Cara Menghilangkan Centang di WhatsApp


Cara Menghilangkan Centang di WhatsApp

Centang pada WhatsApp merupakan sebuah fitur yang menunjukkan status pengiriman dan penerimaan pesan. Terdapat tiga jenis centang: centang satu, centang dua, dan centang biru. Centang satu menunjukkan pesan telah terkirim ke server WhatsApp, centang dua menunjukkan pesan telah sampai ke perangkat penerima, dan centang biru menunjukkan pesan telah dibaca oleh penerima.

Bagi sebagian orang, centang biru dapat dianggap sebagai sebuah tekanan, karena penerima akan merasa tertekan untuk membalas pesan dengan segera setelah melihat centang biru muncul. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya centang biru, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp

Berikut adalah 7 poin penting tentang cara menghilangkan centang biru di WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Pilih Akun
  • Pilih Privasi
  • Matikan Laporan dibaca
  • Pilih Oke

Setelah Anda mematikan Laporan dibaca, centang biru tidak akan muncul lagi pada pesan yang Anda kirim. Namun, Anda juga tidak akan dapat melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

Buka aplikasi WhatsApp

Langkah pertama untuk menghilangkan centang biru di WhatsApp adalah membuka aplikasi WhatsApp. Pastikan aplikasi WhatsApp terinstal pada perangkat Anda dan Anda telah masuk ke akun Anda.

Jika Anda belum memiliki aplikasi WhatsApp, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk untuk membuat akun atau masuk ke akun Anda yang sudah ada.

Setelah Anda masuk ke akun WhatsApp, Anda akan berada di layar utama aplikasi. Pada layar ini, Anda dapat melihat daftar obrolan Anda. Untuk menghilangkan centang biru, Anda perlu membuka pengaturan aplikasi WhatsApp.

Untuk membuka pengaturan, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar utama. Setelah itu, pilih opsi “Setelan” dari menu yang muncul. Pada halaman pengaturan, Anda akan menemukan berbagai opsi untuk menyesuaikan aplikasi WhatsApp sesuai keinginan Anda, termasuk opsi untuk menghilangkan centang biru.

Setelah Anda membuka pengaturan aplikasi WhatsApp, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan centang biru, yaitu menonaktifkan fitur “Laporan dibaca”.

Ketuk ketengah di pojokkanan

Ketuk ketengah di pojokkanan

Ketuk ketengah di pojokkanan

Pada langkah selanjutnya, Anda akan memilih opsi “Laporan dibaca” untuk menghilangkan centang biru.

Pilih Akun

Pada halaman pengaturan privasi, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk mengontrol privasi Anda di WhatsApp, termasuk opsi untuk menghilangkan centang biru.

  • Pilih “Akun”

    Untuk menghilangkan centang biru, Anda perlu memilih opsi “Akun”. Opsi ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan akun WhatsApp Anda.

  • Pilih ” privasi”

    Pada halaman pengaturan akun, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk mengontrol akun WhatsApp Anda, termasuk opsi “privasi”. Ketuk opsi “privasi” untuk membuka pengaturan privasi akun Anda.

  • Pilih “laporan dibaca”

    Pada halaman pengaturan privasi akun, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk mengontrol privasi akun Anda, termasuk opsi “laporan dibaca”. Opsi inilah yang mengontrol apakah centang biru akan muncul atau tidak pada pesan yang Anda kirim.

  • Nonaktifkan “laporan dibaca”

    Untuk menghilangkan centang biru, Anda perlu menonaktifkan opsi “laporan dibaca”. Untuk melakukannya, geser sakelar di sebelah opsi “laporan dibaca” ke posisi “mati”.

Setelah Anda menonaktifkan opsi “laporan dibaca”, centang biru tidak akan muncul lagi pada pesan yang Anda kirim. Namun, Anda juga tidak akan dapat melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

Pilih Privasi

Setelah Anda memilih opsi “Akun” pada halaman pengaturan WhatsApp, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan akun. Pada halaman ini, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk mengontrol akun WhatsApp Anda, termasuk opsi “Privasi”.

Ketuk opsi “Privasi” untuk membuka halaman pengaturan privasi akun Anda. Pada halaman ini, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk mengontrol privasi akun Anda, termasuk opsi untuk menghilangkan centang biru.

Gulir ke bawah halaman pengaturan privasi hingga Anda menemukan bagian “Laporan dibaca”. Bagian ini berisi opsi untuk mengontrol apakah centang biru akan muncul atau tidak pada pesan yang Anda kirim.

Untuk menghilangkan centang biru, Anda perlu menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”. Untuk melakukannya, geser sakelar di sebelah opsi “Laporan dibaca” ke posisi “mati”.

Setelah Anda menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”, centang biru tidak akan muncul lagi pada pesan yang Anda kirim. Namun, Anda juga tidak akan dapat melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

Matikan Laporan dibaca

Untuk menghilangkan centang biru pada pesan WhatsApp, Anda perlu menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”.

  • Temukan opsi “Laporan dibaca”

    Pada halaman pengaturan privasi akun WhatsApp, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Laporan dibaca”. Bagian ini berisi opsi untuk mengontrol apakah centang biru akan muncul atau tidak pada pesan yang Anda kirim.

  • Nonaktifkan opsi “Laporan dibaca”

    Untuk menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”, geser sakelar di sebelah opsi tersebut ke posisi “mati”.

  • Konfirmasikan perubahan

    Setelah Anda menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”, WhatsApp akan meminta Anda untuk mengonfirmasi perubahan. Ketuk tombol “OK” untuk mengonfirmasi perubahan.

  • Selesai

    Setelah Anda mengonfirmasi perubahan, opsi “Laporan dibaca” akan dinonaktifkan. Centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim.

Namun, perlu diingat bahwa dengan menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”, Anda juga tidak akan dapat melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

Pilih Oke

Setelah Anda menonaktifkan opsi “Laporan dibaca” pada pengaturan privasi akun WhatsApp, WhatsApp akan meminta Anda untuk mengonfirmasi perubahan.

  • Baca pesan konfirmasi

    Pesan konfirmasi akan muncul di layar Anda, menginformasikan bahwa menonaktifkan opsi “Laporan dibaca” juga akan mencegah Anda melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

  • Ketuk tombol “Oke”

    Jika Anda memahami dan menyetujui konsekuensi dari menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”, ketuk tombol “Oke” untuk mengonfirmasi perubahan.

  • Selesai

    Setelah Anda mengetuk tombol “Oke”, opsi “Laporan dibaca” akan dinonaktifkan dan centang biru tidak akan lagi muncul pada pesan yang Anda kirim. Anda juga tidak akan dapat melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menghilangkan centang biru pada pesan WhatsApp Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan centang biru di WhatsApp:

Pertanyaan 1: Apa itu centang biru?
Centang biru adalah tanda yang muncul pada pesan WhatsApp untuk menunjukkan bahwa pesan telah dibaca oleh penerima.

Pertanyaan 2: Mengapa saya ingin menghilangkan centang biru?
Beberapa orang ingin menghilangkan centang biru karena merasa tertekan untuk segera membalas pesan setelah melihat centang biru muncul.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menghilangkan centang biru?
Anda dapat menghilangkan centang biru dengan menonaktifkan opsi “Laporan dibaca” pada pengaturan privasi akun WhatsApp Anda.

Pertanyaan 4: Apa konsekuensi dari menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”?
Dengan menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”, Anda tidak hanya menghilangkan centang biru pada pesan yang Anda kirim, tetapi Anda juga tidak akan dapat melihat centang biru pada pesan yang dikirim orang lain kepada Anda.

Pertanyaan 5: Apakah ada cara lain untuk menghilangkan centang biru?
Tidak ada cara lain untuk menghilangkan centang biru selain menonaktifkan opsi “Laporan dibaca”.

Pertanyaan 6: Apakah menonaktifkan opsi “Laporan dibaca” akan memengaruhi fitur WhatsApp lainnya?
Tidak, menonaktifkan opsi “Laporan dibaca” hanya akan memengaruhi tampilan centang biru pada pesan. Fitur WhatsApp lainnya, seperti pengiriman dan penerimaan pesan, tidak akan terpengaruh.

Pertanyaan 7: Dapatkah saya mengaktifkan kembali opsi “Laporan dibaca” setelah dinonaktifkan?
Ya, Anda dapat mengaktifkan kembali opsi “Laporan dibaca” kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang sama untuk menonaktifkannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang cara menghilangkan centang biru di WhatsApp, silakan merujuk ke artikel ini atau mencari informasi tambahan di internet.

Selain menghilangkan centang biru, ada beberapa tips lain yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan privasi Anda di WhatsApp. Tips-tips ini akan dibahas pada bagian selanjutnya dari artikel ini.

Tips

Selain menghilangkan centang biru, ada beberapa tips lain yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan privasi Anda di WhatsApp:

Tip 1: Batasi akses ke informasi profil Anda
Anda dapat membatasi akses ke informasi profil Anda, seperti foto profil, status, dan terakhir dilihat, hanya kepada kontak Anda atau bahkan tidak sama sekali.

Tip 2: Kelola grup dengan bijak
Berhati-hatilah saat menerima undangan grup dan pertimbangkan untuk meninggalkan grup yang tidak lagi Anda minati. Anda juga dapat membisukan notifikasi grup untuk mengurangi gangguan.

Tip 3: Gunakan fitur keamanan WhatsApp
WhatsApp menawarkan beberapa fitur keamanan, seperti verifikasi dua langkah dan enkripsi ujung-ke-ujung. Aktifkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Tip 4: Berhati-hatilah dengan pesan yang mencurigakan
Jangan membuka tautan atau file dari pesan yang mencurigakan atau tidak dikenal. Pesan-pesan ini dapat berisi malware atau upaya phishing.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan privasi Anda di WhatsApp dan mengurangi risiko pelanggaran privasi.

Menghilangkan centang biru dan menerapkan tips tambahan ini akan membantu Anda mengontrol privasi Anda di WhatsApp dan menggunakan aplikasi dengan lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan

Menghilangkan centang biru pada pesan WhatsApp adalah cara mudah untuk meningkatkan privasi Anda dan mengurangi tekanan untuk membalas pesan dengan segera. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat menonaktifkan opsi “Laporan dibaca” pada pengaturan privasi akun WhatsApp Anda dan menghilangkan centang biru dari pesan yang Anda kirim.

Selain menghilangkan centang biru, Anda juga dapat menerapkan tips tambahan yang diuraikan dalam artikel ini untuk meningkatkan privasi Anda di WhatsApp. Tips ini mencakup membatasi akses ke informasi profil Anda, mengelola grup dengan bijak, menggunakan fitur keamanan WhatsApp, dan berhati-hati dengan pesan yang mencurigakan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengontrol privasi Anda di WhatsApp dan menggunakan aplikasi dengan lebih aman dan nyaman. Ingatlah bahwa privasi adalah hak penting dan Anda berhak mengendalikan siapa yang dapat mengakses informasi pribadi Anda.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *