Cara Menghilangkan Watermark Instagram Tanpa Aplikasi


Cara Menghilangkan Watermark Instagram Tanpa Aplikasi

Watermark Instagram merupakan tanda air yang secara otomatis ditambahkan pada konten yang diunduh dari platform tersebut. Kehadiran watermark ini dapat mengganggu estetika dan mengurangi kualitas gambar atau video yang dibagikan.

Bagi yang ingin menghilangkan watermark Instagram tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Cara-cara ini memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia pada perangkat atau memanfaatkan layanan online gratis.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi:

Cara Menghilangkan Watermark Instagram Tanpa Aplikasi

Berikut 8 poin penting tentang cara menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi:

  • Crop gambar atau video
  • Gunakan fitur Screen Capture
  • Tangkap layar dari perangkat lain
  • Gunakan layanan online gratis
  • Manfaatkan ekstensi browser
  • Edit dengan aplikasi dasar
  • Unduh dari sumber lain
  • Gunakan trik penghapusan manual

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah menghilangkan watermark Instagram tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Crop Gambar atau Video

Cropping, atau pemotongan gambar atau video, merupakan salah satu cara termudah untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi. Cara ini dilakukan dengan memotong bagian gambar atau video yang terdapat watermark.

  • Crop pada Perangkat iOS

    Buka gambar atau video di aplikasi Foto, lalu ketuk tombol “Edit”. Pilih alat “Crop”, lalu sesuaikan bingkai pemotongan untuk mengecualikan area yang terdapat watermark. Setelah selesai, ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan.

  • Crop pada Perangkat Android

    Buka gambar atau video di aplikasi Galeri atau Foto Anda. Ketuk tombol “Edit” atau “Crop”. Atur bingkai pemotongan untuk menghilangkan watermark, lalu ketuk “Simpan” untuk menyimpan hasilnya.

  • Crop pada Komputer

    Buka gambar atau video menggunakan program pengedit foto seperti Microsoft Paint atau GIMP. Gunakan alat “Crop” untuk memotong bagian gambar atau video yang terdapat watermark. Setelah selesai, simpan perubahan dalam format yang diinginkan.

  • Crop Menggunakan Layanan Online

    Ada banyak layanan online gratis yang dapat digunakan untuk crop gambar atau video. Beberapa layanan populer antara lain Canva, PicMonkey, dan Pixlr. Unggah gambar atau video Anda ke layanan tersebut, lalu gunakan alat “Crop” untuk menghilangkan watermark. Setelah selesai, unduh hasilnya.

Dengan melakukan cropping, Anda dapat menghilangkan watermark Instagram secara efektif dan cepat. Namun, perlu diingat bahwa cropping dapat mengurangi ukuran gambar atau video.

Gunakan Fitur Screen Capture

Fitur Screen Capture atau tangkapan layar dapat digunakan untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi. Cara ini dilakukan dengan mengambil tangkapan layar dari konten yang ingin dibagikan, lalu memotong bagian yang terdapat watermark.

  • Pada Perangkat iOS

    Buka konten Instagram yang ingin dibagikan. Tekan tombol “Volume Turun” dan “Tombol Daya” secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar. Setelah itu, buka aplikasi Foto dan crop tangkapan layar untuk menghilangkan watermark.

  • Pada Perangkat Android

    Buka konten Instagram yang ingin dibagikan. Cari tombol “Screenshot” di menu notifikasi atau gunakan kombinasi tombol “Volume Turun” dan “Tombol Daya” untuk mengambil tangkapan layar. Setelah itu, crop tangkapan layar untuk menghilangkan watermark.

  • Pada Komputer

    Buka konten Instagram yang ingin dibagikan pada browser web. Tekan tombol “PrtScn” pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar. Setelah itu, buka program pengedit foto dan paste tangkapan layar. Crop tangkapan layar untuk menghilangkan watermark dan simpan hasilnya.

  • Gunakan Aplikasi Ekstensi

    Pada beberapa browser web, seperti Google Chrome, terdapat ekstensi yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar sebagian. Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk memilih area tertentu pada layar yang ingin diambil tangkapan layarnya. Setelah itu, crop tangkapan layar untuk menghilangkan watermark.

Dengan menggunakan fitur Screen Capture, Anda dapat menghilangkan watermark Instagram dengan mudah dan cepat. Namun, perlu diingat bahwa kualitas gambar atau video hasil tangkapan layar mungkin berkurang, tergantung pada resolusi layar perangkat Anda.

Tangkap Layar dari Perangkat Lain

Cara lain untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi adalah dengan menangkap layar dari perangkat lain. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua perangkat, seperti smartphone dan tablet atau laptop.

Langkah-langkah untuk menangkap layar dari perangkat lain:

  1. Buka konten Instagram yang ingin dibagikan pada perangkat pertama.
  2. Posisikan perangkat kedua di depan perangkat pertama, pastikan konten Instagram terlihat jelas pada layar kedua.
  3. Ambil tangkapan layar pada perangkat kedua. Cara pengambilan tangkapan layar bervariasi tergantung pada perangkat yang digunakan.
  4. Setelah itu, crop tangkapan layar untuk menghilangkan watermark Instagram.

Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan watermark Instagram tanpa mengurangi kualitas gambar atau video. Namun, perlu diperhatikan bahwa metode ini mungkin tidak efektif jika konten Instagram yang ingin dibagikan memiliki ukuran yang besar atau jika perangkat kedua memiliki resolusi layar yang lebih rendah.

Gunakan Layanan Online Gratis

Terdapat banyak layanan online gratis yang dapat digunakan untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi. Layanan ini biasanya menyediakan fitur penghapusan watermark secara otomatis atau manual.

Beberapa layanan online gratis yang populer untuk menghilangkan watermark Instagram antara lain:

  • Watermark Remover (https://www.watermarkremover.io/id/)
  • Apowersoft Watermark Remover (https://www.apowersoft.com/watermark-remover)
  • InPixio Photo Eraser (https://www.inpixio.com/photo-eraser/)
  • Fotor (https://www.fotor.com/)
  • Pixlr (https://pixlr.com/id/)

Untuk menggunakan layanan online ini, Anda cukup mengunggah gambar atau video yang terdapat watermark ke situs web tersebut. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghilangkan watermark. Biasanya, Anda dapat memilih untuk menghilangkan watermark secara otomatis atau manual.

Layanan online gratis untuk menghilangkan watermark Instagram cukup mudah digunakan dan dapat menghasilkan hasil yang baik. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa layanan mungkin memiliki batasan tertentu, seperti ukuran file atau jumlah gambar yang dapat diproses secara gratis.

Manfaatkan Ekstensi Browser

Ekstensi browser merupakan program tambahan yang dapat dipasang pada browser web untuk menambah fitur dan fungsionalitas. Terdapat beberapa ekstensi browser yang dapat digunakan untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi.

Beberapa ekstensi browser yang populer untuk menghilangkan watermark Instagram antara lain:

  • Watermark Remover for Instagram (Chrome, Firefox)
  • Remove Watermark from Instagram Posts (Chrome)
  • IG Watermark Remover (Chrome)
  • Watermark Remover for Instagram (Safari)

Untuk menggunakan ekstensi browser ini, Anda cukup menginstal ekstensi tersebut pada browser yang Anda gunakan. Setelah itu, buka konten Instagram yang terdapat watermark. Klik ikon ekstensi pada bilah alat browser, lalu pilih opsi untuk menghilangkan watermark.

Ekstensi browser biasanya bekerja secara otomatis dan dapat menghilangkan watermark Instagram dengan cepat dan mudah. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa ekstensi mungkin hanya berfungsi pada situs web Instagram atau mungkin memiliki batasan tertentu, seperti jumlah penghapusan watermark per hari.

Edit dengan Aplikasi Dasar

Selain menggunakan layanan online atau ekstensi browser, Anda juga dapat menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi dengan menggunakan aplikasi dasar yang sudah tersedia pada perangkat Anda.

Salah satu aplikasi dasar yang dapat digunakan untuk menghilangkan watermark Instagram adalah aplikasi pengedit foto. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi pengedit foto pada perangkat Anda, seperti Microsoft Paint, GIMP, atau aplikasi pengedit foto lainnya.
  2. Unggah gambar atau video yang terdapat watermark ke aplikasi pengedit foto.
  3. Gunakan alat penghapus atau kloning untuk menghilangkan watermark. Alat penghapus memungkinkan Anda untuk menghapus bagian gambar secara langsung, sedangkan alat kloning memungkinkan Anda untuk menyalin bagian gambar lain untuk menutupi watermark.
  4. Setelah watermark berhasil dihilangkan, simpan gambar atau video yang telah diedit.

Meskipun dapat digunakan untuk menghilangkan watermark Instagram, aplikasi pengedit foto dasar mungkin tidak dapat menghasilkan hasil yang sempurna, terutama jika watermark berada pada posisi yang sulit atau memiliki warna yang mirip dengan gambar. Selain itu, proses pengeditan menggunakan aplikasi dasar biasanya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan layanan online atau ekstensi browser.

Unduh dari Sumber Lain

Cara lain untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi adalah dengan mengunduh konten tersebut dari sumber lain. Sumber lain yang dimaksud adalah situs web atau aplikasi yang menyediakan konten Instagram tanpa watermark.

Beberapa situs web yang menyediakan konten Instagram tanpa watermark antara lain:

  • Instadp (https://instadp.com/)
  • Inflact (https://www.inflact.com/)
  • DownloadGram (https://downloadgram.com/)
  • Gramblast (https://gramblast.com/)

Untuk menggunakan situs web ini, Anda cukup menyalin tautan konten Instagram yang ingin diunduh, lalu paste tautan tersebut ke situs web tersebut. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh konten tanpa watermark.

Selain situs web, terdapat juga beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh konten Instagram tanpa watermark. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

  • Repost for Instagram (Android, iOS)
  • InstaSave (Android, iOS)
  • GramSaver (Android)

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh konten Instagram tanpa watermark secara langsung ke perangkat Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa mengunduh konten dari sumber lain tanpa izin dari pemilik konten dapat melanggar hak cipta.

Gunakan Trik Penghapusan Manual

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil atau tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, masih ada satu cara lagi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi, yaitu dengan menggunakan trik penghapusan manual.

  • Gunakan Alat Stempel Kloning

    Alat Stempel Kloning pada aplikasi pengedit foto dapat digunakan untuk menghilangkan watermark secara manual. Caranya, duplikat bagian gambar yang berada di sekitar watermark, lalu gunakan alat Stempel Kloning untuk menutupi watermark dengan bagian gambar yang diduplikasi tersebut.

  • Gunakan Filter dan Efek

    Beberapa filter dan efek yang tersedia pada aplikasi pengedit foto dapat membantu menyamarkan atau menghilangkan watermark. Misalnya, filter blur dapat digunakan untuk mengaburkan watermark, sedangkan filter warna dapat digunakan untuk mengubah warna watermark agar menyatu dengan gambar.

  • Gunakan Teknik Penggabungan Gambar

    Teknik penggabungan gambar dapat digunakan untuk menghilangkan watermark dengan menggabungkan dua gambar atau lebih. Pertama, potong bagian gambar yang terdapat watermark. Kemudian, cari gambar lain yang memiliki latar belakang atau warna yang mirip dengan gambar yang dipotong. Terakhir, gunakan aplikasi pengedit foto untuk menggabungkan kedua gambar tersebut sehingga watermark tertutup.

  • Hapus Watermark Secara Manual Pixel demi Pixel

    Jika watermark berukuran kecil dan tidak terlalu rumit, Anda dapat menghilangkannya secara manual pixel demi pixel menggunakan alat penghapus pada aplikasi pengedit foto. Cara ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian, tetapi dapat menghasilkan hasil yang cukup baik.

Trik penghapusan manual dapat digunakan untuk menghilangkan watermark pada gambar atau video. Namun, perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan waktu dan keterampilan yang lebih dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Selain itu, hasil yang diperoleh mungkin tidak selalu sempurna, terutama jika watermark berukuran besar atau memiliki warna yang kontras dengan gambar.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi:

Question 1: Cara mana yang paling efektif untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi?
Tidak ada cara yang mutlak paling efektif karena setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk hasil yang cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan layanan online gratis atau ekstensi browser.

Question 2: Apakah semua cara yang disebutkan dalam artikel ini aman digunakan?
Ya, semua cara yang disebutkan dalam artikel ini aman digunakan dan tidak akan merusak gambar atau video Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa mengunduh konten dari sumber lain tanpa izin dari pemilik konten dapat melanggar hak cipta.

Question 3: Apakah ada batasan dalam menggunakan layanan online gratis untuk menghilangkan watermark Instagram?
Beberapa layanan online gratis mungkin memiliki batasan tertentu, seperti ukuran file atau jumlah gambar yang dapat diproses secara gratis. Namun, biasanya layanan ini menyediakan paket berbayar untuk menghilangkan batasan tersebut.

Question 4: Bisakah saya menghilangkan watermark Instagram dari video?
Ya, beberapa cara yang disebutkan dalam artikel ini, seperti menggunakan layanan online gratis atau aplikasi dasar, juga dapat digunakan untuk menghilangkan watermark dari video.

Question 5: Apakah ada cara untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa mengurangi kualitas gambar atau video?
Ya, beberapa cara yang disebutkan dalam artikel ini, seperti menggunakan fitur Screen Capture atau memanfaatkan ekstensi browser, dapat menghilangkan watermark tanpa mengurangi kualitas gambar atau video.

Question 6: Apakah saya dapat menggunakan cara-cara ini untuk menghilangkan watermark dari konten yang diposting oleh orang lain?
Tidak disarankan untuk menghilangkan watermark dari konten yang diposting oleh orang lain tanpa izin mereka. Hal ini dapat melanggar hak cipta dan dapat menimbulkan masalah hukum.

Question 7: Apakah ada tips untuk mendapatkan hasil yang lebih baik saat menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi?
Ya, berikut beberapa tips untuk mendapatkan hasil yang lebih baik:

  • Gunakan gambar atau video dengan resolusi tinggi.
  • Pilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan Anda.
  • Jika menggunakan layanan online gratis, baca terlebih dahulu ulasan dan testimoni dari pengguna lain.
  • Perhatikan ukuran dan warna watermark saat memilih cara penghapusan.
  • Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai cara dan temukan cara yang paling cocok untuk Anda.

Dengan mengikuti tips dan cara-cara yang telah dijelaskan, Anda dapat menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi dengan mudah dan efektif.

Tips

Berikut beberapa tips praktis untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi:

Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi. Semakin tinggi resolusi gambar atau video, semakin mudah untuk menghilangkan watermark tanpa mengurangi kualitasnya.

Pilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan Anda. Jika Anda tidak memiliki keterampilan mengedit gambar atau video, disarankan untuk menggunakan layanan online gratis atau ekstensi browser yang mudah digunakan.

Jika menggunakan layanan online gratis, baca terlebih dahulu ulasan dan testimoni dari pengguna lain. Hal ini dapat membantu Anda memilih layanan yang terpercaya dan memberikan hasil yang baik.

Perhatikan ukuran dan warna watermark saat memilih cara penghapusan. Jika watermark berukuran kecil dan tidak terlalu kontras dengan gambar atau video, Anda dapat menggunakan cara yang lebih sederhana, seperti cropping atau menggunakan filter.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai cara dan temukan cara yang paling cocok untuk Anda. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi bereksperimen dapat membantu Anda menemukan cara yang paling efektif dan efisien untuk menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menghilangkan watermark Instagram tanpa aplikasi dengan mudah dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Images References :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *