonaktifkan, ikuti langkah-langkah yang sama seperti saat menonaktifkan vanish mode. Ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar dan pilih “Aktifkan Vanish Mode”.

Pertanyaan 4: Apakah vanish mode hanya bisa digunakan untuk pesan teks?
Jawaban: Tidak, vanish mode dapat digunakan untuk semua jenis pesan, termasuk teks, gambar, video, dan pesan suara.

Pertanyaan 5: Apakah vanish mode tersedia untuk semua pengguna Instagram?
Jawaban: Ya, vanish mode tersedia untuk semua pengguna Instagram yang menggunakan aplikasi versi terbaru.

Pertanyaan 6: Apakah vanish mode aman digunakan?
Jawaban: Vanish mode dirancang untuk memberikan privasi tambahan bagi pengguna Instagram. Namun, penting untuk diingat bahwa pesan yang dikirim dalam vanish mode tetap dapat disimpan atau dibagikan oleh penerima.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait cara menghilangkan vanish mode di Instagram, jangan ragu untuk menghubungi Pusat Bantuan Instagram.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan vanish mode di Instagram:

1. Pastikan Anda menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru. Vanish mode hanya tersedia pada aplikasi Instagram versi terbaru. Jika Anda menggunakan versi lama, perbarui aplikasi Anda terlebih dahulu.

2. Buka percakapan yang menggunakan vanish mode. Untuk menghilangkan vanish mode, Anda harus membuka percakapan yang menggunakan fitur tersebut.

3. Ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar. Setelah membuka percakapan, ketuk ikon vanish mode di pojok kanan atas layar. Ikonnya berbentuk lingkaran putus-putus.

4. Pilih “Nonaktifkan Vanish Mode” dan konfirmasi. Pada menu pop-up yang muncul, pilih opsi “Nonaktifkan Vanish Mode” dan ketuk “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasi. Vanish mode akan berhasil dinonaktifkan pada percakapan tersebut.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan vanish mode di Instagram dan kembali mengirim pesan seperti biasa.

Conclusion

Menghilangkan vanish mode di Instagram cukup mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Dengan mengikuti tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan fitur ini dan kembali mengirim pesan seperti biasa.

Penting untuk diingat bahwa pesan yang dikirim setelah vanish mode dinonaktifkan tidak akan menghilang secara otomatis. Pesan tersebut akan tetap terlihat di percakapan seperti pesan biasa. Oleh karena itu, pastikan Anda menonaktifkan vanish mode sebelum mengirim pesan yang ingin Anda rahasiakan.

Vanish mode adalah fitur yang berguna untuk privasi, tetapi penting untuk digunakan secara bertanggung jawab. Jangan mengirim pesan yang melanggar hukum atau melanggar privasi orang lain. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penggunaan vanish mode, jangan ragu untuk menghubungi Pusat Bantuan Instagram.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *